Cara Kerja Ruang Bakar Tipe Kamar Depan dan Kamar Pusar

Cara Kerja Ruang Bakar Tipe Kamar Depan dan Kamar Pusar - Dalam mesin diesel memang dikenal dengan berbagai macam ruang bakar, tapi yang paling utama dibagi menjadi dua yaitu tipe injeksi langsung dan tipe injeksi tak langsung. Dalam tipe injeksi langsung maka bahan bakar akan langsung disemprotkan ke-ruang bakar utama, sementara dalam injeksi tak langsung biasanya terdapat ruang bakar tambahan yang sering disebut sebagai pre-combustion chamber.

Masing-masing jenis ruang bakar ini memiliki kelebihan dan kekurangannya, selebihnya sudah saya bahas dalam sebuah artikel yang membahas mengenai macam-macam ruang bakar dalam mesin diesel.

Sementara itu, fokus kita kali ini adalah membahas tentang cara kerja dua buah macam ruang bakar yang termasuk kedalam jenis injeksi tak langsung yaitu ruang bakar tipe kamar depan dan ruang bakar tipe kamar pusar. Berikut adalah penjelasannya :

A. Cara Kerja Ruang Bakar Tipe Kamar Depan

Ruang Bakar Kamar Depan
Ruang Bakar Kamar Depan

Pada saat langkah kompresi, sebagian besar udara ditekan kedalam kamar depan, kemudian bahan bakar disemprotkan ke dalam kamar depan (pre-combustion chamber). Bagian tersebut berhubungan dengan jembatan yang relatif tipis, maka menjadi sangat panas selama motor hidup. Oleh karena itu, dengan cepat, akibat pembakaran, sebagian bahan bakar ditiup keluar dari kamar depan dan ikut terbakar dengan udara yang masih didalam silinder.
 
Beberapa point penting terkait ruang bakar jenis ini :
•    Saat ini sistem tersebut hanya digunakan Mercedes – Benz
•    Memerlukan injektor jenis Nozel pasak dengan bentuk penyemprotan khusus, tekanan pembukaan Nozel 110 – 150 bar / 11 – 15 Mpa
•    Memerlukan sistem pemanas mula untuk menghidupkan motor pertama kali

B. Cara Kerja Ruang Bakar Tipe Kamar Pusar

Ruang Bakar Kamar Pusar
Ruang Bakar Kamar Pusar

Pada saat langkah kompresi, sebagian besar udara ditekan kedalam kamar pusar. Udara menerima pusaran yang sangat cepat, karena saluran penghubung yang menuju secara kedalam kamar pusar.dikontruksi miring / tangensial. Akibatnya bahan bakar yang disemprotkan cepat menguap dan menyalakan diri. Dari hasil pembakaran sebagian bahan bakar ditiup keluar dari kamar pusar dan ikut terbakar dengan sisa udara yang masih didalam silinder.

Beberapa point penting terkait ruang bakar jenis ini :
•    Sistem ini paling umum digunakan pada mesin kecil-sedang
•    Menggunakan injektor nozel pasak dengan tekanan pembukaan nozel 110 – 150 bar / 11 – 15 Mpa
•    Jika kondisi motor baik, sistem pemanas mula hanya perlu pada temperatur dibawah 250 C

Itu adalah cara kerja ruang bakar tipe kamar depan dan kamar pusar, untuk kelebihan dan kekurangannya masing-masing dapat dilihat dalam artikel : Macam-macam ruang bakar + Kelebihan dan Kekurangannya
Sumber dan referensi : VEDC Malang

Belum ada Komentar untuk "Cara Kerja Ruang Bakar Tipe Kamar Depan dan Kamar Pusar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Advertisement

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel