Fungsi Multimeter dan Bagian-bagian Multimeter Disertai Gambarnya

Fungsi Multimeter dan Bagian-bagian Multimeter - Salah satu alat ukur elektrik adalah multimeter atau avometer, dikatakan multi (banyak) karena alat ukur ini memiliki beberapa fungsi pengukuran seperti untuk mengukur tegangan DC, mengukur tegangan AC, mengukur tahan, mengukur arus, mengukur kapasitor dan lain-lain.

Ada dua jenis multimeter yang sering dipakai kebanyakan orang yaitu tipe analog dan tipe digital. Yang akan kita bahas kali ini adalah tipe analog. Berikut merupakan fungsi multimeter dan bagian-bagian multimeter. Baca juga : Nama-nama Alat Bengkel Otomotif : Fungsi dan Gambarnya

Fungsi Multimeter
Multimeter merupakan sebuah alat ukur yang memiliki banyak fungsi sekaligus (multifungsi) diantaranya adalah untuk mengukur tegangan listrik (AC dan DC), tahanan, arus listrik, dan kapasitas pada kapasitor.

Bagian-bagian Multimeter dan Fungsinya
Bagian-bagian Multimeter
Bagian-bagian Multimeter
Keterangan :  
1. Jarum penunjuk meter : Berfungsi sebagai penunjuk besaran yang diukur.
2. Skala : Berfungsi sebagai skala pembacaan meter, yaitu : skala tegangan skala arus dan skala resistor.
3. Zero adjust screw : Berfungsi untuk mengatur kedudukan jarum penunjuk dengan cara memutar sekrupya ke kanan atau ke kiri dengan menggunakan oben pipih kecil.
4. Zero Ohm Adjust Knob : Berfungsi untuk mengatur jarum penunjuk pada posisi nol. Caranya, saklar pemilih diputar pada posisi (ohm), test lead + (merah) dihuungkan ke test lead - (hitam), kemudian tombol pengatur diputar ke kiri atau ke kanan sehingga jarum menunjuk pada 0 Ohm. 
5. Lubang kutub + : Berfungsi sebagai tempat masuknya test lead kutub (+) yang berwarna merah.
6. Positive Terminal (20 A DC Only) : Berfungsi sebagai tempat masuknya test lead kutub (+) yang berwarna merah ketika mengukur Arus DC dari 0-20 Ampere
7. Range Selector Switch : Berfungsi untuk memilih posisi pengukuran dan batas ukurannya. Ada 4 yaitu : DCV, DC mA, ACV, dan Ohm.
8. Lubang kutub - : Berfungsi sebagai tempat masuknya test lead kutub (-) yang berwarna hitam.


Demikian artikel tentang fungsi multimeter dan bagian-bagian multimeter yang disertai dengan fungsi dan gambarnya. Semoga bermanfaat. Jangan lupa follow Instagram kami di @bisaotomotif.

Belum ada Komentar untuk "Fungsi Multimeter dan Bagian-bagian Multimeter Disertai Gambarnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel