Ini Jenis Kacamata Yang Aman Dipakai Mengemudi

Ini Jenis Kacamata Yang Aman Dipakai Mengemudi - Memakai kacamata saat mengemudi menjadi alternatif pilhan bagi sebagian pengemudi, terutama sopir-sopir taksi, grab car atau sopir angkutan umum yang tidak ingin lirikan matanya diketahui oleh para penumpang.

Tapi juga banyak sih pengemudi mobil pribadi yang pakai kacamata, terutama wanita. Memakai kacamata saat mengemudi memang menguntungkan, terutama apabila berangkat pagi atau pulang sore namun arah jalannya berhadapat dengan matahari. "Silau", yaa. Kacamata akan membantu pengemudi agar tidak silau ketika berhadapan dengan sinar matahari.

Namun, penggunaan beberapa jenis kacamata tidak disarankan untuk pengemudi. Terutama dalam hal warna kaca atau lensa yang mampu mempengaruhi spektrum, kontras dan warna yang diterima oleh pengemudi. Padahal, warna saat mengemudi menjadi sangat penting. 

Selain itu, penggunaan kacamata dalam jangka waktu yang lama apabila warna lensanya tidak tepat bisa-bisa membuat mata cepat lelah dan cepat mengantuk.

Ada beberapa tips dari bisaotomotif.com dalam memilih kacamata agar tetap aman, namun tetap bisa bergaya ketika mengemudi dan melindungi dari silaunya cahanya matahari.

Tips memilih kacamata untuk mengemudi

Tips Memilih Kacamata untuk Mengemudi
Tips Memilih Kacamata untuk Mengemudi
1. Ukuran
Faktor yang pertama yang perlu diperhatikan adalah ukuran kacamata, pilihlah ukuran yang sedang dan tidak terlalu besar. Ukuran yang terlalu besar bisa-bisa malah mengganggu pandangan mata, terutama dari segi bingkainya.

2. Warna Lensa
Banyak pilihan warna pada lensa kacamata, mulai dari hitam, abu-abu, coklat, biru, kuning tua, hijau dan bening. Warna lensa ini akan sangat mempengaruhi warna yang diterima oleh mata, warna juga bisa membuat mata cepat lelah dan mengantuk. 

Lensa berwarna cerah seperti hijau, biru, merah dan pink sebaiknya dihindari. Lebih baik pilih lensa berwarna hitam, abu-abu dan coklat kekuningan yang dapat meningkatkan kontras.

3. Kepadatan Warna
Kepadatan warna dalam kacamata dipakai skala dari 0-4, skala 0 menandakan kepadatan warna dalam lensa kecil (sangat bening). Sebaliknya kepadatan warna skala 4 berarti semakin gelap. Semakin gelap tentu saja mata akan semakin bekerja keras dalam menangkap cahaya, sehingga dapat menyebabkan kurang konsentrasi, mata cepat lelah dan mengantuk.

Hindari juga memakai kacamata dengan kepadatan skala 4 di malam hari, karena sangat berbahaya yaa.

4. Jenis Kacamata
Jenis kacamata yang paling dianjurkan adalah sunglass yang memiliki gradiasi warna. Biasanya dibagian bawah lensa memiliki kepadatan warna yang semakin sedikit. Jenis kacamata ini akan optimal saat terik, namun tetap bisa digunakan ketika cahaya normal.

Jenis kedua adalah sunglass terpolarisasi yang aman digunakan untuk menghalau sinar matahari, bahkan juga cukup baik digunakan pada saat berkabut karena mampu meningkatkan kontras dan mempertajam detail objek yang diterima oleh mata.


Nah itu adalah beberapa tips memilih jenis kacamata yang aman dipakai untuk mengemudi. Jangan lupa share artikel ini ke teman-teman kalian yaa. Terimakasih.

Belum ada Komentar untuk "Ini Jenis Kacamata Yang Aman Dipakai Mengemudi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel