Cara Merawat Cat Mobil Agar Awet dan Tidak Pudar

Cara Merawat Cat Mobil Agar Awet dan Tetap Bagus - Kendaraan dapat mencerminkan kepribadian seseorang, mobil yang kotor dan amburadul mencerminkan pemilik yang cuek, jorok dan tidak peduli dengan kebersihan. Sementara mobil yang bersih dan terawat mencerminkan pribadi yang bersih, perfectionis dan disiplin.

Untuk menjaga agar bodi kendaraan tetap baik, pemilik kendaraan harus rajin rajin dalam merawat dan menjaga agar bodi kendaraan tidak lecet atau terkena cairan-cairan tertentu yang dapat merusak cat bodi kendaraan. Baca juga : Cara Menghilangkan Bau Pesing di Mobil

Tapi dibalik pengorbanan yang besar dalam merawat bodi atau cat kendaraan tersebut, terdapat impact yang baik salah satunya adalah kenyamanan ketika berkendara dan enak untuk du pandang.
Percayalah bahwa mobil yang dirawat akan lebih awet daripada mobil yang tidak dirawat, mobil yang tidak terawat akan membuat cat cepat kusam, tergores, mengelupas dan mudah rusak.

Lalu bagaimanakah cara untuk merawat cat atau bodi kendaraan agar awet? Berikut ini tips dari BisaOtomotif.com

Cara Merawat Cat Mobil agar Awet dan Tidak Pudar
Cara Merawat Cat Mobil agar Awet dan Tidak Pudar

1. Cucilah Mobil Secara Rutin
Mencuci mobil akan menghilangkan debu-debu yang menempel pada cat mobil, debu debu inilah yang membuat cat mobil cepat kusam dan rusak. Apalagi debu yang mengandung partikel partikel yang berbahaya untuk cat mobil sepertu abu, debu pertambangan dll. Untuk itulah perlu di cuci secara rutin.

Sebaiknya mobik di cuci minimal satu bulan sekali, jika kotor sekali dapat seminggu sekali atau dua minggu sekali.

Jika ingin irit bisa mencuci sendiri, dapat menggunakan sabun cuci mobil khusus atau menggunakan sabun pencuci piring juga bisa.

Setelah di cuci, lap kendaraan dengan karnebo agar kering. Jangan sering sering meninggalkan mobil dalam kondisi basah setelah di cuci, karena dapat membuat cat lebih cepat terkelupas.


2. Melindungi Mobil dari Cuaca Ekstrem
Cuaca yang sangat ekstrim dapat membuat cat mobil lebih kursam, untuk mencegah terjadinya kerusakan pada catnya dapat menutup mobil dengan mantol khusus mobil. Dan letakkan mobil di garasi, jangan letakkan mobil di luar ruangan yang langsung terkena hujan dan paparan sinar matahari.

Apalagi jika berada di lingkungan atau kawasan industri, air hujan bisa saja bersifat asam yang dapat menyebabkan kerusakan pada cat dan menimbulkan korosi (karatan).

3. Hindari Detergen
Pada saat mencuci mobil, hindari menggunakan detergen karena sifat detergen yang menhilangkan kotoran dapat juga mempercepat pengelupasan pada cat mobil. 

4. Jika Tergores Segera Perbaiki
Goresan kecil dapat meluas menjadi lebih besar, selain itu goresan juga membuka jalan menuju ke cat bagian dalam. Jika terkena hujan dan panas maka dapat membuat pengelupasan menjadi lebih cepat juga. Maka dari itu, jika terdapat goresan alangkah lebih baik diperbaiki terlebih dahulu.

Lakukan perawatan-perawatan rutin di atas, agar cat mobil lebih awet dan warnanya tidak pudar. Demikian artikel tentang cara merawat cat mobil agar awet dan tidak pudar. Semoga bermanfaat. Baca juga : Prospek Usaha Donat dan Analisisnya

0 Response to "Cara Merawat Cat Mobil Agar Awet dan Tidak Pudar"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Advertisement

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel