Kapan Ganti Oli Motor Yang Tepat?

Kapan Ganti Oli Motor Yang Tepat? - Perawatan kendaraan sepeda motor harus diperhatikan secara rutin. Termasuk untuk bagian oli yang sangat berpengaruh pada kualitas dari motor. Performa dari motor akan terlihat dari kualitas olinya. Karena itu, penting untuk anda melakukan pergantian oli dengan benar. Lantas, kapan ganti oli motor yang tepat?

Dalam melakukan pergantian oli motor dapat memperhatikan beberapa hal. Tentunya, yang berkaitan langsung dengan kebutuhan dari penggunaan oli. Karena, jika waktu pergantian tidak sesuai juga dapat merusak kualitas mesin anda. Sudah pasti, anda tidak ingin mesin rusak karena telat ganti oli bukan? Tidak perlu bingung mengenai kapan ganti oli motor yang tepat. Kami akan memberikan ulasan lebih lengkapnya dibawah ini.

Kapan Ganti Oli Motor Yang Sesuai?

Kapan Ganti Oli Motor Yang Tepat?
Kapan Ganti Oli Motor Yang Tepat?
Nah, dari pada bingung untuk waktu dari pergantian oli motor. Maka anda bisa mengetahuinya dengan memperhatikan beberapa hal berikut:

Mengacu Pada Speedometer
Kendaraan sepeda motor memang harus di lakukan perawatan oli yang tepat. Untuk pergantian dari oli dapat di ketahui melalui speedometer. Yaitu, setiap jarak 2000 – 3000 km maka harus dilakukan pergantian. Karena, jarak tersebut sudah cukup jauh untuk di lalui oleh kendaraan anda.

Fungsi dari oli sendiri jika sudah melebihi batas penggunaan menjadi kurang baik. Bahkan, jika tidak dilakukan pergantian dapat menyebabkan kerusakan pada mesin. Jika mesin rusak, maka anda harus membayar harga yang lebih dari sebuah oli. Tentu, lebih baik melakukan pergantian oli secara rutin bukan?

Setiap Bulan
Sampai saat ini, sudah cukup banyak masyarakat yang beranggapan bahwa pergantian dari oli dilakukan setiap bulan. Mengenapa harus di lakukan setiap bulan? Karena, bisa saja kendaraan motor anda digunakan untuk keperluan dalam sehari-hari. Jadi, mesin bekerja dengan lebih keras bukan?

Untuk itu, kualitas dari pelumas juga harus di seimbangkan. Langkah yang tepat yaitu dengan melakukan pergantian dari oli setiap bulannya. Terutama, jika motor anda matic dan kerap kali melalui keadaan macet ataupun medan yang tinggi. Pelumas yang masih baik akan memberikan performa lebih kencang. Sebaliknya, jika pelumas oli sudah tidak baik justu akan merusak.

Suara Mesin Lebih Kasar
Apakah anda sudah mendengar suara mesin menjadi lebih kasar? Jika ya, dapat di pastikan oli harus di lakukan pergantian. Karena, kondisi dari oli sudah buruk dan menyebabkan terjadinya gesekan lebih tinggi. Hal seperti ini untuk para pengguna sepeda motor harus di hindari.

Karena, terdapat berbagai macam kemungkinan buruk yang bisa saja terjadinya. Untuk itu, jika sudah terdapat suara kasar dari mesin segeralah ganti oli anda. Dijamin, berkendara akan lebih aman dan nyaman.

Tarikan Kurang Bertenaga
Merasakan tarikan dari motor kurang bertenaga? Ingat kembali anda melakukan pergantian oli motor pada bulan apa? Oli yang kurang berkuliatas menyebabkan gear tidak bekerja dengan maksimal. Jadi, untuk tarikan yang dihasilkan akan terasa biasa saja. 


Bahkan, untuk performa dari motor menjadi lebih menurun. Karena, anda terbiasa merasakan penggunaan sepeda motor dengan oli yang baik. Kemudian, terdapat perbedaan dari tarikannya. Maka, harus segera di lakukan pergantian oli. Sangat di sarankan untuk menggunakan oli yang memang sesuai pada kebutuhannya. 

Sekarang, anda tidak perlu bingung kapan ganti oli motor. Beberapa alasan diatas, sudah seharusnya anda terapkan. Karena, jika oli motor tidak di ganti pada waktunya dapat membuat motor menjadi rusak. Semoga bermanfaat!

Belum ada Komentar untuk "Kapan Ganti Oli Motor Yang Tepat?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel