Apakah Motor Dengan Ban Dalam Lebih Rawan Bocor?

Apakah Motor Dengan Ban Dalam Lebih Rawan Bocor? - Ban menjadi salah satu faktor penting yang harus diperhatikan oleh setiap pengendara, terutama apabila kendaraan dipakai setiap hari atau akan digunakan untuk jarak yang jauh.

Umumnya terdapat dua jenis ban yang dipakai, yaitu ban dengan ban dalam dan ban tubeless (tanpa ban dalam). Kedua-duanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, ban dengan ban dalam cenderung lebih murah daripada ban tubeless, namun dari segi keamanannya ban tubeless lebih aman terutama ketika terjadi kebocoran.

Ban biasa ketika terkena paku, maka akan langsung kempes. Sedangkan ban tubeless dapat bertahan sebentar, minimal sampai ketemu bengkel tambal ban tubeless.

Lalu pertanyaannya, apakah motor dengan ban dalam lebih rawan bocor?
Ban dalam - Sumber : pridesonline.wordpress.com
Ban dalam - Sumber : pridesonline.wordpress.com
Jawabannya adalah tergantung dari pemakaian, bocor paling banyak disebabkan oleh adanya benda tajam yang melukai ban seperti paku, pines, serpihan besi, jarum dll. Hanya saja, ban tubeless lebih tahan ketika terjadi kebocoran.

Selain karena adanya benda tajam dari luar, kebocoran juga bisa disebabkan karena kelalian pengendara. Sifat acuh pada ban yang kempes dan memaksakan untuk di pakai akan membuat ban dalam semakin cepat robek, apalagi jika menanggung beban yang sangat berat.

Maka dari itu, sebaiknya setiap pengendara memperhatikan tekanan angin ban. Jangan sampai tekanan angin ban terlalu rendah ataupun terlalu tinggi.

Kemudian jika ban dalam itu sudah ditambal sebelumnya, perhitungkan untuk diganti. Jangan sampai melebihi dari 3 tempat yang ditambal. Ketika sudah pernah 3 kali tambal (3 tempat), sebaiknya ban dalam diganti dengan yang baru agar aman dan tidak membahayakan.

Selanjutnya, kondisi ban luar juga mempengaruhi. Ban luar yang sudah gundul akan dengan sangat mudah tertancap benda-benda tajam yang terdapat di jalan. Jadi, ban luarnya juga perlu diperhatikan yaa.

Belum ada Komentar untuk "Apakah Motor Dengan Ban Dalam Lebih Rawan Bocor?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Advertisement

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel