Kontruksi dan Cara Kerja Advans Sentrifugal Pada Mesin Diesel

Kontruksi dan Cara Advans Sentrifugal Pada Mesin Diesel - Tidak hanya ada pada mesin bensin saja yang terdapat pengajuan pengapian atau pembakaran, hanya saja pada mesin diesel bukan disebut pengapian karena tidak ada percikan bunga api seperti busi. Dalam mesin diesel, waktu pengapian adalah waktu penyemprotan bahan bakar oleh nozle ke ruang bakar yang berisi udara yang telah dikompresi.

Waktu penyemprotan perlu dimajukan karena untuk mengimbangi kecepatan mesin yang tinggi, sementara waktu pembakarannya relatif sama. Sehingga akan didapat usaha yang maksimal atau optimal, bayangkan saja jika tidak diajukan penyemprotannya. Bisa saja puncak pembakaran terjadi di akhir langkah usaha yang membuat mesin terasa nglepeh (tidak bertenaga). 

Dalam mesin diesel advans sentrifugal ini biasanya menjadi satu unit dengan pompa injeksi (injection pump), dan berikut ini adalah kontruksi dari advans sentrifugal :

Kontruksi Advans Sentrifugal Pada Mesin Diesel
Kontruksi Advans Sentrifugal Pada Mesin Diesel
Keterangan gambar :
1. Poros advans
2. Poros eksentrik
3. Bobot Sentrifugal
4. Pegas advans    
5. Roda gigi penggerak
6. Jurnal
7. Plat penyetel
8. Snap ring

Cara Kerja Advans Sentrifugal

Cara kerja advans sentrifugal adalah berdasarkan kecepatan atau putaran mesin, semakin cepat putaran mesin maka pengajuan penyemprotan akan semakin maju. Berikut ini adalah cara kerjanya :
1. Cara Kerja pada Saat Putaran Rendah
Cara Kerja Advans Sentrifugal pada Putaran Rendah
Cara Kerja Advans Sentrifugal pada Putaran Rendah
Pada saat putaran mesin masih rendah, pengajuan penyemprotan belum diperlukan sehingga advans ini belum bekerja. Pada putaran rendah gaya sentrifugal masih kecil bobot sentrifugal menutup dan poros eksentrik belum bergerak saat penyemprotan belum dimajukan.

2. Cara Kerja pada saat Putaran Tinggi
Cara Kerja Advans Sentrifugal pada Putaran Tinggi
Cara Kerja Advans Sentrifugal pada Putaran Tinggi

Pada saat putaran mesin tinggi, gaya sentrifugal besar dan bobot sentrifugal mengembang menekan pegas advans, poros eksentrik bergerak searah dengan putaran, sebesar sudut Q2 dengan demikian poros advans dan poros injeksi merubah posisi putarannya sesuai dengan sudut Q2. Menurut buku data Putaran mesin tinggi, gaya sentrifugal besar dan bobot sentrifugal mengembang menekan pegas advans, poros eksentrik bergerak searah dengan putaran, sebesar sudut Q2 dengan demikian poros advans dan poros injeksi merubah posisi putarannya sesuai dengan sudut Q2. Menurut buku data besar sudut pengajuan 1 - 7 derajat.


Demikian kontruksi dan cara kerja advans sentrifugal pada mesin diesel, jangan lupa like fanspage kami dan subcribe Chanel YouTube kami. Terimakasih. Sumber referensi : VEDC Malang.

Belum ada Komentar untuk "Kontruksi dan Cara Kerja Advans Sentrifugal Pada Mesin Diesel"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Advertisement

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel