5 Fungsi Ring Piston: Disertai Gambar dan Macam-macam Ring Torak

5 Fungsi Ring Piston: Disertai Gambar dan Macam-macam Ring Torak - Salah satu komponen utama mesin adalah piston, sebuah komponen yang bolak-balik di dalam silinder untuk menjalankan siklus kerja mesin. Pada piston ini terdapat 3 macam ring yaitu dua ring kompresi dan 1 ring oli. Kedua-duanya memiliki fungsi sendiri-sendiri, ring kompresi berguna untuk merapatkan kompresi sedangkan ring oli berguna untuk mengatur pelumasan pada piston dan dinding silinder. 

Seringkali kita tidak tahu fungsi utama dari ring piston ini, padahal komponen ini memiliki fungsi yang sangat penting. Untuk itulah memeriksa kondisinya saat pembongkaran sangat diperlukan, selain itu pada saat pemasangan ring ini juga perlu diperhatikan, pasalnya kesalahan pemasangan dapat berakibat fatal bagi performa mesin.

Kali ini bisaotomotif.com tempat belajar otomotif terlengkap akan membahas mengenai fungsi ring piston pada mesin mobil dan motor. Sebelumnya kami juga sudah membahasnya dalam artikel tersendiri, kalian dapat membaca dalam artikel yang berjudul : Fungsi dan Kontruksi Ring Piston.

5 Fungsi Ring Piston Pada Mesin Mobil dan Motor Yang Belum Anda Tahu

Ring Piston
Ring Piston

Ring piston pada mesin mobil dan motor setidaknya memiliki 5 buah fungsi yaitu : 

1. Sebagai perapat antara piston dengan dinding silinder
Piston pastinya membutuhkan celah untuk dirinya bolak-balik dan memberinya ruang ketika terjadi pemuaian. Celah ini jika tidak dirapatkan akan menimbulkan kebocoran terutama pada saat langkah kompresi dan langkah buang, untuk itulah dipasangi sebuah ring piston yang berfungsi sebagai perapat antara piston dan dinding silinder guna mencegah terJadinya kebocoran gas pada saat langkah kompresi dan langkah buang.

2. Mencegah oli masuk ke ruang bakar
Oli merupakan pelumas setiap komponen mesin yang bergerak, termasuk piston dengan dinding silinder ini juga harus terus terlumasi. Namun, ketika piston turun maka sisa-sisa oli di dinding silinder harus dibersihkan. Karena jika tidak maka oli akan ikut terbakar. Sehingga selain sebagai perapat ring piston juga berfungsi untuk mencegah oli masuk ke ruang bakar.

Baca juga : Informasi dan Harga Oli Fastron 10W-40

3. Mengikis kelebihan oli pada dinding silinder
Seperti yang telah disinggung pada nomor 2, bahwa ring piston akan mengikis kelebihan oli pada dinding silinder agar oli tidak ikut terbakar di ruang bakar.

4. Memindahkan panas dari piston ke dinding silinder untuk membantu mendinginkan piston
Panas pada komponen mesin harus didinginkan agar tidak memberi efek buruk bagi performa mesin, sebagian panas pada piston ini akan berpindah ke dinding silinder (blok silinder) melalui ring piston.

5. Membentuk lapisan oli yang tipis pada dinding silinder
Jika nomor 1 - 4 adalah fungsi dari ring kompresi maka yang terakhir ini adalah fungsi dari ring oli yaitu untuk membentuk lapisan oli tipis pada dinding silinder. Lapisan oli ini berfungsi sebagai pelumas antara piston dengan dinding silinder.

Pembentukan lapisan oli ini ketika piston bergerak naik, dan ketika piston turun ring kompresi akan mengikis lapisan oli tersebut.

Macam-macam Ring Piston dan Fungsinya

Gambar Ring Piston
Gambar Ring Piston

Umumnya dalam satu piston terdapat dua macam ring piston yang berjumlah 3, dengan rincian 2 buah merupakan ring kompresi dan 1 buah merupakan ring oli. Apa fungsinya?

Fungsi Ring Kompresi :
- Sebagai perapat antara piston dengan dinding silinder
- Mencegah oli masuk ke ruang bakar
- Mengikis kelebihan oli pada dinding silinder
- Memindahkan panas dari piston ke dinding silinder (membantu mendinginkan piston).

Fungsi Ring Oli : Membentuk lapisan oli yang tipis pada dinding silinder, dengan kata lain memberi pelumasan antara piston dengan dinding silinder.

Selengkapnya di : Fungsi Ring Kompresi dan Ring Oli

Gimana sudah tahu kan sekarang fungsi ring piston dan macam-macamnya. Jangan lupa like dan share artikel ini ke teman-teman kalian yaa.. Terimakasih.

Belum ada Komentar untuk "5 Fungsi Ring Piston: Disertai Gambar dan Macam-macam Ring Torak"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel