Kelebihan Lampu LED Dibandingkan Dengan Lampu Halogen

Kelebihan Lampu LED Dibandingkan Dengan Lampu Halogen - Tidak hanya lampu rumahan saja yang berkembang kearah LED (Lighting Emiting Diode), segala yang berhubungan dengan pencahayaan juga mengarah ke-arah situ. Mulai dari televisi, monitor, lampu motor, lampu mobil dan lampu-lampu lainnya.

LED memang membawa dampak yang baik, konon LED ini memiliki kualitas pencahayaan yang jauh lebih baik dan lebih irit daya. Jika skala rumahan maka konsumsi listrik akan sedikit berkurang apabila menggunakan lampu maupun komponen kelistrikan yang menggunakan LED.

Dalam kaitannya dengan sepeda motor, lampu LED sudah mulai berkembang dan sudah umum digunakan pada lampu-lampu yang terdapat pada motor seperti lampu belakang (rem), lampu depan (utama), lampu riting dan lampu indikator lainnya.

Yang lebih dulu adalah pengaplikasian pada mobil, lampu LED sudah digunakan pada lampu rem, lampu mundur dan lampu kepala. 

Beralihnya banyak produsen kendaraan dan memilih lampu LED ini tidak terlepas karena keunggulannya dibandingkan dengan lampu jenis biasa atau halogen. Keunggulan dari lampu LED ini juga yang banyak menggerakkan pemilik sepeda motor dan mobil untuk mengganti lampu kendaraan mereka dengan lampu LED.

Kelebihan Lampu LED
Kelebihan Lampu LED
Lalu sebenarnya apa sih kelebihan lampu LED ini dibandingkan dengan lampu jenis halogen? Berikut ini bisaotomotif.com telah merangkumnya :

1. Lebih Awet
Lampu LED memerlukan daya listrik yang relatif kecil, panas yang dihasilkan juga semakin kecil. Sementara itu, musuh dari komponen kelistrikan adalah panas. Untuk itulah, dengan daya yang kecil dan panas yang dihasilkan relatif kecil maka lampu LED lebih awet dan tahan lama.

Berbeda dengan lampu Halogen yang membutuhkan daya yang besar dan menghasilkan panas yang lumayan banyak. Terkadang jika lampu dihidupkan dalam waktu yang lama, akan menghitamkan bahkan melelehkan reflektor.

2. Minim Perawatan
Lampu LED memiliki usia pakai yang lebih awet dan tahan lama, sangat jarang headlamp LED diganti. Apalagi lampu LED biasanya diaplikasikan pada arus kelistrikan full DC dengan arus listrik yang stabil, sehingga tidak mudah putus. Berbeda dengan lampu bohlamp halogen yang sering mengalami putus dan tidak jarang hanya putus salah satu. Seperti motor saya nih, yang putus hanya lampu dekatnya saja, sementara lampu jauhnya masih normal dan dapat dihidupkan.

3. Sinar Lebih Terang
Walaupun konsumsi daya yang dibutuhkan lebih kecil, bukan berarti sinar yang dihasilkan tidak lebih terang. Justru sebaliknya, lampu LED mampu menghasilkan sinar yang lebih terang. Itu dikarenakan lampu LED sudah menggunakan arus DC (direct current) sehingga menjadi lebih terang dan stabil.






4. Sinar Lebih Fokus
Tidak hanya lebih terang, lampu LED juga didesain memiliki cahaya yang lebih fokus, tidak menyebar ke-atas maupun kebawah.


Itu adalah beberapa kelebihan lampu LED yang dibandingkan dengan lampu halogen. Hanya saja dari segi harga, lampu LED ini memiliki harga yang agak mahalan sedikit. 

Belum ada Komentar untuk "Kelebihan Lampu LED Dibandingkan Dengan Lampu Halogen"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel