Tanda-tanda Engine Mounting Mobil Rusak

Tanda-tanda Engine Mounting Mobil Rusak - Salah satu komponen yang menyangga mesin dalam dudukannya adalah engine mounting, selain berfungsi sebagai tempat dudukan mesin komponen ini juga berfungsi untuk meredam dan menyerap getaran yang dihasilkan oleh mesin. Maka tidak heran, apabila didalam komponen engine mounting terdapat karet yang fungsinya untuk meredam tadi.

Seiring penggunaan dalam jangka waktu yang lama, engine mountung juga akan mengalami keausan atau kerusakan. Kerusakan yang paling sering terjadi adalah karetnya yang retak, hancur atau terbelah menjadi dua.

Kondisi ini memang jarang diketahui karena letak atau posisi dari engine mounting yang seringkali berada di bawah dan tertutupi oleh komponen mesin yang berada di atasnya. Tapi, ketika kalian menemukan beberapa tanda-tanda atau gejala seperti yang akan kami sebutkan di bawah ini, tidak ada salahnya kalian memeriksa engine mountingnya. Siapa tahu letak penyakitnya ada di situ, tapi ingat gejala dibawah ini tidak hanya disebabkan oleh engine mouting yang rusak.

Tanda-tanda Engine Mounting Mobil Rusak


Engine Mounting
Engine Mounting sumber : indiamart.com

1. Getaran/Goyangan Mesin Sangat Terasa
Ketika engine mounting mobil rusak maka dia sudah tidak mampu lagi untuk menyerap getaran yang dihasilkan oleh mesin, maka akan terjadi getaran dan goyangan yang berlebih dan terasa sampai dalam kabin.

2. Jika Dilihat Mesin Seperti Pincang
Jika dilihat langsung mesinnya, maka akan bergoyang seperti saat mobil pincang.
 
3. Bunyi Suara Dug-dug Saat di Jalan Yang Tidak Rata
Selain menimbulkan getaran dan goyangan, engine mounting mobil yang rusak juga dapat menimbulkan bunyi dug dug, terutama ketika mobil melewati jalan yang tidak rata. Selain suara dug-dug juga bisa suara antara dua buah logam yang berbenturan.
 
4. Cek Langsung Menggunakan Senter/Lampu
Agar tak sekadar menduga-duga lebih baik cek langsung saja menggunakan lampu senter agar terlihat lebih jelas, engine mounting yang sudah rusak akan terlihat ada retakan atau bahkan sudah ada coakan yang itu artinya bentuknya sudah tidak sempurna lagi, dapat juga digunakan obeng/batang besi besar untuk menggerakkan mesin dan perhatikan gerak dari engine mounting. Jika dari atas tidak terlihat, maka bisa dicoba untuk melihat dari posisi bawah.

5. Ganti Engine Mouting
Engine mounting yang rusak biasanya diketahui sekalian pada saat mobil turun mesin, karena penggantiannya membutuhkan derek untuk mengangkat mesin. Jadi untuk mengganti engine mounting ini sedikit sulit jika tanpa bantuan derek. Walaupun sebenarnya tanpa derekpun juga bisa, biasa digerakkan menggunakan batang besi/bambu untuk mengangkat mesin, tapi yang perlu diingat jika engine mounting dilepas, siapa yang menopang mesin?

Engine mounting adalah komponen yang sangat penting sebagai dudukan yang menopang mesin dan menyerap getaran dari mesin. Ketika engine mountuk mobil rusak maka akan terjadi getaran dan goyangan mesin yang cukup membuat ketidaknyamanan. Maka dari itu perlu dilakukan perbaikan atau penggantian.

Belum ada Komentar untuk "Tanda-tanda Engine Mounting Mobil Rusak"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Advertisement

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel