Jangka Waktu Ganti Oli Motor Yang Tepat Agar Mesin Awet

Jangka Waktu Ganti Oli Motor Yang Tepat Agar Mesin Awet - Kendaraan berupa motor agar lebih nyaman digunakan maka harus di lakukan perawatan. Salah satunya oli mesin yang harus lebih di perhatikan. Karena, pergantian dari oli yang tepat akan membuat kendaraan menjadi lebih baik saat digunakan. Lantas, berapa jangka waktu ganti oli motor yang tepat? 

Perawatan pada kendaraan berupa oli memang perlu perhatian khusus. Sebagai pengendara, tidak hanya menggunakannya seahri-hari saja. Namun, juga harus paham mengenai janga waktu dalam pergantian oli. Dengan melakukan pergantian oli sesuai waktunya, akan membuat motor tetap nyaman digunakan. Untuk itu, anda perlu tahu jangka waktu ganti oli motor dengan tepat.

Berapa Jangka Waktu Ganti Oli Motor 

Untuk performa motor yang lebih baik, maka harus dilakukan pergantian oli dengan benar. Simak ulasan lebih lengkapnya pada artikel dibawah ini. 

Mengacu Pada Kilometer
Ganti oli motor berdasarkan kilometer
Ganti oli motor berdasarkan kilometer
Anda dapat melakukan pergantindan dari oli motor berdasarkan kilometer dari penggunaan. Banyak dari para pengguna motor yang mengabaikan pergantian oli sesuai pada waktunya. Termasuk saat kilometer sudah masuk ke dalam masa pergantian. Lalu, berapa kilometer dari penggunaan sepeda motor yang perlu di lakukan pergantian? Setidaknya, setiap 3000 - 4000 Kilometer.

Jadi, setiap kilometer tersebut sangat disarankan anda untuk dapat melakukan pergantian dari oli. Karena, jika di jumlahkan maka sudah cukup jauh anda berkendara. Terlebih, jika dalam kondisi macet dan memaksa mesin motor tetap bergerak. Jika oli mesin tidak segera di ganti, hal ini bisa menyebabkan mesin menjadi rusak. Bahkan, fatal akibatnya! Baca : Akibat jika sering telat ganti oli mesin motor

Pergantian Setiap Bulan
Ganti oli motor setiap bulan
Ganti oli motor setiap bulan
Sudah seharusnya, anda melakukan pergantian dari oli motor setiap bulannya. Mengapa demikian? Karena, jika digunakan setiap hari tentu sudah cukup lama anda berkendara, seperti kalau motor Anda digunakan untuk bekerja (ojek online, distributor dll). Bahkan, jika berkendara di medan yang sulit dan memaksa agar mesin lebih bekerja. Maka, kualitas dari oli menjadi lebih berkurang. 

Untuk itu, sangat di sarankan agar dapat melakukan pergantian setiap bulannya. Pergantian setiap bulan dirasa sudah sangat ideal dilakukan. Terutama, jika motor digunakan dalam aktivitas sehari-hari. Dengan melakukan pergatian oli setiap bulan, dijamin motor akan sangat nyaman saat digunakan. Harga ganti oli motor juga berbeda beda setiap produknya. Baca juga : Akibat telat ganti oli mesin motor

Suara Mesin Terasa Kasar
Ganti oli motor saat suara mesin terasa kasar
Ganti oli motor saat suara mesin terasa kasar
Cek, apakah anda sudah merasakan bahwa suara dari mesin terasa lebih kasar? Jika hal seperti itu tersjadi, maka sangat perlu dilakukan pergantian. Oli mesin bekerja untuk melumasi daerah dari gearbox maupun transmisi. Biasanya, anda akan merasakan suara yang kasar saat sedang berkendara di jalanan. 

Termasuk saat anda mengoper gigi, maka akan terasa lebih kasar. Jika hal ini sudah anda rasakan, lakukan dengan segera pergantian oli. Karena, akan berbahaya jika tidak dilakukan pergantian. Bahkan, gear bisa saja menjadi rusak dan membutuhkan pergantian. Justru, akan menjadi semakin mahal biayanya bukan?

Tarikan Motor Lambat

Oli yang belum di ganti dapat membuat tarikan dari motor menjadi lambar. Mengapa hal ini terjadi? Karena, transmisi tidak berjalan dengan baik. Akibatnya, perputaran justru mendapati delay. Untuk itu, sebagai pengguna motor sudah pasti paham akan hal ini. Sudah saatnya, lakukan pergantian dari oli motor anda. Karena, dengan melakukan pergantian akan memberikan akselerasi yang lebih baik. Bahkan, dapat melakukam manufer saat dalam kemacetan. So, lakukan pergantian dengan rutin ya! 


Bagaimana, sekarang anda sudah paham bukan mengenai jangka waktu ganti oli motor? Sudah seharusnya, oli motor dirawat dengan baik untuk memberikan akselerasi dan kenyaman dalam berkendara. Semoga bermanfaat!

Belum ada Komentar untuk "Jangka Waktu Ganti Oli Motor Yang Tepat Agar Mesin Awet"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel