Yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Membeli Mobil Keluarga

Yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Membeli Mobil Keluarga - Mempunyai sebuah mobil keluarga merupakan dambaan setiap keluarga, dengan adanya mobil teraebut tentu akan memudahkan pada saat akan bepergian bersama-sama, seperti pada saat liburan, mudik atau hanya untuk sekedar makan bersama keluarga. Dengan mobil juga akan terasa nyaman saat berkendara, saat panas tidak kepanasan dan saat hujan juga tidak kehujanan.

Memiliki mobil keluarga juga memberikan kebanggaan tersendiri, karena secara tidak langsung akan meningkatkan strata sosial di masyarakat. "Wah, hebat yaa sudah bisa punya mobil sendiri.".

Mobil keluarga atau yang sering disebut sebagai mobil multifungsi (MPV = Multi Puropose Vehicle) merupakan mobil penumpang yang biasanya memiliki kapasitas 7 penumpang, dengan bagasi di belakanya. Mobil MPV di desain sedemikian rupa agar nyaman dan aman untuk leluarga di medan perkotaan, mobil ini juga memiliki konsumsi bahan bakar yang terbilang ekonomis. 

Saat ini mobil keluarga berjenis MPV telah mendominasi pasar otomotif di Indonesia, terbukti dengan jumlah penjualan yang paling tinggi dan selalu mengalami peningkatan setiap tahunnya. Kebanyakan konsumen memilih mobil ini karena mampu untuk mengangkut lebih banyak. Dari segi luas kabin juga lebih besar, dan masih di tambah bagasi di bagian belakangnya.

Persaingan di pasar mobil MPV begitu pesat, mengingat permintaannya yang sangat besar. Para produsen mobil berpacu dan berinovasi terkait dengan model, desain sampai fasilitasnya, mereka juga bermain harga untuk merebut pangsa pasar dan memenangkan persaingan di pasar mobil MPV di Indonesia.

Banyaknya pilihan mobil keluarga yang ada di pasaran, membuat konsumen harus benar-benar mempertimbangkan beberapa hal berikut ini, agar nantinya tidak terjadi kekecewaan atai ketidaksesuaian dengan harapan sebelumnya. Apalagi harga mobil yang relatif lebih mahal, maka harus benar-benar cermat dan teliti. Simplenya sih, membeli mobil tidak sesimple membeli gorengan 😂.

Lalu hal-hal apa saja yang perlu dipertimbangkan sebelum membeli mobil keluarga? Ikuti tipsnya dibawah ini :

Yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Membeli Mobil Keluarga
Yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Membeli Mobil Keluarga
1. Perhitungkan Jumlah Tempat Duduk
Hal pertama yang perlu dipertimbangkah jumlah tempat duduk, hal yang paling khas dari mobil keluarga adalah jumlah tempat duduknya yang banyak dan mampu menampung semua anggota keluarga, ditambah dengan adanya bagasi di bagian belakang untuk menarung barang-barang yang diperlukan.

Sebelum menentukan mobil apa yang akan kalian beli perhitungkanlah jumlah tempat duduk yang ditawarkan, pastikan di sesuaikan dengan jumlah anggota keluarga kalian. Masukkan juga orang tua atau mertua kedalam list jika memang mereka akan sering diajak untuk berpergian.
Untuk kalian pahami, pada dasarnya mobil dengan kapasitas 4 tempat duduk, cocok untuk keluarga dengan dua orang anak dan maksimal 3 oran anak kecil-kecil.

Sementara untuk MPV seperti avanza, xenia, ertiga, x-pander mampu menampung keluarga yang memiliki anggota banyak dengan jumlah penumpang 6-7 orang tidak termasuk sopir.

2. Tentukan Kapasitas Mesin Mobil
Kapasitas mesin akan menentukan seberapa tenaga yang akan dihasilkan, berhubungan juga dengan seberapa banyak konsumsi bahan bakar yang dibutuhkan.

Semakin besar kapasitas mesinnya, akan semakin besar pula power yang dapat dihasilkan, begitu juga akan semakin besar konsumsi bahan bakarnya (semakin boros).

Ada beberapa pilihan mobil keluarga dengan kapasitas yang berbeda yang bisa kalian beli, diantaranya 1000 cc, 1100cc, 1300cc dan 1500cc.

Anda dapat mempertimbangkan medan jalan, jumlah anggota dan kebutuhan. Yang pasti, semua orang pengen mobil yang bagus, prima dan bertenaga.

3. Manual atau Otomatis?
Ada dua jenis sistem transmisi yang dapat kalian pilih yaitu manual dan otomatis, pada transmisi manual kalian harus memindah secara manual untuk menambah percepatan, setiap kali pindah kecepatan harus dibarengi dengan menginjak pedal kopling. Sementara pada mobil matic, tinggal merubah posisi tuas dan injak pedal gas.

Dari segi pengoperasian tentu saja lebih mudah mobil matic, apalagi jika berada di perkotaan yang seringkali mengalami kemacetan. Tentu akan lebih nyaman mobil yang matic. Hanya saja moil matic harganya lebih mahal daripada mobil dengan transmisi manual.

Tapi juga selera sih menurut saya, ada yang nyaman dengan mobil manual dan ada pula yang nyaman dengan mobil matic. Keputusan ada di Anda, tinggal diperhitungkan saja dengan kebutuhan dan finansial yang dimiliki.

4. Konsumsi bahan bakar juga perlu diperhatikan lhoo !
Konsumsi bahan bakar juga perlu kalian perhatikan karena ini menyangkut biaya operasional setiap kamu memakai mobil, jika kamu berada di perkotaan dan menggunakan mobil untuk kebutuhan sehari-hari maka lebih baik memilih mobil dengan cc kecil dan irit bahan bakar. Dengan begitu pengeluaran tiap bulanmu tidak akan membengkak, tapi jika mobil dibutuhkan untuk kebutuhan berat dan memerlukan tenaga yang besar, maka pertimbangan konsumsi bahan bakar dapat kalian hiraukan terlebih dahulu.

5. Perhatikan Fitur Keselamatan Kendaraan 
Salah satu bagian terpenting dalam kendaraan adalah fitur-fitur keselamatan, fitur ini berguna untuk menunjang keselamatan penumpang saat berkendara maupun pada saat terjadi kecelakaan. Fitur yang berguna pada saat berkendara misalnya rem ABS, dengan ABS ini maka rem tidak mengunci yang menyebabkan terjadinya selip. Sedangkan Air Bag sebagai alat pengaman ketika terjadi kecelakaan, Air Bag ini akan mengembang ketika terjadi benturan yang keras.

Fitur-fitur keselamatan lainnya antara lain sensor parkir dan kamera belakang yang berfungsi untuk mencegah dan memantau bagian belakang kendaraan pada saat parkir agar tidak kebablasan dan menabrak.

Rata-rata kendaraan sekelas MPV seperti Avanza sudah dilengkapi dengan air bag. Hanya saja pada beberapa tipe berbeda jumlah air bagnya, pada kelas terbawah air bag hanya tersedia pada kursi pengemudi saja. Sementara untuk mobil kelas atas air bag mungkin tersedia di semua kursi penumpang.

Untuk mobil-mobil LCGC (Low Cost Green Car) sebagian malah belum ada air bagnya. Yang perlu kalian pertimbangkan adalah fitur keselamatan dibandingkan dengan harganya, semakin banyak fitur keselamatannya tentu harganya akan semakin mahal.

Baca juga : Kini ada fitur Air Bag dalam Mobil Datsun GO

6. Perhatikan Kenyamanan
Sebelum membeli sebuah mobil, cobalah untuk test drive secara langsung dan rasakan kenyamanan yang didapat. Kenyamanan di dalam mobil dipengaruhi oleh AC, Jok, suspensi sampai poisi saat nyetir.

7. Pertimbangkan Harga Jual Mobil Bekas
Ketika suatu saat kalian sudah bosan dengan mobil yang kalian miliki, dan ingin berganti dengan yang baru maka pilihan terbaiknya adalah menjualnya. Kalian dapat mempertimbangkan dari awal, apakah mobil yang akan kalian beli ini untuk jangka panjang atau untuk jangka pendek, jika untuk jangka pendek maka harga jual bekas sangat penting untuk kalian pertimbangkan.

Selain harga jual, juga seberapa mudah moil tersebut terjual. Pada umumnya semaki umum dan merek dikenal oleh masyarakat maka akan semakin mudah. Merek-merek terkenal seperti Toyota, Mitsubishi, Daihatsu relatif lebih stabil harga jual mobil bekasnya.

Baca juga : Harga Mobil Bekas Toyota Avanza dari Tahun Ke Tahun

8. Perhitungkan Biaya Perawatan
Masing-masing mobil memiliki karakteristik yang berbeda-beda, termasuk dalam hal komponen mana yang paling sering mengalami kerusakan. Ditambah lagi, susah atau mudahnya mendapatkan sparepart menjadi penentu mahal tidaknya suatu komponen mesin.

Pilihlah mobil yang memiliki sparepart yang mudah di dapat, sehingga harganya stabil dan relatif lebih murah. Mobil-mobil jepasng seperti avanza, xenia, xpander relatif lebih mudah perawatannya dan harga sparepartnya pun relatif lebih murah.

9. Lakukan Test Drive
Sebelum memutuskan membeli mobil, test drive juga perlu lho. Untuk memastikan apakah benar-benar nyaman mobilnya atau tidak, masing-masing orang mungkin memiliki pertimbangan yang berbeda-beda, ada yang mengedepankan merek, mengedepankan model, warna, bentuk, kenyamanan dll.

Tapi yang paling penting adalah test drive dan mencoba langsung, jika kalian merasa nyaman saat mengendarai mobil tersebut maka bisa tuh dijadikan koleksi, ha hi hi.

Nah, itu adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli mobil keluarga. Semoga dapat bermanfaat dan terimakasih banyak.

0 Response to "Yang Perlu Dipertimbangkan Sebelum Membeli Mobil Keluarga"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Advertisement

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel