Cara Aman Menyalip Bus dan Truk Besar di Jalan Raya

Cara Aman Menyalip Bus dan Truk Besar di Jalan Raya - Salah satu keadaan yang sering kita alami adalah bertemu dengan bus dan truk, keadaan ini cukup menjengkelkan karena seringkali bus dan truk ini hanya melaju dengan kecepatan yang lambat dan sedang. Padahal posisi kita sedang buru-buru dan ingin cepat sampai tujuan. Belum lagi, ukuran bus dan truk yang besar akan menghalangi pandangan depan kita. Alhasil kita akan merasa bosan dan jenuh karena hanya melihat pantatnya bus atau truknya saja.

Masih belum cukup, akan membuat tambah jengkel ketika berada di tanjakan. Asap hitam akan keluar dari kenalpotnya dan ketika ditanjakan ada rasa was-was takut truknya ngga kuat di jalan menanjak.

Maka dari itu kita perlu menyalipnya, ada beberapa tips atau cara aman dalam menyalip bus dan truk besar di jalan raya. Apa saja tipsnya? Ini nih :
Cara Aman Menyalip Bus dan Truk Besar di Jalan Raya
Cara Aman Menyalip Bus dan Truk Besar di Jalan Raya


1. Pertimbangan awal
Sebelum Anda menyalip bus atau truk ada yang pertama-tama perlu kalian pertimbangkan, apa itu? Anda perlu mempertimbangkan, perlukah anda menyalip? Jawaban bisa Anda pertimbangkan dengan beberapa pertimbangan seperti : masih jauhkah lokasi tujuan Anda? buru-burukah? 

Jika memang tidak perlu menyalip karena sudah hampir sampai, ya lebih baik jangan menyalip. Cukup sabar berada dibelakangnya saja.

2. Kondisi jalan
Idealnya, untuk menyalip dibutuhkan jalan yang rata, lurus dan tidak menanjak. Maka jika Anda berada di posisi jalan berkelok dan menanjak, sebaiknya pertimbangkan untuk menyalip. Apalagi jika di posisi jalan ramai.

3. Kecepatan Bus dan Truk
Kecepatan bus atau truk yang akan disalip dapat menjadi pertimbangan apakah bisa menyalip atau tidak. Jika kecepatannya lambat maka dengan mudah Anda menyalipnya bukan, tapi jika kecepatan sedang atau bahkan tinggi?

4. Perhatikan lawan arus dan belakang
Untuk menyalip, dari lawan arus haruslah sepi atau kosong. Jika jalanan ramai, sebaiknya hindari untuk menyalip. Perhatikan juga belakang mobil Anda, adakah yang juga akan menyalip? Jika mobil belakang anda menyalakan reting kanan, sebaiknya Anda mengalah terlebih dahulu dan biarkan mobil tersebut menyalip duluan.

5. Bunyikan klakson dan lampu reting
Kendaraan yang besar akan sedikit kesulitan dalam memantau kendaraan kecil disekelilingnya, dibagian belakang terutama. Hal tersebut karena spion juga hanya mampu melihat terbatas. Jadi, alangkah baiknya untuk memberikan sinyal kepada sopir dapat membunyikan klakson dan menyalakan lampu riting.

Itu adalah beberapa cara aman dalam menyalip bus dan truk besar di jalan raya. Semoga bermanfaat dan terimakasih banyak.

Belum ada Komentar untuk "Cara Aman Menyalip Bus dan Truk Besar di Jalan Raya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel