Analisa Gas Buang Berwarna Putih Pada Mesin Diesel

Analisa Gas Buang Berwarna Putih Pada Mesin Diesel - Gas buang pada mesin diesel lebih sering berwarna hitam pekat, terutama pada bus atau truk yang sedang akselerasi. Paling jengkel jika kita pakai motor dan berada di belakangnya, mau menyalip gak bisa tapi kalau dibelakangnya terus juga kasihan nih mata.

Asap yang hitam pada mesin diesel disebabkan oleh kegagalan dalam pembakaran yang disebakan oleh terlalu banyaknya bahan bakar (boros), dengan kata lain solar tidak terbakar seluruhnya. Selengkapnya sudah saya bahas dalama artikel yang berjudul : Penyebab Asap Mobil Hitam pada Mobil Diesel

Baik asap yang hitam maupun asap putih, keduanya disebabkan oleh pembakaran yang tidak sempurna. Jika asap hitam lebih disebabkan karena banyaknya bahan bakar (campuran boros), sementara asap putih lebih ke pembakarannya. Campuran munkin normal, tapi karena kerusakan seperti tekanan kompresi yang terlalu rendah, suhu mesin masih dinggin membuat asap knalpot yang keluar berwarna putih.

Dan bisa saja mesin diesel mengalami hal yang bersamaan, kadang asapnya putih tapi terkadang juga berwarna hitam. Yang pasti baik itu asap putih maupun asap hitam, mengindikasikan adanya ketidak normalan pada mobil Anda.

Analisa Gas Buang Berwarna Putih Pada Mesin Diesel

Asap Putih pada Mesin Diesel
Asap Putih pada Mesin Diesel
Seperti yang terangkum dalam dokumen VEDC Malang, disebutkan bahwa beberapa penyebab asap gas buang berwarna putih pada mesin diesel adalah :

1.  Tekanan kompresi rendah
Dalam mesin diesel terdapat busi yang berfungsi menghasilkan api, pada mesin diesel hanya mengandalak tekanan kompresi yang tinggi untuk menghasilkan panas yang ketika disemprotkan bahan bakar akan terjadi pembakaran. Ketika tekanan kompresi yang dihasilkan rendah, maka akan membuat udara dan bahan bakar tidak terbakar sempurna sehingga menghasilkan warna putih.

2. Suhu mesin rendah (motor belum panas)
Suhu yang masih dingin (rendah) akan membuat panas yang dihasilkan pada saat kompresi tidak maksimal dalam membakar campuran udara dan solar.

3. Saat penyemprotan terlalu awal
Penyemprotan terlalu awal akan membuat udara belum terkompresi secara maksimal (panas yang dihasilkan belum maksimal) tapi sudah disemprotkan solar. Sehingga terjadi pembakaran yang tidak sempurna yang membuat asap berwarna putih.

4. Ada air pendingin yang masuk ke dalam silinder (melalui paking kepala silinder, atau retak)
Air yang terbakar akan menghasilkan asap putih. Air ini bisa masuk kedalam ruang bakar ketika terjadi kerusakan pada gasket (perpak) kepala silinder, bisa juga karena kepala silinder yang mulai melengkung.

5. Oli yang masuk ke dalam silinder
Seperti kasus yang sama pada mesin bensin, oli pada mesin diesel juga dapat masuk ke dalam ruang bakar. Dan sama-sama akan menghasilkan warna putih + bau oli yang terbakar. Penyebabnya antara lain packing kepala silinder rusak, retak, kepala silinder melengkung atau katup yang sudah tidak rapat. Bisa juga melalui ring piston yang aus. 

Nah itu adalah beberapa analisa gas buang berwarna putih pada mesin diesel. Jika ada kiritk dan saran kami sangat menerimanya dengan senang hati.

Belum ada Komentar untuk "Analisa Gas Buang Berwarna Putih Pada Mesin Diesel"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel