Oli Mobil Untuk Motor, Amankah?

Oli Mobil Untuk Motor, Amankah? - Perawatan sepeda motor berupa oli jelas harus di perhatikan. Karena, dengan adanya pergantian oli secara rutin membuat performa dari mesin menjadi lebih baik. Terlebih, jika oli yang digunakan memiliki spesifikasi yang seusai untuk keperluannya. Namun, banyak orang yang masih bertanya oli mobil untuk motor, amankah?

Penggunaan oli memiliki fungsi untuk membantu mesin pada motor bekerja maksimal. Untuk itu, tidak heran jika oli harus di ganti dengan rutin. Karena, proses setiap harinya membutuhkan oli yang masih baik. Banyak yang masih berpikiran, oli mobil untuk motor, amankah? Tentunya, dapat di lihat dengan memperhatikan beberapa hal. Lebih jelasnya, ada dibawah ini.

Sebenarnya Oli Mobil Untuk Motor, Amankah?

Oli Mobil Untuk Motor, Amankah?
Oli Mobil Untuk Motor, Amankah?
Tidak bisa dalam memberikan kesimpulan penggunaan hal ini hanya dengan satu sisi saja. Berikut beberapa hal yang perlu di perhatikan.

Formulasi Dari Oli

Sudah pasti, setiap oli memiliki formulasinya sendiri-sendiri. Seperti untuk formulasi dari motor yang di gunakan untuk ruang mesin serta kopling. Tentunya, agar bekerja menjadi lebih maksimal. Karena, jika oli yang di pakai baik perputaran dari transmisi dapat menjadi lebih berkualitas. Berkendara juga menjadi nyaman dan aman.

DI bandingkan anda menggunakan oli mobil untuk motor maka cukup berbahaya. Sejatinya, oli mobil lebih di peruntukan untuk pengguaan kinera dari pelumas saja. Karena, mobil terdapat tiga komponen yang berbeda. Setiap komponen tersebut menggunakan oli yang berbeda. Tidak sama dengan motor yang hanya menggunakan satu oli. Jadi, hal ini bisa berbahaya karena menyebabkan slip kopling.

Waktu Dari Pergantian Oli

Tahukah anda bahwa setiap kendaraan sudah disesuaikan untuk waktu pergantian olinya. Untuk kendaraan jenis motor bisanya di antara 2000 – 3000 km. Sedangkan, untuk kendaraan mobil di antara 3000 – 5000 km. Hal ini lah yang memang sudah seharusnya anda ketahui. Tentunya, akan terdapat perbedaan jika anda menggunakan oli mobil untuk di pakai pada kendaraan motor.

Karena, formulasi yang ditawarkan juga sudah di desain untuk memenuhi kendaraan sesuai dengan spesifikasinya. Untuk itu, tentu sangat tidak baik saat anda ingin menggunakan oli mobil untuk kendaraan motor. Jangka waktu dari pergantian inilah yang dapat mempengaruhi kinerja dari mesin kendaraan. Sudah pasti anda tidak ingin motor memiliki kerusakan pada bagian mesin bukan? Untuk itu, alangkah baiknya gunakan oli motor saja. Keamanan dan kenyamanan berkendara lebih penting!

Tingkat Stress Oli

Para pengguna motor harus paham nih mengenai tingkat stress dari oli. Yang di maksud disini ialah mengenai penggunaan pada olinya. Sudah sangat jelas, jika perputaran mesin dari mobil sangat berbeda dengan motor. Mobil memiliki tingkat putaran yang cukup tinggi. Untuk itu, untuk sistem pendinginan dari kedua kendaraan ini juga berbeda. Mobil menggunakna radiator untuk pendinginannya.

Sedangkan motor, menggunakan radiator dan angin. Dalam beberapa aktivitas seperti saat sedang macet, bisa saja tingkat stress dari oli menjadi lebih meningkat. Nah, untuk itu dibutuhkan penggunaan oli yang tepat. Formulasi dari oli mobil tidak cocok untuk penggunaan kendaraan motor. Alangkah baiknya, untuk dapat menggunakan sesuai pada fungsinya masing-masing. 


Bagaimana, sekarang anda sudah semakin paham bukan? Tentunya, bisa saja baik dan buruknya tergantung pada kebutuhannya. Untuk itu, anda bisa menyesuaikannya sendiri. Semoga bermanfaat!

Belum ada Komentar untuk "Oli Mobil Untuk Motor, Amankah?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel