Cara Menyalakan Motor Matic Semua Tipe Motor: Vario, Beat, Mio, Nmax, Scopy

Cara Menyalakan Motor Matic Semua Tipe Motor: Vario, Beat, Mio, Nmax, Scopy - Bagi sebagian orang yang baru belajar mengendarai sepeda motor, mungkin masih ragu-ragu dalam menyalakan motor.

Apalagi jika semasa belajarnya tidak menggunakan motor matic, melainkan motor bebek yang masih menggunakan presneleng manual. Untuk menyalakan motor matic memang sedikit berbeda, hal tersebut dikarenakan pada motor matic ditambahkan sistem pengaman yang berfungsi untuk mencegah terjadinya keteledoran setiap pengendara.

Sudah tahu kan kalau pada motor matic tidak perlu memasukkan gigi presneling? Maka dari itu, ketika motor matic hidup langsung bisa jalan. Berbeda dengan motor bebek, ketika mesin sudah hidup tapi belum dimasukkan gigi presnelingnya (masih netral) maka motor tidak akan jalan ketika di gas karena di posisi netral.

Beberapa pengaman yang terdapat motor matic memang di desain agar tidak terjadi kecelakaan akibat keteledoran maupun kesalahan manusia. Manusia kan tempatnya salah, lupa dan dosa, wkwk. Jika kalian perhatikan, kecelakaan sering terjadi pada mobil matic saat parkir. Padahal dalam mobil matic sudah terdapat tuas transmisi untuk memposisikan kendaraan dalam kondisi netral, maju atau mundur. Tapi kok yaa masih ada yang teledor.

Jika mobil bisa terjadi, apalagi motor. Coba bayangkan ketika standar masih dibawah, kemudian motor dihidupkan. Apa ngga bahaya? Buat orang dewasa sih ngga bahaya, tapi kalau buat anak kecil yang biasanya berada di atas motor ketika mesin masih hidup, bahaya sekali bukan? 

Anak saudara saya sering menghidupkan motor sendiri, untung saja motor bebek jadi ketika dihidupkan tidak langsung melaju. Kalau matic? Kalau matic selama standar masih jejeg ya ngga bakalan hidup. Anak kecil mana bisa mendirikan motor sendiri tanpa standar.. 

Nah, berikut adalah cara menyalakan motor matic untuk semua tipe motor seperti vario, beat, mio, Nmax, dan Scoopy.

A. Menyalakan Motor dengan Elektrik Starter

Cara Menyalakan Motor Matic
Sumber : Pixabay.com
Untuk menyalakan motor matic terdapat dua cara yaitu dengan elektrik starter dan kick starter (manual/engkol). Yang pertama adalah dengan elektrik starter terlebih dahulu : 

1. Standar samping dinaikkan
Langkah pertama adalah standar di naikkan, jadi motor tidak ditopang lagi oleh standar melainkan oleh kedua kaki kita. Ini syarat pertama. jika standar samping tidak dinaikkan maka mesin tidak mau hidup. 

Jika standar tengah? Jika motor dalam posisi ditopang oleh standar tengah, maka motor matic dapat hidup.

2. Kunci Kontak di On-kan
Langkah kedua adalah memutar kunci kontak hingga ke posisi -ON. Tanpa diputar ke posisi on, sampai bannya meletus juga nggak akan hidup.

3. Tekan rem kanan kiri
Langkah ketiga adalah tekan rem. Pada beberapa kendaraan matic terutama yang terbaru, pengendara diwajibkan untuk menekan rem sebelum menghidupkan motor.

B. Cara Menyalakan Motor Secara Manual (Kick Starter/Di Engkol/Di slah).

Ketika aki motor tekor dan tidak bisa di starter, maka solusi terbaik adalah menyalakan motor matic tersebut secara manual yaitu dengan kick starter, engkol atau ditempat saya namanya "di slah". Bagaimana caranya? Berikut adalah langkah-langkah menyalakan motor matic dengan kick starter :
1. Posisikan kendaraan dengan standar tengah (2)
2. Kunci kontak On-kan
3. Tekan rem dan engkol dengan kaki secara kuat
Nah itu adalah cara untuk menyalakan motor matic semua tipe motor dari mulai vario, beat, mio, nmax dan scopy. Jika ada pertanyaan jangan sungkan ditanyakan disini yaa. Terimakasih.

Belum ada Komentar untuk "Cara Menyalakan Motor Matic Semua Tipe Motor: Vario, Beat, Mio, Nmax, Scopy"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Advertisement

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel