Cara Menggunakan Motor Kopling Untuk Pemula Langsung Bisa !

Mendengar motor kopling, apa yang terlintas di pikiran anda? Apakah begitu rumit? Ternyata,tidak seperti yang anda bayangkan. Penggunaan motor kopling harus dilakukan dengan hati-hati. Jika tidak, maka akan sangat berbahaya. Terutama, bagi anda para pemula yang baru saja mencona menggunakan motor kopling. Ada baiknya, anda mengetahui cara menggunakan motor kopling dengan tepat.

Untuk mengendalikan motor kopling tentu berbeda dengan motor matic ataupun bebek. Jika motor bebek hanya perlu melakukan perpindahan gigi. Lalu, untuk motor matic hanya perlu menarik gas saja. Sedangkan, untuk motor kopling harus menarik terlebih dahulu tuas kopling saat melakukan perpindahan gigi. Terdengar sulit ya? Sebenarnya tidak jika anda mengetahuinya. Dibawah ini akan kami ulas cara menggunakan motor kopling untuk para pemula.

Persiapan Sebelum Menggunakan Motor Kopling

Cara Menggunakan Motor Kopling
Cara Menggunakan Motor Kopling
Terdapat beberapa cara yang bisa di lakukan untuk menggunakan motor kopling. Berikut cara lebih lengkapnya:

Gunakan Helm
Sebelum memulai berkendara, ada baiknya anda menggunakan helm. Karena, fungsi dari helm berguna untuk melindungi kepala agar tidak cedera terhadap sesuatu yang mungkin terjatuh. Karena, ada baiknya melindungi dari pada mengobati. Pastikan anda menggunakan helm yang memiliki standar SNI dan pas untuk kepala.

Gunakan Jaket
Untuk berkendara yang lebih aman, maka di sarankan menggunakan jaket. Penggunaan jaket memiliki peran yang penting dalam menjaga kondisi tubuh agar tetap normal. Karena, di luar bisa saja dalam kondisi yang terlalu panas ataupun dingin. Dengan begitu, suhu dari tubuh anda menjadi tetap normal. Serta memberikan pikiran lebih fokus dalam berkendara.

Gunakan Sepatu
Dengan menggunakan sepatu, maka akan lebih mudah dalam melakukan perpindahan dari transmisi. Karena, bentuk sepatu yang datar dan mudah untuk di lakukan penekanan. Selain itu, sepatu juga berfungsi untuk membuat berkendara menjadi lebih aman. Bisa saja, terjadi beberapa hal yang tidak di inginkan. 

Cek Kendaraan Sepeda Motor
Penting! Alangkah baiknya untuk melakukan cek terlebih dahulu terhadap kendaraan sepeda motor anda. Pastikan semua dalam kondisi yang baik dan siap untuk di jalankan. Terutama, untuk bensin dan beberapa hal penting seperti rantai dan ban harus dalam kondisi yang baik. Karena, akan membantu untuk memberikan pengalaman berkendara yang aman dan nyaman. Baca juga : Akibat jika rantai tidak diberi pelumas

Pemindahan Gigi Pada Motor Kopling


Cara Menggunakan Motor Kopling
Cara Menggunakan Motor Kopling
Pada motor kopling sedikit berbeda karena untuk memasukkan gigi tidak kedepan semua seperti pada motor bebek. Kalau pada motor bebek kan untuk memasukkan gigi dari netral sampai ke posisi gigi ke-4 maju semua. Nah pada motor kopling tidak demikian, melainkan maju-mundur-mundur sampai ke gigi terakhir.

Dengan kata lain, majunya pas akan memasukkan gigi 1 sata. Untuk menambah percepatan ke-gigi 2 maka tidak menekan melainkan menarik mundur tuas pemindah gigi (kebalikan dengan memasukkan gigi 1). Begitu seterusnya sampai gigi ke-5.

Mengurangi Gigi Percepatan
Untuk mengurangi gigi percepatan maka kebalikannya dari menambah percepatan. Misalnya dari gigi 5 dikurangi ke 4, maka caranya adalah dengan menekan tuas pemindah gigi. Begitu juga untuk mengurangi dari 4 ke 3, dari gigi 3 ke gigi 2, dan dari gigi 2 ke gigi 1.

Kalau menetralkan bagaimana?
Untuk menetralkan dari posisi gigi 1, ditarik mundur 1/2. Karena kalau ditarik penuh akan masuk ke gigi 2.

Jadi polanya adalah 1 - N - 2 - 3 -  4 -5.
  
Setelah memahami perpindahan gigi, maka selanjutnya adalah langsung mencobanya. Harap diperhatikan :
Setiap melakukan perpindahan gigi baik menambah atau mengurangi, wajib menarik tuas presneling tangan (posisi di setang kiri).

Cara Menggunakan Motor Kopling Untuk Pemula

Jalankan motor kopling
Setelah beberapa hal diatas terpenuhi, maka selanjutnya mulai berkendara dengan motor kopling. Ikuti beberapa langkah berikut ini:
  • Mulai dengan transmisi pada kondisi Netral (dalam posisi Netral biasanya ada tulisan N berwarna hijau menyala)
  • Kemudian, tarik kopling saat akan memasukkan gigi. Kopling berada di posisi tangan kiri, sementara tangan kanan merupakan rem depan.
  • Masukkan gigi pertama dengan menekan pedal bagian depan, ingat yaa ditekan ! dalam posisi kopling tangan ditarik.
  • Jika sudah, jalankan motor dan kurangi penekanan terhadap tuas kopling
  • Lalu, jika sudah dalam kondisi berjalan maka dapat di gas secara halus 
  • Masuk ke gigi selanjutnya, dengan menarik tuas kopling dan masukan pedal transmisi 
  • Pada tahapan ini, anda bukan menekannya ke bawah. Melainkan, ke arah atas. Atau pada beberapa kendaraan menekan pada bagian belakang. Sama saja sih, yang terpenting kebalikannya dengan saat kita memasukkan gigi pertama.
  • Setelah itu, anda bisa melakukan perpindahan ke gigi tiga dengan tarik tuas kopling dan naikan pedal transmisi. 
  • Untuk mengurangi posisi percepatan, anda bisa menarik koplling kemudian tekan pada pedal transmisi bagian depan. 
Baca juga : Cara menyalakan motor matic semua tipe motor

Demikianlah Cara Menggunakan Motor Kopling Untuk Pemula Langsung Bisa !. Dalam penggunaan motor kopling memang tidak boleh sembarangan. Bagi para pemula, diharapkan untuk lebih fokus terlebih dahulu pada jalanan. Jangan sampai anda hilang fokus dan sesuatu hal terjadi. Selain tiu, tetap jaga keamanan dalam berkendara. Selamat mencoba

Belum ada Komentar untuk "Cara Menggunakan Motor Kopling Untuk Pemula Langsung Bisa !"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel