Penyebab Asap Kenalpot Hitam Pada Mobil Diesel + Cara Mengatasinya

Penyebab Asap Kenalpot Hitam Pada Mobil Diesel + Cara Mengatasinya -  Karakteristik mobil diesel dengan mobil bensin memang sedikit berbeda, karena keduanya memilki perbedaan dari segi bahan bakar yang digunakan. Bahan bakar bensin lebih mudah terbakar, sementara bahan bakar lebih sulit untuk itulah pada mobil diesel diperlukan tekanan kompresi yang besar agar solar dapat terbakar dengan sempurna.

Pembakaran yang tidak sempurna pada mesin diesel akan menghasilkan asap yang abnormal pada knalpot, ketika diperiksa menggunakan smoke tester untuk mengetes emisi gas buang mesin diesel bisa-bisa tidak lolos uji karena kada polusi melebihi dari batas yang diijinkan.

Salah satu indikasi adanya ketidak normalan dalam pembakaran mesin diesel adalah asap knalpot hitam. Asap knalpot ini indikasi bahwa pembakaran di dalam mesin tidak dapat sempurna, dapat disebabkan oleh sistem pemasukan, sistem bahan bakar, atau komponen mesin yang secara langsung berhubungan dengan pembakaran.

Bisaotomotif.com telah merangkum beberapa penyebab asap knalpot hitam dan disertai dengan cara mengatasinya. Berikut ini adalah rangkumannya :

Penyebab Asap Kenalpot Hitam Pada Mobil Diesel + Cara Mengatasinya

Penyebab Asap Knalpot Mesin Diesel Hitam
Penyebab Asap Knalpot Mesin Diesel Hitam

1. Saringan udara kotor
Saringan atau filter udara kotor akan menghambat udara yang akan masuk ke dalam ruang bakar, sehingga jumlahnya tidak sebanding dengan solar yang disemprotakn oleh nozle. Dalam hal ini jumla udara lebih sedikit (campuran gemuk), sehingga solar tidak terbakar seluruhnya yang membuat asapnya menjadi hitam. Kapan sebaiknya filter udara diganti?

Cara mengatasinya : Bersihkan filter udara atau ganti filter udara jika sudah terlalu kotor.

2. Injektor nozle rusak (bentuk penyemprotan nozle injector tidak bagus)
Pengkabutan yang dilakukan oleh injector sangat mempengaruhi pembakaran, semakin baik kinerja injector maka akan semakin baik kualitas pembakaran yang dihasilkan. Sebaliknya, jika injector gagal dalam mengkabutkan bahan bakar maka akan terjadi pembakaran yang tidak sempurna. Pengkabutan yang gagal ini dapat berupa tetesan atau bahan bakar tidak terpecah-pecah secara sempurna. Akibatnya solar tidak dapat bercampur dengan udara secara sempurna, tentu akan membuat bahan bakar tidak terbakar sempurna dan asap akan hitam.

Cara mengatasinya : Periksa tekanan injeksi, bentuk penyemprotan dan tetesan pada injector.

3. Saat penyemprotan terlambat (tidak tepat)
Setiap jenis bahan bakar membutuhkan waktu untuk terbakar, ketika terjadi keterlambatan penyemprotan maka waktu pembakaran menjadi lebih singkat. Akibatnya, solar belum terbakar seluruhnya sudah disusul dengan langkah buang. Sehingga akan menghasilkan asap berwarna hitam akibat pembakaran yang tidak sempurna.

Cara mengatasinya : stell saat penyemprotan mesin diesel.

4. Tekanan turbo charger kurang
Turbo charger akan membantu melakukan pengisiann udara, ketika turbo charger mengalami kerusakan seperti kurangnya tekanan pengisian yang berakibat kurangnya suply udara ke ruang bakar. Seperti kasus yang pertama ketika terjadi hambatan pada filter udara. Akan terjadi pembakaran tidak sempurna dan asap akan menghitam.

Cara mengatasinya : cek kerja turbocharger.

5. Knalpot/Saluran gas buang tersumbat
Pada mobil yang dilengkapi dengan turbocharger, aliran pada gas buang menjadi sumber tenaga bagi turbocharger. Ketika salurannya tersumbat, maka turbocharger juga tidak bekerja semestinya. Asap pun akan menjadi hitam.

Cara mengatasinya : Periksa dan bersihkan knalpot

6.    Volume penyemprotan tidak sesuai (terlalu banyak)
Volume penyemprotan diatur oleh governor, penambahan volume ini sangat diperlukan untuk menambah daya motor seperti pada saat di tanjakan. Tapi, jika penambahan volume terlalu banyak maka hanya akan membuat bahan bakar tidak terbakar seluruhnya, dan menghasilkan asap yang hitam.

Cara mengatasinya : Stel volume penyemprotan pada pompa injeksi !

Demikian penyebab asap knalpot hitam pada mobil diesel + cara mengatasinya, semoga bermanfaat dan terimakasih.

Belum ada Komentar untuk "Penyebab Asap Kenalpot Hitam Pada Mobil Diesel + Cara Mengatasinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Advertisement

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel