Mengapa Motor Matic Tidak Perlu Memasukkan Gigi Presneling?

Mengapa Motor Matic Tidak Perlu Memasukkan Gigi Presneling? - Ketika mengendarai motor matic kita tidak perlu ribet-ribet memasukkan gigi presneling seperti pada saat menggunakan motor bebek, kita hanya perlu menarik gas saja maka motor sudah bisa jalan. Karena kepraktisannya motor matic ini sangat nyaman digunakan pada perkotaan yang relatif macet, sehingga tidak perlu ribet-ribet menambah atau mengurangi gigi.

Pernah ngga sih terlintas di pikiran kita, apa sih yang membedakan motor matic dengan motor bebek? Mengapa pada motor matic tidak perlu memasukkan gigi presenelingnya?

Jawabannya ada pada transmisinya. Pada motor bebek menggunakan transmisi manual, sehingga perpindahan gigi secara manual. Sedangkan pada motor matic menggunakan transmisi otomatis, yang tidak memerlukan perpindahan gigi.

Pada motor matic seperti Honda Vario misalnya, sistem transmisinya disebut dengan V-Matic. Sistem V-Matic ini akan memberikan perubahan secara otomatis dari perbandingan besar drive pulley dan driven pulley sesuai dengan kecepatan mesin.

Sistem v-matic pada honda vario
Sistem v-matic pada honda vario
Pada saat kecepatan rendah besar driven pully lebih besar daripada drive pully (penggerak), sehingga di dapat momen yang besar. Pada saat awal tarikan atau tanjakan, motor lebih membutuhkan momen yang besar.

Transmisi otomatis pada motor matic
Transmisi otomatis pada motor matic
Ketika kecepatan tinggi besar antara drive pully (penggerak) dengan driven pully memiliki ukuran yang hampir sama. Ini terjadi ketika kecepatan tinggi di jalan mendatar.

Karena perubahan dapat terjadi secara otomatis maka pada motor matic tidak perlu memasukkan gigi presneling seperti pada motor bebek. Baca juga : Arti Huruf dan Angka pada Tuas Presneling Mobil Matic

Belum ada Komentar untuk "Mengapa Motor Matic Tidak Perlu Memasukkan Gigi Presneling?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel