Cara Pasang Ring Piston Sesuai Dengan SOP

Cara Pasang Ring Piston Sesuai SOP - Ketika motor mulai mengeluarkan asap putih, tidak punya tenaga alias loyo bisa jadi itu ada masalah pada kompresinya yang bocor. Kompresi bocor ini bisa disebabkan karena keausan piston, keausan dinding silinder atau keausan pada ring piston.

Namun biasanya jika ini terjadi maka perbaikannya satu paket yakni ganti piston, di bore up dan ganti ring piston. Tapii ya tergantung yang punya juga sih, kalau masih pengen dengan piston dan silinder yang standar yaa cuma ganti ring piston. 

Cara pasang ring piston ini perlu ketelitian dan kehati-hatian karena satu sama lain tidak boleh tertukal, dan juga tidak boleh terbalik atas bawahnya. Baca lebih lanjut dalam Inilah akibat jika pemasangan ring piston terbalik. Namun tidak perlu takut terbalik, karena dalam artikel ini akan dijelaskan tentang pemasangan ring piston sesuai dengan SOP.

Cara Pasang Ring Piston Sesuai SOP

Untuk memasang ring kompresi dan ring oli ke piston membutuhkan sebuah alat yang dinamakan Piston Ring Expander. Alat ini dapat dengan aman meregangkan ring piston sehingga dapat dimasukkan ke dalam piston. Jangan gunakan tangan karena bisa-bisa melukai tangan kalian.
Piston Ring Expander
Piston Ring Expander
1. Sebelum dipasang, bersihkan alur ring piston terlebih dahulu.
2. Pemasangan ring piston dilakukan secara berurutan yaitu ring oli, ring kompresi nomer 2 dan ring kompresi nomer 3.
3. Pemasangan menggunakan alat khusus bernama ring piston ring expander.
4. Bedakan antara ring oli, ring kompresi 2 dan ring kompresi 1.
Ring oli sudah terlihat dari bentuknya. Untuk membedakan ring kompresi 1 dan 2 dapat melihat tanda/angka yang ada pada ring piston.
5. Perhatikan atas bawah pada ring piston.
Perhatikan saat pemasangan, yang terdapat tanda adalah bagian atas (menghadap ke atas).
Tanda pada ring piston
Tanda pada ring piston
6. Pasang secara berurutan ring oli, ring kompresi 2 dan ring kompresi1 dengan menggunakan piston ring expander.
7. Atur celah piston agar tidak dalam sebaris, perhatikan gambar di bawah ini untuk pengaturan celah ring piston. Tanda F adalah depan.
Pemasangan celah ring piston
Pemasangan celah ring piston


Demikian artikel tentang cara pasang ring piston yang sesuai dengan SOP, untuk lebih jelasnya dapat melihat buku manual masing-masing.

Belum ada Komentar untuk "Cara Pasang Ring Piston Sesuai Dengan SOP"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel