Penyebab Lampu Motor Mati dan Cara Mengatasinya

Penyebab Lampu Motor Mati dan Cara Mengatasinya - Lampu kendaraan adalah bagian paling penting yang harus ada. Ketika Anda berkendara motor dan tidak memiliki lampu penerangan tentu akan membahayakan. Terlebih, di aturan saat ini lampu motor harus terus menyala baik pagi, siang, maupun malam. Maka dari itu, jaga kondisi lampu agar tetap menyala dan tidak mati. Jika lampu sudah mati, maka ketahui penyebab lampu motor mati agar menemukan solusi yang tepat untuk memperbaikinya.

Lampu memang tidak memiliki pengaruh teknis terhadap peforma motor, namun sistem penerangannya akan memberikan keselamatan. Sistem penerangan tersebut akan memberikan keselamatan tambahan terhadap pengendara karena lampu ini menerangi jalan yang gelap. Lalu mengapa lampu motor mati secara mendadak? ketahui penyebab lampu motor mati berikut.

Penyebab Lampu Motor Mati dan Solusinya

Penyebab lampu motor mati mendadak dapat dipelajari agar sewaktu lampu mati, Anda sudah siap dengan perlengkapan yang ada. Gejala lampu mati pada motor biasanya terjadi ketika rpm diputaran saat motor digeber. Gejala lain biasa terjadi karena komponen motor sudah lemah, sehingga strum yang masuk ke lampu tidak stabil. Simak beberapa penyebab lampu motor mati di bawah ini:

Putusnya Sekring Kelistrikan
Sekering Putus
Sekering Putus
Pada motor biasanya ada tiga atau lebih sekring dengan warna dan kapasitas berbeda. Lalu jika terdapat sekring yang putus juga mengakibatkan putusnya rangkaian arus listrik dari baterai. Hal ini menyebabkan walaupun saklar lampu menyala, namun lampu tidak akan hidup karena tidak ada aliran listrik ke lampu. Putusnya sekring dapat dipengaruhi beberapa hal, dan penyebab yang sering terjadi yaitu adanya korsleting. Maka lampu motor mati dan tidak menyala semestinya. Baca juga : Ketahui Penyebab Sekering Mobil Sering Putus

Penyebab lampu motor mati akibat korsleting bisa terjadi pada kabel tanpa pembungkus yang menyentuh frame motor. Atau bisa terjadi juga pada salah satu soket lampu. Jadi, korsleting ini memicu aliran listrik yang berlebih sehingga sekring tidak kuat menahan aliran arus sewajarnya. Jika penyebabnya adalah putusnya sekring, maka Anda bisa menggantinya dengan yang baru.

Rusaknya Kiprok
Rusaknya Kiprok

Jika Anda telah mengetahui penyebab lampu motor mati karena kiprok maka bisa dilakukan perbaikan secepatnya. Walaupun kiprok tidak berhubungan dengan sistem penerangan, namun jika kiprok lemah maka lampu akan redup. Sebaliknya, jika kiprok jebol maka tidak dapat mengatur tegangan listrik yang mengalir.

Matinya Spull Motor
Spull adalah generator penghasil arus listrik untuk memenuhi segala kebutuhan dalam listrik motor. Fungsi utama dari spull yaitu menghasilkan arus listrik. Ketika terjadi kerusakan, maka spull otomatis tidak ada arus pengisian. Hal ini yang membuat aki terus terkuras sehingga aki menjadi tekor. Jika sudah seperti ini, tidak hanya lampu saja yang mati melainkan semua sistem kelistrikan motor juga mati.

Aki Tekor
Aki yang tekor berhubungan dengan kondisi spull yang mati. Namun, masalah spull biasa terdeteksi apabila Anda sedang menyalakan mesin. Sementara itu, lampu yang mati akibat aki tekor dapat dideteksi di pagi hari saat hendak menyalakan motor namun tidak bisa. Baca juga : Tips Menghidupkan Mobil Yang Akinya Tekor

Nah, itulah beberapa penyebab lampu motor mati. Dengan mengetahui alasan lampu motor mati maka Anda bisa mengetahui cara mengatasinya. Hal yang perlu Anda lakukan pertama yaitu dengan mengecek sekring motor. Biasanya lokasi sekring ini ada di dekat aki motor. Jika ada yang terputus, maka cari letak korsletingnya. Setelah itu, ganti sekring baru agar motor kembali seperti semula. Jika sekring masih bagus, maka penyebab lain bisa terjadi karena aki, spull atau kiprok.

Belum ada Komentar untuk "Penyebab Lampu Motor Mati dan Cara Mengatasinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel