Fungsi Kumparan Rotor dan Fungsi Stator Pada Alternator

Fungsi Rotor dan Fungsi Stator Pada Alternator - Alternator merupakan komponen utama dalam sistem pengisian mobil, alternator ini juga disebut dengan dinamo strum. Fungsi utama alternator adalah untuk menghasilkan arus litstik yang dibutuhkan untuk mengisi baterai dan mensuplay seluruh komponen kelistrikan. 

Dalam alternator terdapat kumparan rotor dan stator yang bersama-sama menghasilkan arus listrik, rotor berfungsi membangkitkan kemagnetan dan berputar sesuai dengan putaran mesin. Sementara stator diam dan terpengaruh oleh medan magnet pada rotor, sehingga pada stator menghasilkan arus listrik bolak-balik.

Arus bolak-balik ini belum bisa disalurkan ke baterai dan komponen kelistrikan yang lain, agar dapat disalurkan maka perlu disearahkan oleh diode (rectifier).

Agar lebih paham mengenai dua komponen utama alternator ini, berikut adalah ulasan mengenai fungsi rotor dan fungsi stator pada alternator.

Fungsi Rotor Coil pada Alternator
Kumparan rotor pada alternator berfungsi untuk membangkitkan medan magnet agar pada saat berputar, pada stator alternator dihasilkan arus listrik bolak-balik.
Sebagai pengetahuan, kumparan rotor adalah bagian alternator kerjanya berputar, sehingga diberi nama rotor yang merupakan adaptasi dari "rotasi". Kumparan rotor berfungsi untuk membangkitkan kemagnetan. Pada rotor terdapat kuku-kuku yang berfungsi sebagai kutub-kutub magnet, ada juga slip ring yang berfungsi sebagai penyalur listrik ke kumparan rotor.
Fungsi kumparan rotor
Kumparan rotor pada alternator
Bagian depan rotor berhubungan dengan kipas dan pully, sementara bagian belakang terdapat slip ring.

Fungsi Stator Coil pada Alternator
Kumparan stator pada alternator berfungsi untuk menghasilkan arus listrik bolak-balik ketika rotor yang terdapat medan magnet berputar.
Stator koil merupakan bagian yang diam dengan tiga kumparan yang pada salah satu ujungnya dijadikan satu. Pada gambar dibawah ini terlihat kontruksi dari stator yang disebut dengan hubungan "Y" atau bintang thase.

Stator coil pada alternator
Stator coil pada alternator

Bagian tengah yang menjadi satu merupakan pusat gulungan dan disebut dengan titik netral (neutral point) atau disebut juga dengan terminal "N".

Pada bagian ujung yang lain akan menghasilkan arus listrik bolak-balik (AC) tiga phase. Lebih lanjut : Kumparan Stator (Stator Coil) pada Alternator

Belum ada Komentar untuk "Fungsi Kumparan Rotor dan Fungsi Stator Pada Alternator"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel