Cara Mengendarai Motor Kopling Di Tanjakan Dan Turunan

Motor kopling saat ini cukup banyak sekali peminatnya. Terutama, untuk jenis sport yang memang banyak di cari oleh masyarakat. Dalam mengendarai motor kopling, memang membutuhkan cara tersendiri. Karena, berbeda dengan cara mengendarai motor bebek ataupun matic. Termasuk saat berada di tanjakan ataupun turunan. Untuk itu, anda harus paham cara mengendarai motor kopling di tanjakan dan turunan.

Untuk mengendarai motor kopling tidak semua motor matic yang hanya perlu menarik gas saja. Melainkan, harus melakukan tuas dari kopling. Tidak jarang, banyak yang masih belum mengetahui caranya. Hasilnya, berkendara di tanjakan dan turunan akan menjadi lebih bingung. Alangkah baiknya, anda bisa memahami cara mengendarai motor kopling di tanjakan dan turunan.

Jika belum mengetahui tata cara mengendarai motor kopling dapat membaca artikel yang berjudul : Cara menggunakan motor kopling untuk pemula

Cara Mengendarai Motor Kopling DI Tanjakan Dan Turunan

Cara Mengendarai Motor Kopling Di Tanjakan Dan Turunan
Cara Mengendarai Motor Kopling Di Tanjakan Dan Turunan
Penting, untuk anda melakukan beberapa cara dalam mengendarai motor kopling. Berikut ini beberapa caranya:

Saat Berada Di Tanjakan
Setiap melakukan berkendara, tidak akan lepas dari tanjakan. Saat membaca motor kopling terntu untuk berkendara menjadi lebih berbeda. Karena, ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan. Berikut ini langkah yang harus di lakukan saat berada di tanjakan meliputi:

  • Jaga Kecepatan
Penggunaan motor kopling memungkinkan anda untuk dapat berkendara sesuai pada kecepatannya. Jadi, saat berada di tanjakan anda juga harus memberikan kecepatan yang stabil. Atau, bisa menambah gas untuk lebih tinggi agar motor tidak macet di tengah perjalanan.

  • Persneling Berada Di Nomor Tengah
Tahapan selanjutnya yang harus anda lakukan yaitu menggunakan perneling di nomor tengah. Bisa antara 2 atau 3 karena semakin tinggi, kekuatan menjadi lebih rendah. Jadi, awal mula anda bisa menggunakan gigi 3 terlebih dahulu. Jika di rasa kurang kuat, anda bisa memindahkan ke gigi 2.

  • Jangan Turunkan Tuas Gas
Banyak yang salah dalam berkendara menggunakan motor kopling di tanjakan. Bahkan, justru menurunkan tuas dari gas. Padahal, hal ini justru bisa berakibat fatal. Karena, kendaraan menjadi kekurangan power saat sedang menanjak. Akibatnya, motor bisa saja berhenti atau bahkan mundur. Karena itu, jangan pernah turunkan tuas gas saat berada di tanjakan.

Saat Berada DI Turunan
Setelah menanjak, maka selanjutnya akan berada di turunan. Sama halnya, berkendara di turunan juga harus berbeda. Berikut ini beberapa caranya:

  • Manfaatkan Engine Brake
Adanya teknologi engine brake pada motor tentu harus di manfaatkan dengan baik. Salah satunya saat berada di turunan. Jadi, penggunaan engine brake ini akan membantu dalam pengereman yang lebih optimal. Karena itu, anda bisa menggunakannya saat sedang berada di turunan.

  • Persneling Posisi 3
Alangkah baiknya, untuk menerapkan penggunaan persneling di posisi 3. Mengapa demikian? Karena, saat sedang berada di turunan maka kekuatan dari motor akan menjadi lebih rendah. Persneling 3 memberikan posisi yang netral dan cocok untuk berada di turunan. Jadi, berkendara akan menjadi lebih nyaman berada di turunan.

  • Membuat Mesin Loss
Salah satu cara yang bisa anda gunakan yaitu dengan membuat mesin menjadi loss. Hal ini tentu akan bermanfaat dalam menghemat bahan bakar. Terlebih, jika turunannya memiliki jarak yang lumayan jauh. Caranya, yaitu dengan menarik tuas kopling. Namun, untuk penggunaan ini anda harus tetap berhati-hati. Karena, motor akan menjadi lebih kencang di turunan. Pastikan anda bisa mengontrolnya.


Begitulah ulasan lengkap cara mengendarai motor kopling di tanjakan dan turunan. Tentunya, anda dapat menggunakan beberapa cara diatas. Dijamin, berkendara anda akan menjadi lebih aman dan nyaman. Semoga bermanfaat!

Belum ada Komentar untuk "Cara Mengendarai Motor Kopling Di Tanjakan Dan Turunan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel