Kenali Arti Huruf dan Angka Pada Tuas Presneling Mobil Matic

Arti huruf dan angka pada tuas presneling mobil matic sebenarnya cukup simple dan mudah dipahami. Baik pada mobil manual maupun mobil matic kedua-duanya terdapang huruf dan angka yang memudahkan pengemudi dalam mengoperasikannya. Apalagi buat para pengemudi baru yang sedang belajar menyetir mobil, tentu tanda ini akan sangat berguna bagi dirinya.

Bagi pengemudi pemula, mobil matic memang menjadi favorit. Selain lebih mudah karena tidak perlu ribet memainkan kopling, juga lebih aman dipakai saat tanjakan maupun turunan. Sebelum Anda menyetir mobil matic, alangkah baiknya Anda ketahui dulu arti huruf dan angka pada tuas presneling mobil matic ini. Sehingga ketika belajar nanti, Anda tidak perlu lagi bertanya-tanya tentang ini tanda dan langsung siap praktik.

Kenali Arti Huruf dan Angka Pada Tuas Presneling Mobil Matic

Arti huruf dan angka pada tuas presneling mobil matic
Arti huruf dan angka pada tuas presneling mobil matic

Pada tuas transmisi atau presneling mobil matic biasanya terdapat beberapa huruf dan angka seperti P, R, N, D, 3, 2 dan L. Angka-angka ini memudahkan pengemudi dan menunjukkan tentang posisi gigi transmisi tersebut. Berikut adalah penjelasannya :

Arti Huruf P
Huruf P memiliki arti Parking/parkir. Biasanya posisi P ini digunakan pada saat mobil di parkir, sehingga transmisi dalam posisi terkunci dan mobil tidak bisa digerakkan.

Arti Huruf R
Huruf R memiliki arti Reverse (mundur). Posisi R ini akan mengaktifkan gigi mundur, sehingga mobil berjalan mundur.

Arti Huruf N
Huruf N memiliki arti Netral. Dalam posisi Netral output transmisi tidak berhubungan dengan input (mesin) sehingga ketika mesin dihidupkan dan di gas tidak akan membuat mobil jalan.

Arti Huruf D
Huruf D dalam tuas transmisi mobil matic memiliki arti Drive atau jalan. Posisi ini membuat mobil bisa berjalan maju. Dalam posisi ini perpindahan gigi dari 1 sampai gigi tertinggi diatus secara otomatis, sehingga pengemudi hanya perlu menginjak gas dan rem. 

Posisi D sangat cocok digunakan untuk jalan mendatar seperti di perkotaan dan jalan tol.

Arti angka dalam tuas transmisi mobil matic
Angka pada tuas transmisi mengartikan gigi percepatan untuk maju (sama seperti D). Misal angka 3, maksudnya posisi gigi tertinggi pada saat itu dibatasi sampai gigi 3.

Jika di pindah ke angka 2, maka transmisi di stell agar posisi gigi tertingginya ada di gigi 2. Dan L atau 1 membatasi transmisi pada gigi tertinggi di gigi 1.

Kapan harus menggunakan posisi 1 dan 2
Posisi ini biasanya digunakan ketika akan melewati tanjakan, atau akan melewati turunan. Dengan posisi ini maka engine brake akan membantu pengereman.

Arti Shift Lock
Dalam tuas transmisi otomatis juga terdapat tulisan Shift Lock. Shift lock ini berfungsi untuk melepas pengunci tuas transmisi sehingga bisa dipindah ke posisi N saat mesin mati. Dengan begitu mobil bisa di dorong / di tarik pada saat mesin mati.


Gimana sudah paham belum arti huruf pada tuas presneling mobil matic? Jika sudah tetap berhati-hati ya saat belajar menyetir mobil matic. Salam otomotif :).

Belum ada Komentar untuk "Kenali Arti Huruf dan Angka Pada Tuas Presneling Mobil Matic"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Advertisement

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel