Cara Bayar Pajak Kendaraan di Samsat + Video

Cara Bayar Pajak Kendaraan di Samsat + Video - Sebagai warga negara yang baik, sudah sepatutnya taat untuk membayar pajak. Pajak yang rutin dan harus dibayarkan oleh seseorang setiap tahunnya adalah pajak kendaraan jika memiliki kendaraan. Pajak kendaraan merupakan pajak yang dikenakan kepada pengendara sekaligus pemilik kendaraan tersebut.

Besar pajak yang dibayarkan pun bervariasi, tergantung tipe, jenis dan tahun dari kendaraan tersebut. Umumnya sih semakin mahal kendaraan akan semakin mahal besar pajaknya. Masih ingatkan, seorang pengemudi gojek yang mendapat mobil minicooper dari bukalapak? Iya, masnya itu dapat mobil mini cooper tapi ia katanya tidak mampu untuk membayar pajaknya. Akhirnya dijualah mobil seharga ratusan juta tersebut.

Kamu yang berniat bayar pajak di samsat dapat melakukan pembayaran di beberapa tempat, seperti samsat deesa, samsat kota atau samsat pusat. Tapi, paling rekomendasi sih samsat desa. Selain cepat juga tidak perlu antri panjang-panjang.

Sebelum kita pergi ke kantor samsat, ada beberapa hal yang perlu kita persiapkan. Terutama dokumen-dokumen yang diperlukan dalam proses pembayaran pajak kendaraan. Berikut ini beberapa dokumen yang perlu kalian bawa dan perlu dipersiapkan :

- STNK Asli + Fotokopi
- KTP Asli + Fotokopi

Dua hal itu yang paling penting, oh iya KTP itu adalah KTP yang sesuai dengan nama di STNK ya guys. Jika KTP belum menggunakan E-KTP biasanya disuruh menggunakan KK, seperti yang saya alami saat itu.

Cara Bayar Pajak Kendaraan di Samsat + Video

Setelah dipersiapkan, berikut ini langkah-langkah bayar pajak kendaraan di samsat.
1. Langsung menuju kantor samsat
2. Pergi ke bagian pendaftaran, dan serahkan dokumen-dokumen yang dipersiapkan. Jika ada antrian biasanya suruh ngumpulin berkas-berkas tadi di suatu tempat.
3. Tunggu panggilan di meja pembayaran. Di beberapa samsat, meja pembayaran terpisah dengan pengumpulan STNK. Pada prinsipnya sama, setelah dikumpul tunggu dipanggil dan bayar.
4. Setelah membayar, tunggu SKPD (Surat Ketetapan Pajak Daerah) jadi ya guys.
5. Selesai.

Biar semakin paham, berikut ini kami sajikan tutorial cara bayar pajak kendaraan di samsat. 

Semoga bermanfaat dan terimakasih banyak. Jangan lupa like + subcribe channel saya yaa. Terimakasih. Baca juga : Penyebab Power Steering Berat dan Cara Memperbaikinya

Belum ada Komentar untuk "Cara Bayar Pajak Kendaraan di Samsat + Video"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel