Hanya Dua Yang Perlu Disiapkan Saat Bayar Pajak Tahunan Motor

Hanya Dua Yang Perlu Disiapkan Saat Bayar Pajak Tahunan Motor - Setiap pemilik kendaraan diwajibkan untuk membayar pajak baik satu tahunan maupun lima tahunan. Untuk pajak 5 tahunan seringkali kita sebut sebagai perpanjang masa berlaku STNK, sedangkan untuk yang satu tahun sekali digunakan untuk membayar STKD.

Buat yang belum pernah membayar pajak tahunan sebelumnya, mungkin merasa bingung dan ragu-ragu apa saja yang perlu dibawa dan di persiapkan. Takutnya sih bila harus bolak-balik karena ada dokumen yang seharusnya di bawa tapi malah tidak kebawa.

Dengan artikel ini, Anda akan tahu apa saja yang perlu dipersiapkan ketika akan bayar pajak tahunan untuk pajak motor. Ngomong-ngomong saat ini jika telat bayar pajak biasanya akan dikenakan denda, kecuali jika ada pemutihan yang umumnya diadakan dalam waktu-waktu tertentu saja.

Kemarin saya pergi ke-SAMSAT untuk melakukan perpanjangan dan bayar pajak satu tahunan. Ada dua dokumen yang perlu di siapkan yaitu :

1. KTP Asli + Fotokopi
2. STNK Asli + Fotokopi

Jadi sebelum pergi SAMSAT silahkan difotokopi terlebih dahulu, bisa satu atau dua kali. Tapi yang dibutuhkan hanya satu kali saja. 

Jika KTP tidak ada?
Waktu saya bayar pajak kebetulan KTP yang saya gunakan masih KTP lama, dan saya disuruh untuk kembali ke rumah dan mengambil kartu keluarga. Ternyata perpanjangan menggunakan KK bisa, tanpa menggunakan KTP.

Kebijakan terbaru, pajak 1 tahunan tidak perlu membawa BPKB. Tapi jika dirasa perlu, dibawa saja agar jika sewaktu-waktu dibutuhkan sudah siap.

Cara Bayar Pajak Tahunan di SAMSAT

Untuk membayar pajak tahunan di SAMSAT dapat mengikuti langkah-langkah berikut :
1. Siapkan dokumen yang perlu dibawa
2. Siapkan uang untuk bayar pajak + parkir
3. Masuk ke SAMSAT dan kumpulkan dokumen-dokumen tadi, ambil antrian jika sistemnya menggunakan antrian.
4. Tunggu dipanggil
5. Setelah mendapatkan tagihan pembayara, langsung bayar. Atau biasanya bekerja sama dengan beberapa bank dan ada di loket pembayaran.
6. Kembali lagi dan serahkan bukti pembayaran
7. Tunggu sampai dipanggil dan STNK yang baru sudah jadi.
8. Selesai

Anda dapat melihat tata cara bayar pajak tahunan di SAMSAT dengan melihat video di bawah ini :
Demikian artikel tentang beberapa hal yang perlu dipersiapkan saat bayar pajak tahunan motor di SAMSAT. Semoga bermanfaat dan terimakasih banyak. Baca juga : 7 Inspirasi Bisnis Tanpa Modal di Instagram

0 Response to "Hanya Dua Yang Perlu Disiapkan Saat Bayar Pajak Tahunan Motor"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Advertisement

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel