Kesalahan Dalam Memasang Busi, Dapat Berakibat Fatal !!

Kesalahan Dalam Memasang Busi, Dapat Berakibat Fatal !! - Busi adalah komponen penting dalam sistem kerja mesin, terutama perannya dalam sistem pengapian yaitu memercikkan bunga api pada akhir langkah kompresi sehingga dapat terjadi langkah usaha.

Karena peran penting tersebut, maka busi harus dipasang dengan tepat. Jika kita lihat buku manual, maka akan terdapat spesifikasi kekencangan busi. Dengan kata lain, memasang busi mengharuskan menggunakan kunci momemt. Atau jika dirasa sudah berpengalaman, maka bisa menggunakan feeling tanpa bantuan kunci momemt.

Kekencangan yang tidak sesuai pada busi dalam berakibat fatal, terlalu kencang tidak bagus, terlalu kendur apalagi. Begitu juga apabila pemasangannya miring. Pemasangan yang terlalu kencang atau miring, dapat membuat alur/drat pada blok rusak. Akibatnya busi tidak dapat kencang maksimal (dol), efeknya bisa pada kebocoran kompresi lhoo.
Busi (Spark Plug)
Busi (Spark Plug)


Begitu juga ketika pemasangan busi terlalu kendur, maka kemungkinan bocornya kompresi akan semakin besar. Pemasangan yang terlalu kendur dapat menimbulkan celah antara busi dan cylinder head, bahkan lama kelamaan akan semakin kendur dan jika tidak diketahui dapat terlepas dengan sendirinya. Jika terlepas tanpa ada serpihan yang masuk kedalam silinder mungkin hanya macet saja, tapi jika menimbulkan pecahan? Bisa membuat pekerjaan baru karena harus turun setengah mesin mengambil serpihan yang masuk tadi.

Selain itu, pemasangan busi yang kendur juga meningkatkan resiko overheating (panas berlebihan), hal ini dapat terjadi karena perpindahan panas yang diterima oleh busi tidak sempurna.

Solusi terbaiknya adalah tindakan preventif, yaitu dengan mengencangkan busi sesuai dengan torsinya. Panduannya dapat dilihat di buku panduan masing-masing. Baca juga : Mengapa Celah Busi Perlu di Stel?

Belum ada Komentar untuk "Kesalahan Dalam Memasang Busi, Dapat Berakibat Fatal !!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel