20+ Yang Harus Diperhatikan Saat Membeli Mobil Bekas

10 Yang Harus Diperhatikan Saat Membeli Mobil Bekas - Mobil merupakan salah satu kendaraan roda empat yang aman, anti panas dan anti bocor saat hujan, tapi dengan syarat fitur-fitur dalam mobil tersebut masih bekerja normal dan lengkap seperti ac, air bag, abs, dan lain sebagainya. Kebanyakan orang yang belum memiliki kendaraan beroda empat adalah karena faktor harganya yang relatif lebih mahal, apalagi jika dibandingkan dengan motor-motor bebek bisa berkali-kali lipat.

Tapi dari segi harga, sebenarnya uang 15 juta keatas sudah bisa lho untuk beli mobil bekas tahun 70 an atau 80 an. Yaa, urusan jadul atau ngganya urusan belakangan lah. Yang penting bisa beli mobil terlebih dahulu, lagian yang classic itu selalu menarik :v.

Eitss, tapi ketika membeli mobil bekas harus hati-hati guys. Namanya mobil bekas kondisinya tak melulu bagus seperti mobil baru,  apalagi jika tahun tahun tua pasti banyak hal yang perlu diperhatikan, kita cek kondisi mobil itu karena kita tidak tahu mobil tersebut bekas apa, dirawat atau tidak, dan lain sebagainya. Baca juga : Daftar Mobil Bekas Murah Di Bawah 30 Juta

Lalu apa sajakah yang perlu diperhatikan pada saat membeli mobil bekas? Ada banyak guys, berikut ini adalah beberapa hal tersebut :


10+ Yang Harus Diperhatikan Saat Membeli Mobil Bekas


10+ Yang Harus Diperhatikan Saat Membeli Mobil Bekas
10+ Yang Harus Diperhatikan Saat Membeli Mobil Bekas

1. Tentukan Tipe dan Jenis Mobil
Sebelum membeli mobil bekas tentu saja kalian harus tentuin dong mobil apa yang akan kalian cari, pemilihan mobil ini tentu disesuaikan dengan budget kalian dan tujuan penggunaan. Masalah desain pasti menjadi selera masing-masing.

2. Di mana cari mobil bekas yang bagus?
Setelah ketemu tipe dan jenis mobil yang dicari, selanjutnya adalah tempat pencarian mobil. Kalian dapat mencari mobil bekas di website-website jual beli mobil bekas seperti olx.co.id, carmudi.co.id dll, Atau bisa juga melalui sosial media seperti facebook dan instagram, kalian bisa gabung di group-group jaul beli mobil di daerah kalian.

3. Sebelum cek langsung ke-lokasi
Sebelum cek langsung tentu saja kalian harus menghubungi pemiliki dulu dong melalui telephone, nah pada saat telephone ini kalian harus jadi wartawan sementara. Beberapa hal yang perlu ditanyakan antara lain :
  • Ketersediaan, mobilnya masih atau ngga?
  • Lokasi dimana?
  • Track & recordnya, apakah bekas taxi/rental/harian?
  • Sudah ada yang dimodifikasi belum?
  • Pajak dan surat-surat?
  • Kondisi, apa aja yang rusak dan perlu perbaikan?
  • Apakah boleh dipinjam ktp saat bayar pajak?
  • dll
4. Saat cek langsung mobil
Ketika dirasa sudah mantap dengan apa yang seller nyatakan pada saat telephone, maka selanjutnya kita cek langsung mobil tersebut. Sekedar saran, jika kalian tidak tahu menahu soal mesin bisa bawa kerabat, teman atau siapapun lah yang mengerti tentang mesin. Nah berikut ini adalah beberapa hal yang perlu diperatikan pada saat membeli mobil bekas :

a. Eksterior 
Ekterior adalah bagian terluar dari suatu kendaraan/mobil. Yang pertama kali kita lihat adalah bodi kendaraan/tampilan, maka dari itu bodi merupakan bagian yang sangat penting. Lihat dengan teliti bagian bodi dari mulai kondisi cat, penyok atau tidak, karat atau tidak dll. Bila terdapat karat maka secepatnya harus diperbaiki agar tidak segera menyebar. 

Periksa juga bagian chassisnya, mobil yang digunakan di daerah pantai yang biasanya terdapat kadar garam yang tinggi biasanya akan mudah berkarat dan rapuh. Jadi, cek betul-betul bagian ini yaa :).

b. Interior dan Fitur-fiturnya
Dari segi interior mungkin yang perlu diperhatikan antara lain kondisi jok, kondisi dashbord, karpet bawah, pintu bagian dalam dan langit-langit. Jika kondisi istimewa, silahkan dilanjut. Disini periksa juga jarak tempuh yang dicapai, jika tahunnya masih muda maka bisa diperkirakan pertahunnya berapa KM jarak tempuh, kemudian rata-rata perhari maka akan ketahuan mobil ini mobil capek seperti taxi & rental atau hanya mobil harian saja. Jika termasuk mobil taxi/rental, pikir-pikir lagi deh, kecuali memang kondisinya istimewa sekali.

Lihat juga fitur-fitur kelengkapannya seperti ac, power steering, power window, tape audio, dan fitur lainnya.
 
c. Kaki-kaki
Kaki-kaki juga penting untuk kalian cek, kalian bisa melihat dari kondisi ban terlebih dahulu. Bila terjadi keausan yang kurang merata, tanyakan kenapa bisa terjadi? Setelah itu diagnosa sendiri, dan cek kaki-kaki dari mulai tie-rod, tie-rod end, ball joint, dll. 

d. Engine/Mesin
Setelah bagian ekterior dan interior kalian cocok, maka silahkan hidupkan mesin dan cek kondisinya. Bagaimana ceknya? 

Pada saat starter, kalian bisa merasakan mobil tersebut apakah mudah untuk dihidupkan, apakah ada suara yang abnormal atau kejanggalan tertentu. Ini jadi langkah awal kalian untuk memeriksa mesin mobilnya.

After that, kalian bisa melihat dari segi suara mesin, jika halus maka oke tapi jika kasar mending di cek dulu apa kira-kira penyebabnya dan habis berapa jika diperbaiki. Cek juga dengan cara gas secara perlahan sampai rpm tinggi. Dan dengarkan apakah ada suara abnormal seperti bunyi tek-tek, atau bunyi yang lain. Bila itu terjadi, kemungkinan kerusakan pada bagian mesin bagian dalam.

Setelah dari segi suara mesin, kalian juga perlu cek asap knalpot. Mesin yang masih bagus memiliki asap yang tidak terlihat atau minimal sedikit putih. Jika ketika di gas, di knalpot terdapat asap putih dan bau seperti oli terbakar maka itu berarti mesinnya sudah lokro dan keausan pada bagian dalam seperti piston dkk sudah besar. Biaya untuk memperbaiki kerusakan tersebut tidaklah murah, jadi perhitungkan betul-betul.


e. Test Drive
Ini yang paling penting, kalian bisa langsung coba/test drive mobil tersebut. Rasakan pada saat akselerasi, apakah mobil langsung jalan atau ada jedanya, atau malah mobil dengung dan tidak memiliki tenaga. Ketika cek, pastikan kalian merasa nyaman dan cocok dengan performa yang dihasilkan oleh mobil tersebut.

5. Nego Harga
Setelah mengetahui kondisi dari semua aspek di mobil tersebut, kemudian sesuaikan dengan harga yang ditawarkan. Misal kalian mengetahui bahwa mesin ini harus diperbaiki bagian ini ini ni dan ini, kira-kira membutuhkan biaya sekian. Silahkan kalian bicarakan dengan pemilik dan negosiasikan harga yang akan kalian sepakati.

6. Saat transaksi
Pada saat transaksi hal yang perlu diperhatikan antara lain :
  • Pastikan dilakukan di tempat yang aman
  • Bawa teman sebagai saksi
  • Jika DP, foto KTP pemilik dan Surat-surat kendaraan
  • Gunakan juga kwitansi dan materai
Daftar Harga Mobil Bekas
  1. Info Harga Mobil Bekas Toyota Corolla
  2. Harga Mobil Bekas Honda CRV dari Tahun 2007 - 2014
  3. Harga Mobil Starlet Tahun 1991 - 1996
Itu adalah beberapa hal yang harus diperhatikan pada saat membeli mobil bekas, yang terpenting kalian harus lebih berhati-hati agar tidak ketipu dan kecewa dengan mobil bekas yang baru kalian beli. Jika artikel ini dirasa bermanfaat, jangan lupa like fanspage kami dan subcribe channel kami di Youtube. Thanks very much.

0 Response to "20+ Yang Harus Diperhatikan Saat Membeli Mobil Bekas"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Advertisement

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel