Temperatur Mesin Panas Banget, Apa Penyebab dan Solusinya?

Temperatur Mesin Panas Banget, Apa Penyebab dan Solusinya? - Mesin akan selalu bergerak untuk dapat menggerakkan kendaraan tersebut, bergeraknya mesin ini akan menghasilkan energi panas yang didapat dari pembakaran dan gesekan akibat gerakan kompnen-komponen mesin yang bergerak. Jadi adanya suhu panas pada mobil merupakan sesuatu yang lumrah.

Bahkan, mesin yang bagus bukan mesin yang selalu dalam kondisi dingin. Buktinya sebelum digunakan untuk perjalanan jauh, mesin perlu dipanasi terlebih dahulu. Mesin yang memiliki suhu terlalu tinggi (panas) atau over heating juga tidak baik, hal ini akan menyebabkan komponen mesin yang rata-rata terbuat dari logam memuai sehingga membuat koefisien gesek menjadi lebih besar. Jika ini terjadi, tentu keausan mesin akan menjadi lebih cepat.  

Dari uraian di atas, kita dapat menyimpulkan bahwa temperatur mesin yang terlalu dingin maupun terlalu panas tidak baik untuk suatu kendaraan. Yan paling baik adalah pada temperatur kerja, yaitu dari 60 - 80 derajat celcius. 

Untuk menjaga agar mesin selalu dalam temperatur kerja, maka dipakailah sistem pendingin. Sistem pendingin ini yang akan mendinginkan mesin ketika mesin memiliki temperatur yang pendingin. Lalu apasajakah yang menyebabkan temperatur mesin panas? Apakah selalu diakibatkan oleh sistem pendinginnya? Mari kita bahas :

Penyebab Temperatur Mesin Panas

Penyebab Temperatur Mesin Panas Banget
Penyebab Temperatur Mesin Panas Banget
Mesin yang panas biasanya diakibatkan oleh beberapa sistem pada kendaraan yang kerjanya tidak sempurna, sistem tersebut terutama sistem pendinginan, sistem pelumasan, sistem pengapian dll. 

1. Sistem Pendingin Abnormal Jadi Penyebab Temperatur Mesin Naik
Naiknya temperatur mesin paling banyak disebabkan oleh sistem pendingin yang bermasalah, pasalnya sistem pendingin inilah yang memiliki peran terbesar dalam mendinginkan mesin. Maka ketika sistem pendingin bermasalah, maka temperatur mesin bisa jadi akan panas. Beberapa masalah pada sistem pendingin yang dapat menyebabkan temperatur mesin panas antara lain :
  • Air habis
  • Radiator bocor
  • Sistem pendinginan bocor
  • Tutup radiator rusak
  • Kipas radiator mati/berputar lambat
  • Thermostat rusak
  • Pompa rusak
  • V-belt putus
2. Sistem Pelumasan Sebagai Penyebab Temperatur Mesin Naik
Sistem pelumasan adalah sistem pada kendaraan yang memegang peranan penting dalam melumasi komponen-komponen mesin yang bergerak, ketika pelumasan kurang baik maka gesekan akan terjadi lebih besar. Gesekan ini menimbulkan panas yang dapat sampai ke over heating. Beberapa kerusakan pada sistem pelumasan yang dapat menyebabkan temperatur mesin naik antara lain :
  • Sistem oli bocor, kekurangan oli, oli habis
  • Filter oli tersumbat
  • Pompa oli rusak
Baca : Beberapa akibat jika sering telat ganti oli mesin

3. Sistem pengapian dan sistem bahan bakar
Kedua sistem ini sama sama berhububungan dengan pembakaran dalam mesin. Ketika kedua sistem ini terdapat trouble, bisa jadi membuat mesin menjadi terlalu panas. Misal saja, ketika busi yang digunakan tidak sesuai spesifikasi, atau ketika saat pengapian tidak tepat maka akan membuat mesin pincang, terjadi knocking dll.

Penggunaan bahan bakar yang tidak sesuai dengan setting juga bisa, jika awalnya menggunakan bahan bakar premium kemudian berpindah ke pertamax maka bila tanpa ada penyesuaian settingan dapat membuat mesin lebih panas. Karena nilai oktan pertamax lebih besar daripada oktan premium, sehingga pembakaran yang dihasilkan pun berbeda.

Itu adalah beberapa kemungkinan yang dapat membuat temperatur mesin panas, lalu apa yang harus dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut?

Solusi Temperatur Mesin Panas

Jika kondisi ini terjadi pada mobil Anda, maka harus segera ditangani untuk mencegah kerusakan yang lebih parah dan lebih berisiko lagi. Penanganan masalah ini dimulai dengan mencari sebab utama terjadinya overheat tersebut, berikut adalah langkah-langkah yang bisa Anda lakukan sendiri :

a. Periksalah jumlah air pendingin dan jumlah oli mesin.
Dalam kondisi normal kedua-duanya harus dalam kondisi yang cukup. Untuk memeriksa jumlah air pendingin dapat dilkukan dengan membuka tutup radiator, jika kurang atau habis maka kemungkinan terjadi kebocoran pada cooling system seperti pada radiator, selang dan water pump. Jika terjadi kebocoran maka perlu segera perbaiki, dan jangan bawa mobil untuk jarak jauh. Baca juga : Cara Merawat Radiator Mobil

Periksa juga kuantitas olinya dengan cara cabut stick oli, kemudian di lap dan masukkan kembali stick olinya. Kemudian cabut dan periksa kuantitas olinya, oli harus berada di garis full, atau minimal berada di antara garis full dan low.

b. Periksa kualitas air pendingin
Pada saat memeriksa jumlah air pendingin, periksa juga kualitasnya. Jika sangat kotor, bisa jadi radiator juga tersumbat sehingga membuat sirkulasi atau aliran di dalam radiator akan terganggu. Jika ini terjadi, bawa saja ke tukang radiator untuk dibersihkan (di korok). Baca : Perkiraan Biaya Servis Radiator

c. Periksa kipas pendingin
Periksa kinerja kipas apakah berfungsi dengan baik atau tidak. Pada kipas yang menggunakan kopling fluida, sering sekali terjadi trouble dan putaran melambat. Solusinya adalah ganti kopling fluida atau dengan cara diakali dengan cara bengkel.

Pada kipas yang elektrik, periksa kipas apakah berputar pada saat mesin sudah panas. Jika tidak berputar maka perlu diperbaiki, beberapa yang perlu di cek jika kipas tidak berputar antara lain sirkuit (aliran arus), motor kipas dan sensor temperaturnya. Baca lebih lanjut : Kipas Avanza Mati? Apa Penyebabnya?

d. Periksa oli naik atau tidak
Untuk memeriksa ini Anda hanya perlu mengamati indikator tekanan oli. Jika indikator tekanan ini hidup, bisa jadi oli tidak naik dan tidak melumasi komponen-komponen mesin bagian atas.

e. Cek indikator lainnya
Pada mobil yang sudah injeksi, biasanya sudah terkontrol melalui ECU. Ketika ada masalah dalam mesin, khususnya pada bagian yang dikontrol oleh ECU maka akan muncul peringatan melalui indikator lamp pada dashbord mobil.

f. Bawa ke bengkel
Jika Anda tidak ketemu dan tidak mampu mendiagnosis penyebabnya maka solusi terakhir adalah bawa ke bengkel. Karena bengkel memiliki alat-alat yang lebih lengkap dan dapat menunjang untuk melakukan berbagai pemeriksaan awal dalam mencari sumber masalah pada mobil tersebut.

Oke itu saja artikel tentang penyebab temperatur mesin panas banget, disertai dengan solusinya. Semoga bermanfaat, dan jangan lupa like fanspage kami. Subcribe juga channel YouTube kami di Bisa Otomotif TV.

Belum ada Komentar untuk "Temperatur Mesin Panas Banget, Apa Penyebab dan Solusinya?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Advertisement

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel