Mengapa Rantai Motor Bisa Putus dan Bagaimana Solusinya Jika Putus?

Komponen utama yang ada pada motor salah satunya adalah rantai. Dengan adanya rantai maka motor bisa berjalan sesuai fungsinya. Nah, dengan itu maka Anda perlu peduli dengan keadaan rantai motor. Terutama jika sudah menjelang kendur atau ketika rantai motor usianya sudah lama. Jika sudah kendor, maka bukan tidak mungkin rantai motor menjadi putus dan membahayakan pengendara. Maka dari itu, ketahui mengapa rantai motor bisa putus agar dapat mencegahnya.

Alasan rantai motor bisa putus tidak hanya satu dua. Namun ada beberapa faktor yang meyebabkannya. Ketika motor Anda menggunakan jenis rantai dengan kualitas prima, dan diaplikasikan dengan sempurna pada motor. Hal ini akan sangat disayangkan jika Anda tidak peduli terhadap kesehatan rantai motor. Artikel ini akan membahas mengapa rantai motor bisa putus dan cara mengatasinya.

Mengapa Rantai Motor Bisa Putus Dan Cara Mengatasinya

Rantai motor putus
Rantai motor putus
Apabila rantai motor putus, maka Anda tidak perlu panik. Jika tidak memiliki peralatan untuk membenarkannya sendiri, Anda bisa membawa motor kesayangan ke bengkel. Dari bengkel akan diberikan pembenaran oleh mekanik sehingga motor Anda kembali bisa digunakan seperti sedia kala. Nah, berikut ini akan diberikan penjelasan mengenai alasan mengapa rantai motor bisa putus:

Kondisi Jalan
Alasan mengapa rantai motor bisa putus yang pertama yaitu disebabkan oleh kondisi dari medan jalannya yang Anda lalui. Saat berkendara, sebaiknya perhatikan juga medan jalanan yang akan ditempuh. Hal ini bisa dilakukan untuk menghindari motor Anda melewati jalan yang berlobang. Hal ini bisa menjadi penyebab rantai motor bisa putus.

Ketika Anda melewati banyak lubang, di situ dapat menjadikan rantai motor kendur hingga putus. Hal ini disebabkan karena medan berat yang dilalui, sehingga membuat lengan ayun sering bergerak yang imbasnya pada rantai motor. Dari kasus tersebut, rantai motor bisa tersentak-sentak karena medan jalan yang tidak mulus tersebut. Maka, Anda perlu hati-hati dan pelan-pelanlah ketika melewati jalan yang tidak mulus tersebut. Baca juga : Cara membersihkan rantai agar kinclong

Sering Gas Secara Mendadak
Alasan rantai motor putus mendadak yang satu ini terjadi karena human error. Ketika Anda menggunakan gas secara kasar, atau menarik tuas gas motor dengan cara mendadak. Maka bisa menjadi penyebab dari kendur dan putusnya rantai motor. Sebaiknya, lakukan penarikan gas secara pelan dan tidak perlu melakukannya dengan mendadak karena akan merusak rantai Anda sendiri.

Melebihi Kapasitas
Hal lain yang bisa menjadi penyebab putusnya rantai motor adalah ketika berkendara melebih kapasitas. Apabila Anda sering membawa barang bawaan menggunakan motor, maka perlu dikurangi bawaannya. Hal ini membuat rantai motor menjadi cepat kendur dan putus. Selain itu bisa juga berakibat fatal terhadap mesin motor. Oleh karena itu, bawa barang sesuai standar agar kendaraan menjadi awet.

Settingan Rantai Tidak Sesuai
Kasus seringnya rantai putus ketika berkendara banyak disebabkan karena settingannya yang kurang tepat. Dalam hal settingan rantai, jangan menyetting rantai terlalu kencang ata kendor karena bisa menimbulkan rantai putus. Jadi, lakukan penyettingan dengan rekomendasi dari buku manual. Baca juga : Cara Mengatasi Rantai Motor yang Kendur dan Sering Lepas

Bagaimana Solusinya Jika Putus?
Jika rantai motor putus maka ada dua yang bisa dilakukan yaitu ganti dengan yang baru, atau menyambungnya jika masih memungkinkan. Namun disarankan tetap ganti yang baru, karena rantai yang putus berarti telah terjadi keausan pada rantainya.

Jika dalam kondisi mendesak dan jarak bengkel yang jauh, maka bisa menyambungnya secara manual. Pernah ada saran jika rantai putus maka disambung pakai tali seadanya, he he. Tentu hanya sampai menemukan bengkel motor terdekat saja.
Nah, itulah beberapa alasan mengapa rantai motor bisa putus. Dengan mengetahui penyebab rantai motor kendur dan putus tersebut, maka Anda bisa lebih berhati-hati dan merawat rantai motor dngan benar.

Belum ada Komentar untuk "Mengapa Rantai Motor Bisa Putus dan Bagaimana Solusinya Jika Putus?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel