Cara Membersihkan Rantai Motor Agar Kinclong!

Rantai menjadi bagian paling penting dari motor. Dengan tidak adanya rantai, maka motor tidak bisa melaju. Maka dari itu, Anda perlu merawat rantai agar motor bisa awet dan bisa juga digunakan untuk jangka panjang. Namun, sayangnya masih banyak orang yang tidak tahu cara membersihkan rantai motor. Jika dibiarkan saja, maka bukan tidak mungkin rantai tersebut menjadi karatan. Artikel ini akan memberikan tips dan trik mengenai cara membersihkan rantai motor karatan.

Cara membersihkan rantai motor tidaklah sembarangan, Anda perlu memerhatikan cara yang tepat agar rantai bersih. Ketahui juga bahwa ada spray pembersih rantai motor yang bisa Anda gunakan. Jangan biarkan rantai motor Anda menjadi kotor. Hal ini dapat menyebabkan suara berisik hingga menimbulkan getaran ketika motor dijalankan. Kotoran seperti debu akan bergesekan dengan gear dan rantai yang menyebabkan suara berisik. Hal ini yang menimbulkan getaran tidak nyaman terhadap handling motor.

Cara Membersihkan Rantai Motor Sendiri Hingga Bersih

Cara membersihkan rantai motor
Cara membersihkan rantai motor
Rantai motor yang kotor selain menyebabkan suara berisik dan menimbulkan getaran, ternyata bisa juga menurunkan daya tahan rantai. Hal ini dikarenakan ketika rantai kotor terus digunakan tanpa dibersihkan, maka rantai akan cepat aus dan putus. Maka dari itu, Anda perlu membersihkan rantai motor kotor baik dilakukan sendiri maupun oleh bengkel. Di bawah ini akan dijelaskan mengenai cara membersihkan rantai motor sendiri:

Posisikan Standar Tengah
Ketika ingin membersihkan rantai motor, pastikan dalam posisi tegak dengan di standar tengah pada motor. Jika ada, gunakan alat yang bisa membuat bagian belakang motor menjadi lebih tinggi agar lebih mudah ketika membersihkan rantai.

Gunakan Spray Khusus Untuk Membersihkan Rantai
Jika posisi motor sudah tepat dan siap untuk dibersihkan, maka Anda bisa menggunakan spray khusus rantai motor dulu. Hal ini digunakan karena rantai lebih mudah untuk dibersihkan dari noda hitam yang membandel seperti bekas oli atau debu jalanan. Bersihkan Rantai dengan Sikat Gigi Bekas

Anda bisa mengandalkan sikat gigi bekas untuk membersihkan rantai motor hingga ke cela-cela. Usahakan jangan ketinggalan satu bagian ketika sedang membersihkan rantai. Hal ini untuk mencegah rantai motor agar tidak cepat rusak dan tidak karatan. Baca juga : Cara mengatasi rantai motor yang kendur dan sering lepas


Bersihkan dengan Air Mengalir
Jika proses penggosokan dengan sikat gigi bekas sudah selesai, maka selanjutnya Anda bisa membasuh rantai dengan air mengalir. Tetapi perlu diingat, basuh rantai dengan cara menyemprotkannya langsung dengan air ke permukaan rantai. Alirkan air melalui selang ke permukaan rantai lebih dekat agar kotoran yang menempel bisa mengalir bersama air.

Gunakan Pelumas
Langkah terakhir sebagai cara mudah membersihkan rantai motor yaitu dengan menyemprotkan pelumas. Jadi, pada tahap ini Anda bisa mengeringkan rantai ketika sudah dibasuh dengan air mengalir pada tahap sebelumnya. Kemudian langsung disemprotkan dengan pelumas ke permukaan rantai secara merata. Baca juga : Apa akibatnya jika rantai motor tidak diberi pelumas


Itulah cara membersihkan rantai motor dengan mudah. Anda perlu membersihkan rantai motor secara rutin jika sudah dirasa kotor. Hal ini bisa mencegah rantai motor yang karatan dan rusak hingga putus.

Belum ada Komentar untuk "Cara Membersihkan Rantai Motor Agar Kinclong!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel