Daftar Mobil Yang Menggunakan Mekanisme Katup Tipe OHV (Over Head Valve)

Daftar Mobil Yang Menggunakan Mekanisme Katup Tipe OHV - Sebuah sistem yang berfungsi untuk mengatur membuka / menutupnya katup disebut sebagai mekanisme katup, mekanisme katup ini terdiri dari beberapa komponen utama seperti poros nok, valve lifter, push rod, valve spring, katup buang, dan katup hisap.

Pada macam-macam mekanisme katup, dikenal ada 3 jenis yaitu tipe over head valve (OHV), over head camshaft (OHC) dan double over head camshaft (DOHC). Perbedaan mendasar dari ketiganya adalah letak dari camshaft dan metode penggerak mekanisme katupnya.

Pada tipe OHV, camshaft letaknya berada di posisi lebih bawah dari katup sehingga dikatakan katup posisinya lebih tinggi dari komponen mekanisme katup yang lain (over head). Kemudian pada tipe OHV ini gear camshaft langsung berhubungan dengan gear crankshaft (poros engkol), sehingga tidak perlu lagi komponen penghubung seperti timing chain atau timing belt pada tipe OHC.

Selain itu ciri khas mekanisme katup pada tipe OHV adalah terdapat komponen valve lifter dan push rod sebagai penerus tekanan poros nok ke rocker arm. Selengkapnya dapat dibaca pada artikel : Jenis-jenis Mekanisme Katup Beserta Kelebihan dan Kekurangannya

Mekanisme katup tipe OHV
Mekanisme katup tipe OHV
Mekanisme katup tipe OHV ini banyak digunakan pada mobil-mobil lawas, sedangkan pada mobil-mobil modern lebih banyak menggunakan tipe OHC baik itu yang SOHC maupun DOHC. Alasannya adalah karena tipe OHC komponennya lebih sedikit sehingga lebih efektif dalam menyalurkan tekanan.

Walaupun demikian namun masih banyak mobil-mobil dengan mekanisme katup tipe OHV yang bisa kita temui, berikut adalah daftar mobil yang menggunakan mekanisme katup tipe OHV :

No
Daftar Mobil dengan Mekanisme Katup Tipe OHV
Tahun
1
Izuzu Panther
Generasi Pertama (1991 – 1996)
Generasi Kedua (1996 – 2000)
Generasi Ketiga (2000 – 2005)
2
Toyota Landcruiser 40/60/70 series
1984
3
Daihatsu Delta V11-series

4
Toyota Kijang 4K, 5K, Kapsul 1.8 L
1997 ke bawah
5
Toyota Corona TT132
1981
6
Chrevolet S-10 Blazer

7
Subaru 1500

8
Mazda Bongo
1966
9
Audi 50
1974 - 1978
 
Demikian daftar mobil yang menggunakan mekanisme katup tipe OHV (over head valve), jika kalian mengetahui merek atau tipe mobil yang lain bisa menambahkan melalui kolom komentar di bawah ini yaa. Terimakasih :)

Belum ada Komentar untuk "Daftar Mobil Yang Menggunakan Mekanisme Katup Tipe OHV (Over Head Valve)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel