Oli Mesin Yang Bagus Untuk Motor Honda Vario 125 PGMFI Sesuai Pedoman Reparasi

Kali ini bisaotomotif.com tempat belajar otomotif akan memberikan sebuah ulasan atau rekomendasi tentang oli mesin yang bagus untuk motor Honda Vario 125 PGMFI yang berdasarkan pada buku pedoman reparasi (buku manual). Tentu jika sesuai dengan pedoman reparasi, tidak akan salah lagi bukan?

Pentingnya Mengganti Oli Mesin Motor

Setiap motor harus secara rutin mengganti oli mesin dan oli transmisinya, karena oli merupakan bagian penting daripada sistem pelumasan, sebuah sistem yang bertanggung jawab memberi pelumas kepada seluruh komponen mesin agar dapat bekerja secara maksimal dengan gesekan yang kecil, tidak menimbulkan panas yang berlebihan apalagi keausan.

Biasanya penggantian motor, ehh penggantian oli motor ini dilakukan dalam periode tertentu yang bisa berdasarkan pada waktu ataupun jumlah kilometer. Jika setiap hari motor digunakan dalam jarak yang sama, misal dari rumah ke-kantor maka bisa dikira-kira harus berapa bulan sekali penggantian oli mesin.

Yang paling direkomendasikan memang penggantian oli mesin berdasarkan kilometer, bisa 4000 km, 5000 km atau 7000 km sesuai dengan kualitas oli dan kondisi mesin. Untuk mesin baru bisa bertahan lebih lama, namun untuk mesin lama harus sering-sering cek oli karena rentan berkurang dan biasanya juga lebih kotor.

Tapi untuk motor baru juga jangan sering telat ganti oli, karena akan mempengaruhi awet tidaknya motor tersebut. Biar awet, ganti oli secara rutin dan tepat waktu yaa !! Baca juga : Daftar Harga Oli MPX 2 10w -30 Terbaru


Oli Mesin Yang Bagus untuk Motor Honda Vario 125 PGMFI

Oli yang bagus untuk Honda Vario 125 PGMFI
Oli yang bagus untuk Honda Vario 125 PGMFI
Honda Vario adalah salah satu motor matic yang menjadi salah satu daftar motor favorit masyarakat Indonesia, jumlah penggunanya sangat banyak. Termasuk kalian kan yang datang kesini untuk mencari tahu tentang oli mesin yang bagus untuk honda vario.

Perihal oli apa yang bagus tentu harus disesuaikan dengan karakteristik dari motor tersebut, paling mudah menentukannya adalah dengan melihat buku pedoman reparasi atau buku manual tersebut.

Buku manual merupakan buku yang diterbitkan oleh perusahaan sebagai buku petunjuk bagi seorang mekanik ketika memperbaiki/menservice atau melakukan pembongkaran/penggantian hingga pemasangan pada part-part yang ada pada motor.
Penggantian Oli Menurut Buku Pedoman Reparasi Honda Vario
Penggantian Oli Menurut Buku Pedoman Reparasi Honda Vario

Dalam buku manual Honda Vario 125 PGMFI disebutkan bawa oli yang bagus untuk motor ini memiliki karakteristik sebagai berikut : 
  • "Oli sepeda motor 4 tak" merek Honda atau yang setara.
  • Klasifikasi API SG atau lebih tinggi. (Kecuali oli yang diberi laber "engergy conserving" pada tabel bundar servis API).
  • Viskosistas SAE 10W-30
  • Standar JASO T 903: MB
Maka dari kararakteristik tersebut, oli yang bagus untuk motor Honda Vario 125 PGMFI adalah sebagai berikut : 
No
Oli Yang Bagus untuk Motor Honda Vario 125 PGMFI
Harga
1.
AHM Oil MPX 2 Matic 10W-30
Rp 45.000
2.
Oli Motor Deltalube Matic 10W-30
Rp 52.000
3.
Shell Advance AX7 Scooter 10W-30
Rp 60.000
4
Motul 4T Scooter 10W-30
Rp 73.000

Nah kalian bisa memilih daftar oli untuk motor Honda Vario 125 PGMFI di atas, atau bisa juga memilih oli merek yang lain yang spesifikasinya sesuai dengan di atas. Semoga bermanfaat.

Baca juga :
  1. Daftar Oli Yang Cocok Untuk Motor Honda Beat 
  2. Oli yang cocor untuk motor Honda Sonic 150 R 
  3. Oli yang cocok untuk motor Honda CBR 150 
  4. Daftar Harga Oli Motor Matic

Belum ada Komentar untuk "Oli Mesin Yang Bagus Untuk Motor Honda Vario 125 PGMFI Sesuai Pedoman Reparasi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel