Mengapa Diperlukan Pengajuan Penyemprotan Pada Mesin Diesel?

Kenapa Diperlukan Pengajuan Penyemprotan Pada Mesin Diesel? - Salah satu bagian terpenting dalam sistem bahan bakar mesin diesel adalah pompa injeksi (injection pump), komponen ini berfungsi untuk memompa bahan bakar dengan tekanan tinggi, membaginya ke masing-masing silinder sesuai dengan urutan penyemprotan.

Pada perbedaan mendasar mesin diesel dan mesin bensin, diketahui bahwa waktu pembakaran pada mesin diesel dimulai pada saat busi memercikkan bunga api, sementara pada mesin diesel dimulai ketika nozle injector menyemprotkan bahan bakarnya ke dalam ruang bakar.

Pompa injeksi akan langsung membaginya, dan dengan mekanisme yang ada maka akan terbagi secara otomatis ke masing-masing silinder sesuai dengan urutan penyemprotan.

Tidak hanya pada mesin bensin yang waktu pengapiannya perlu dimajukan untuk mengimbangi kecepatan putaran mesin, pada mesin diesel pun juga ada yaitu pada pompa injeksi dilengkapi dengan advans sentrifugal.

Bagi kalangan pelajar yang suka berfikir kedepan, sering bertanya-tanya mengapa sih waktu penyemprotan pada mesin diesel juga perlu dimajukan?? Jawabannya adalah dengan alasan yang sama seperti pada mesin bensin. Baca juga : Komponen Sistem Bahan Bakar Mesin Diesel

Kenapa Diperlukan Pengajuan Penyemprotan Pada Mesin Diesel?
Karena waktu mulai saat penyemprotan sampai mulai saat pembakaran tetap sama ( kurang lebih 1 milli detik ) supaya tekanan pembakaran tetap dekat sesudah TMA, maka saat penyemprotan harus disesuaikan dengan putaran mesin.
Pengajuan Penyemprotan Pada Mesin Diesel
Pengajuan Penyemprotan Pada Mesin Diesel
Dari gambar di atas, terlihat ada dua kondisi yaitu pada putaran rendah dan putaran tinggi. Digambarkan, saat penyemprotan sampai saat pembakaran kurang lebih 1 milli second. Kita dapat memahaminya dengan membayangkan, pada putaran rendah dalam waktu 1 ms kira-kira akan terbentuk sudut kecil seperti pada gambar di atas.

Tapi pada kecepatan tinggi (karena putarannya cepat), maka 1 ms akan digambarkan sudut seperti pada gambar diatas sisi kanan.
Putaran semakin tinggi > saat penyemprotan semakin awal

Baca : Proses Pembakaran Pada Mesin Diesel

Kesimpulannya :
Saat penyemprotan diperlukan untuk mengimbangi kecepatan mesin yang relatif lebih cepat, sementara waktu penyemprotan sampai pembakaran relatif sama. Sehingga perlu dimajukan, agar puncak usaha terjadi beberapa saat setelah TMA, sehingga di dapat tenaga yang maksimal (optimal).
 Sumber referensi + gambar : VEDC Malang

Belum ada Komentar untuk "Mengapa Diperlukan Pengajuan Penyemprotan Pada Mesin Diesel?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel