Cara Tes Emisi Gas Buang Mobil Diesel dengan Pompa Pengetes Gas Buang

Cara Tes Emisi Gas Buang Mobil Diesel - Tidak hanya mesin bensin yang bisa dilakukan pengetesan emisi gas buang. Mobil yang menggunakan mesin diesel pun bisa dilakukan pengetesan, karena pada dasarnya setiap negara memiliki standarisasi tingkat polusi yang diperbolehkan pada suatu kendaraan baik itu untuk motor bensin maupun motor diesel.

Motor bensin pun nanti masih dibagi menjadi dua yaitu motor 2 tak dan motor 4 tak. Masing-masing jenis memiiliki spesifikasi yang berbeda-beda, bahkan jenis sistem bahan bakarnya juga mempengaruhi. Tapi fokus kita adalah pengetesan emisi gas buang pada mobil diesel. Kira-kira seperti apa ya pengetesannya? Saya menggunakan acuan dari VEDC Malang untuk memudahkan dalam penjelasan. Mungkin saja berbeda sedikit, tergantung dari alat yang digunakan.

Berikut ini adalah langkah-langkah dalam melakukan tes emisi gas buang mobil diesel. Tapi sebelumnya SUBCRIBE channel YouTube saya dulu yaa untuk mendukung saya agar terus berkreasi membuat konten-konten otomotif penuh manfaat lainnya, terimakasih buat kalian yang sudah membantu kami.

Alat yang digunakan untuk mengetes emisi gas buang adalah smoke tester atau alat uji emisi gas analyser untuk mesin diesel. Biasanya systemnya menggunakan kertas khusus untuk mengukur seberapa pekat asap yang dihasilkan oleh mesin diesel tersebut.  Hanya saja dalam artikel ini hanya dijelaskan alat pengukur tes emisi gas buang dengan pompa pengetes gas buang (yang bukan elektrik).

Alat uji emisi gas buang mobil diesel
sumber : www.tokootomotif.com

Langkah-langkah Tes Emisi Gas Buang Mobil Diesel

Sebelum melakukan uji tes emisi gas buang mobil diesel, ada yang perlu diperhatikan terlebih dahulu agar hasilnya akurat dan tepat. Beberapa hal yang perlu diperhatikan antara lain :
a. Saat pengetesan dilakukan, mobil harus pada temperatur kerja.
b. Elemen saringan udara sudah dibersihkan/ diganti baru.
c. Gerakan maksimal pedal gas harus menghasilkan gerak maksimum pada rak kontrol pompa injeksi (tidak ada kerusakan/trouble pada pompa injeksi yang bersifat teknis).
d. Sebelum tes, injak 3 kali pedal gas sampai mesin mencapai putara maksimum.

Setelah itu dapat mengikuti langkah-langkah pengetesan emisi gas buang mesin diesel berikut ini :
1. Hidupkan alat pengetes gas buang, dan pasang ujung selang alat pengetes dan diklem pada ujung knalpot agar tidak terlepas saat pengujian nanti.
Cara cek emisi gas buang mesin diesel
Cara cek emisi gas buang mesin diesel

2. Hidupkan mesin
3. Tekan bola karet sampai tuas pompa bergerak ke atas sambil menekan pedal gas maksimum (penekanan pedal gas dihentikan bila tuas pompa tidak naik lagi).
4. Tekan tuas pompa kembali ke bawah sampai tuas tidak bergerak lagi.
5. Keluarkan kertas bekas penekanan gas buang dari pompa. Lakukan pengetesan dua kali lagi, agar diperoleh hasil kekotoran gas buang yang rata-rata pada kertas.
6. Cocokkan hasil kekotoran gas buang pada kertas dengan daftar evaluasi kekotoran gas buang7. 

Supaya tingkat kekotoran gas buang pada kertas dapat dinyatakan dalam angka yang pasti, gunakan tester evaluasi elektronik !

Dalam artikel selanjutnya akan kami beri analisa terkait gas buang pada mesin diesel, mulai dari ketika asap hitam apa penyebabnya, asap putih dll. Demikian saja artikel tentang Cara Tes Emisi Gas Buang Mobil Diesel dengan Pompa Pengetes Gas Buang. Semoga bermanfaat dan terimakasih.

Belum ada Komentar untuk "Cara Tes Emisi Gas Buang Mobil Diesel dengan Pompa Pengetes Gas Buang"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel