10 Langkah Pasti Belajar Naik Motor Bebek dan Tips Agar Cepat Bisa

Saat ini, sepeda motor bebek sudah menjadi kendaraan yang paling banyak digunakan. Dengan menggunakan sepeda motor, maka akan lebih mudah untuk beraktivitas. Terutama saat mengunjungi tempat yang jauh. Karena itu, banyak yang mulai melakukan belajar naik sepeda motor. Terdapat beberapa cara belajar naik motor agar cepat bisa.

Mungkin, banyak yang beranggapan bahwa mengendarai sepeda motor itu susah. Padahal, tidak seperti yang di bayangkan. Justru, jika proses pembelajaran yang dilakukan sesuai maka dapat menaiki motor dengan cepat. Bahkan, hanya dalam beberapa kali latihan saja anda sudah lancar mengendarai motor. Namun, pastikan selalu menggunakan helm agar berkendara lebih aman. Yuk, simak cara belajar naik motor agar cepat bisa pada artikel ini.

Beberapa Cara Belajar Naik Motor Agar Cepat Bisa

Cara Belajar Naik Motor Agar Cepat Bisa
Cara Belajar Naik Motor Agar Cepat Bisa

Jangan khawatir tidak bisa menaiki sepeda motor. Berikut beberapa cara belajar yang bisa anda gunakan: 

Langkah-langkah Mengendarai Motor Bebek dan Pahami Bagian-bagiannya
Untuk belajar naik motor lebih baik menggunakan sepeda motor bebek, alasannya adalah lebih aman daripada motor matic. Kalau pakai motor matic maka kecepatannya dapat tinggi, sementara orang yang baru belajar belum tahu kira-kira besar gas yang akan ditarik. Sementara jika pakai motor bebek, akan terbatasi oleh gigi percepatan. Baru setelah yakin bisa bisa mencoba motor matic.


Belajar naik motor bebek
Belajar naik motor bebek
1. Cobalah untuk menaiki sepeda motor bebek dengan badan yang tegap. Pahami bahwa kaki kanan untuk melakukan pengereman (rem belakang), tangan kanan juga untuk melakukan pengereman sekaligus gas. Sementara itu kaki kiri untuk memasukkan gigi presneling.

2. Cobalah untuk mencoba-coba terlebih dahulu dalam kondisi mesin mati. Seperti mencoba mengoperasikan rem, mencoba mengoperasikan gas, dan mencoba memasukkan gigi presneling dan menetralkannya lagi.

3. Setelah terbiasa, cobalah untuk menghidupkan motor. Harap diperhatikan, sebelum menghidupkan pastikan motor dalam kondisi netral (Netral). Tandanya adalah berwarna hijau pada sepedo meter.
Posisi Netral
Posisi Netral
4. Pahami juga informasi pada spedo meter, disana ada angka 1 sampai 4 yang mengindikasikan posisi gigi preneling saat itu juga. Ada juga jarus spedo meter, indikator jumlah bahan bakar dan indikator lampu depan.

5. Setelah yakin motor dalam kondisi netral dan sudah di On kan maka dapat menghidupkan motor dengan cara menekan quick starter yang ada di posisi kanan. Biasanya memiliki warna yang berbeda sendiri seperti kuning, merah dan ada tanda "On" nya.
Tombol starter
Tombol starter

6. Setelah mesin hidup, coba rasakan tarikan gasnya biar terbiasa dan dapat mengira-ira.
7. Coba juga tombol-tombol lain seperti riting, klakson, lampu depan dan lampu jarak jauh dekat.
8. Setelah itu langsung masukkan ke gigi 2 saja, karena kalau gigi 1 akan lebih "galak". Baru tarik gas pelan-pelan dan coba jalankan.
9. Tidak perlu cepat-cepat dulu, yang terpenting bisa lancar. Coba juga dibelokan dan putar balik.
10. Setelah bisa, baru coba dari gigi 1, tambah ke gigi 2, dan seterusnya.

Tips Belajar Naik Motor Agar Cepat Bisa

Belajar Keseimbangan
Cara pertama yang harus di lakukan yaitu belajar keseimbangan. Karena, keseimbangan sangat di butuhkan dalam berkendara. Kendaraan yang seimbang akan mudah untuk di gunakan. Untuk itu, bagi para pemula harus dapat melakukan pembelajaran keseimbangan.

Caranya, yaitu dengan berkendara pada kecepatan 10 km/jam terlebih dahulu. Jika dalam posisi kilometer tersebut namun tidak oleng, maka dapat di tambahkan kecepatanya. Lalu, cobalah untuk berkendara dengan mbelok ke kanan ataupun ke kiri. Karena, tidak mungkin anda berkendara hanya lurus bukan? Untuk itu, pastikan terlebih dahulu keseimbangan sudah sesuai.

Belajar Tombol Yang Ada
Untuk mengendarai, bukan hanya sekedar bisa menjalankan sepeda motor saja. Melainkan, juga bisa melakukan penggunaan dari tombol yang ada. Jadi, saat posisi berkendara cobalah untuk rutin menggunakan tombol yang tersedia.

Terutama untuk tombol dari sen kanan, kiri dan lampu jarak pendek ataupun jauh. Serta, tidak lupa untuk klakson dari motor dan tombol lainnya. Karena, jika hal ini tidak di pelajari akan tidak baik berkendara di jalanan raya.

Rutin Melakukan Latihan
Agar lebih lancar dalam menggunakan motor, memang harus lebih rutin latihan. Karena, tidak ada yang instan di dunia ini. Termasuk dengan latihan motor yang harus dengan rutin dilakukan. Anda bisa melakukan latihan dalam waktu yang memang sedang kosong. Terutama, sangat di sarankan untuk waktu pagi hari karena masih cukup sepi di jalanan.

Dengan kondisi yang sepi, tentunya akan lebih leluasa dalam melakukan belajar di jalanan. Selain itu, setidaknya anda dapat melakukan penggunaan sepeda motor 1 kali dalam sehari. Baik untuk waktunya relatif sesuai pada jam kosong. Dengan begitu, anda akan lebih paham penggunaan motor. 

Berkendara DI Turunan Dan Tanjakan
Sejatinya, untuk proses belajar adalah di turunan ataupun tanjakan. Karena, dua tempat ini memang menuntut segala fungsi yang ada pada motor dapat digunakan. Terutama untuk gas dan rem yang akan lebih di utamakan. Saat posisi di tanjakan, bermain dengan gas haruslah dengan tepat.

Jangan sampai salah, karena dapat membuat motor anda menjadi mati. Setelah itu, di turunan anda akan di tuntut untuk dapat menggunakan rem dengan baik. Kedua tempat ini memang sangat membantu dalam melakukan proses belajar naik motor menjadi lebih cepat. Dijamin, jika di lakukan dengan rutin hanya beberapa hari saja anda sudah lancar!

Baca juga :

Itulah 10 Langkah Pasti Belajar Naik Motor Bebek dan Tips Agar Cepat Bisaa. Beberapa cara diatas sudah pasti sangat tepat dan dapat dengan baik menyesuaikan kebutuhan anda. Selalu pastikan berkendara dengan keamanan yang benar. Selamat mencoba!

Belum ada Komentar untuk "10 Langkah Pasti Belajar Naik Motor Bebek dan Tips Agar Cepat Bisa"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel