Apa Akibatnya Jika Rantai Tidak Diberi Pelumas?

Apa Akibatnya Jika Rantai Tidak Diberi Pelumas? - Bagi kendaraan bermotor khususnya motor bebek bukan matic, rantai menjadi salah satu komponen yang vital untuk selalu dilakukan perawatan dan penggantian.

Seringkali rantai ini menimbulkan masalah baru, mulai dari masalah yang paling ringan seperti bunyi berisik sampai masalah berat seperti rantai sering loss dan rantai putus.

Tentu hal tersebut akan menganggu sekali yaa, agar itu semua tidak terjadi maka rantai perlu dilakukan perawatan rutin. Salah satu bentuk perawatan rutinnya adalah memberikan rantai dengan pelumas.

Jadi rantai wajib diberi pelumas yaa? 

Yaa, rantai wajib diberi pelumas. Benda yang bergesekan, apalagi terbuat dari besi sangat membutuhkan pelumas agar tidak terjadi keausan pada komponen tersebut.

Jadi apa akibatnya jika rantai tidak diberi pelumas?

Pelumas berfungsi untuk melumasi dan mengurangi gesekan yang timbul dari dua buah benda, ketika motor berjalan maka rantai akan bergerak. Setiap komponen dalam rantai akan bergerak dan bergesekan, ditambah juga bergesekan dengan roda giginya.
Apa Akibatnya Jika Rantai Tidak Diberi Pelumas?
Apa Akibatnya Jika Rantai Tidak Diberi Pelumas?
Jika rantai tidak diberi pelumas maka akan membuat rantai kering, cepat aus dan timbul suara berisik. Dengan kata lain rantai akan cepat rusak karena cepat aus, kerusakan yang bisa terjadi antara lain rantai cepat molor (kendor) bahkan berpotensi putus.

Tentu tidak mau kan rantai putus di tengah jalan? Pasti akan membuat repot dan menganggu kegiatan kita yaa.. Maka dari itu, sebaiknya rantai dirawat dengan secara rutin memberinya pelumas. Perlu juga mengatur ketegangan rantai agar tidak kendor dan berpotensi lepas (loss).

Belum ada Komentar untuk "Apa Akibatnya Jika Rantai Tidak Diberi Pelumas?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Advertisement

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel