Aturan Ganti Oli Motor Yang benar Harus Anda Pahami !

Aturan Ganti Oli Motor Yang benar Harus Anda Pahami ! - Sudah seharusnya, kendaraan sepeda motor di lakukan pergantian oli. Karena, dengan melakukan pergantian oli akan memacu performa lebih baik. Selain itu, dalam berkendara juga menjadi lebih aman dan nyaman. Namun, banyak dari para pengguna yang masih salah untuk pergantian olinya. Terutama, jika anda menganti di bengkel maka harus paham aturan ganti oli motor yang benar.

Mungkin, pengguna sepeda motor hanya ingin pergantian oli dilakukan dengan cepat. Padahal, ada aturan yang harus di lakukan. Tentunya, agar oli yang di ganti memberikan performa yang baik. Jangan sampai, karena tidak mengetahui aturannya dan mengerjakan secara asal menjadikan oli kurang berguna. Sebagai pengguna sepeda mtoor, anda harus paham aturan ganti oli motor yang benar.

Beberapa Aturan Ganti Oli Motor Yang Benar

Jangan sampai salah dalam melakukan pergantian dari oli. Berikut beberapa aturan yang perlu di perhatikan meliputi:

Ganti Secara Rutin
Seiring pemakaian oli akan berubah warna karena bercampur dengan kotoran dan sisa-sisa pembakaran, sehingga kinerja oli akan berkurang. Untuk itulah oli perlu diganti sesuai dengan usia pakainya, biasanya untuk oli motor diganti setiap 3000 km. Namun ada juga oli yang bisa dipakai sampai 5000 km bahkan 7000 km. Nah ini disesuaikan dengan oli yang kalian pakai, kalau saran saya sih ganti oli setiap 4000 km - 5000 km saja. Baca lebih lanjut di : Jangka waktu ganti oli yang tepat agar mesin awet

Jangan Mencampurkan Oli Beda Merek
Jangan mencampur oli
Jangan mencampur oli
Penting! Untuk memastikan bahwa jangan sampai mencampurkan oli beda merek. Karena, bisa saja kedua oli tersebut memang tidak cocok untuk di campurkan. Setiap merek memiliki formulasinya masing-masing unutk kebutuhan dari motor. Kandungan aditif yang ada pada setiap merek biasanya berbeda.  Begitu juga dengan kekentalannya, mungkin saja berbeda. Sehingga tindakan mencampur oli ini tidak disarankan. Baca juga : Oli mobil untuk motor amankah?

Tidak Mengisi Oli Terlalu Sedikit Atau Terlalu Banyak
Ternyata, dalam pengisian dari oli juga tidak boleh sembarangan. Terutama tidak terlalu sedikit dan terlalu banyak. Jadi, berada di tengah tengah keduanya. Yaitu dengan mengecek menggunakan tongkat dipstick yang tersedia. 

Isi oli sampai garis Full, jangan sampai melebihi atau berada di garis low. Oli yang berlebihan akan membuat putaran mesin terhambat dan berakibat pada hilangnya tenaga, emmm seperti kalau manusia kekenyangan lah. Baca juga : Cara mengetahui jumlah oli mobil kurang atau tidak

Jika terlalu sedikit tentu akan berbahaya karena bisa membuat di beberapa tempat tidak dilumasi dengan baik. 

Untuk motor bebeb biasanya di tutupnya atau di dekat lubang pengisian terdapat jumlah oli yang harus diisi. Ada yang 800 ml, ada 1 liter dan lain sebagainya tergantung dari besar dan kapasitas mesinnya.

Tidak Menyemprot Lubang Mesin Dengan Tekanan Udara Tinggi
Proses yang satu ini mungkin banyak digunakan oleh para bengkel. Anggapannya, dapat membuat oli sebelumnya menjadi lebih hilang. Padahal, hal ini justru dapat meyebabkan suatu masalah. Yaitu, kotoran dalam filter oli bisa menjadi menyebar.

Jika kotoran ini sudah menyebar, akan menurunkan performa dari kinerja mesin. Karena, dapat menggangu dalam memberikan tenaganya. Jika anda melihat hal ini, maka segera dapat di tegur. Alangkah baiknya, agar bisa menunggu sampai tetes terakhir oli sebelumnya habis. Setelah itu, barulah bisa dilakukan pergantian menggunakan oli baru.

Ganti Ring Setiap Pergantian Oli
Ganti ring oli
Ganti ring oli
Pergantian ring sangat di perlukan saat menganti oli. Karena, ring oli dapat mencegah untuk terjadinya kebocoran. Tentunya, anda tidak menginginkan kebocoran pada bagian oli bukan? Untuk itu, anda bisa meminta untuk mengganti ring oli tersebut.

Pergantian ring jika harus di lakukan saat kondisi motor sudah dingin. Jika masih dalam kondisi panas, sebaiknya didiamkan terlebih dahulu. Karena, akan sia-sia nantinya. Jadi, pastikan ring tutup oli kendaraan anda di ganti secara rutin!


Nah, itulah aturan ganti oli motor yang benar. Sekarang, anda sudah menjadi lebih paham. Jadi, anda bisa menerapkannya agar oli motor yang baru dapat berfungsi dengan baik. Karena, jika tidak menggunakan aturan diatas dapat merusak mesin motor. Semoga bermanfaat!

Belum ada Komentar untuk "Aturan Ganti Oli Motor Yang benar Harus Anda Pahami !"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel