Ribetnya Persiapan Touring Motor Matic, Biker Wajib Tahu

Ribetnya Persiapan Touring Motor Matic, Biker Wajib Tahu - Bagi bikers atau komunitas sepeda motor, touring adalah kegiatan yang paling umum dan rutin dilakukan oleh mereka. Touring adalah sebuah kegiatan yang sudah menjadi hobi dan cukup menyenangkan, apalagi apabila touring dilakukan bersama keluarga tercinta, sahabat atau teman kerja. Maka dari itu, touring bukan sekadar naik motor jarak jauh dan rekreasi saja, tetapi lebih untuk meningkatkan kebersamaan dan solidaritas antara sesama anggota komunitas atau bikers.

Komunitas motor biasanya mengadakan touring satu bulan sekali atau dua minggu sekali, tergantung kesepakatan yang telah mereka buat. Dan setiap kali melakukan touring, biasanya memiliki tujuan lokasi yang berbeda, mulai dari lintas kota bahkan sampai lintas profinsi. Nah, ketika lintas daerah atau provinsi tentu saja butuh persiapan yang sangat matang, mengingat jarak tempuk yang jauh dan diperlukan wakktu tempuh yang tidak hanya sebentar.

Kali ini bisaotomotif.com akan memberikan sedikit tips mengenai persiapan touring khusus untuk kamu yang menggunakan motor matic. Tips ini juga tidak hanya berlaku untuk touring motor matic saja, buat kamu yang mau touring tapi tidak menggunakan motor matic tetap bisa mengambil intisari dan manfaat dari artikel ini. Jadi, apa sajakah yang perlu dipersiapkan???

Touring Motor Matic
Touring Motor Matic


1. Jaket Touring
Tidak semua jaket di desain khusus digunakan untuk touring, perbedaan jaket biasa dengan jaket touring adalah dari segi ketebalan, kegunaan dan beberapa fitur yang terdapat dalam jaket tersebut. Umumnya jaket touring memiliki ketebalan yang lebih ketimbang jaket biasa, karena jaket touring didesain harus dapat melindungi tubuh si pengendara terutama bagian depan (dada) dan juga leher, dalam jaket touring juga terdapat saku di dalam untuk menaruh barang yang penting seperti HP, Permen dll.

Dalam jaket touring juga dilengkapi protector (pelindung tambahan) yang digunakan untuk meminimalisisr ketika terjadi kecelakaan, protector ini umumnya terdapat di bagian siku, pinggul dan pergelangan tangan.

2. Helm
Helm adalah perangkat safety yang wajib digunakan oleh bikers, helm sebagai pelindung kepala dan juga sebagai pelindung mata dan hawa dingin akibat angin yang berhembus ketika berjalan. Sebelum touring, pastikan gunakan helm yang sudah memiliki label Standar Nasional Indonesia (SNI). Bila touring dilakukan jarak jauh, dan berhari-hari akan aman menggunakan helm full face, sementara jika touring dilakukan jaraknya dekat sampai menengah, maka cukup menggunakan helm half face. Tapi, senyamannya kalian guy :). Yang pasti, gunakan helm dengan ukuran yang pas dengan kepala kalian, jangan sampai kebesaran apalagi kekecilan. Pastikan juga pengikat terkunci dengan sempurna sebagai pengaman dan prosedur yang benar.

3. Pakaian  Ganti dan Alas Kaki + Masker
Ketika menempuh jarak jauh, maka perlu membawa pakaian ganti. Terutama apabila di musim penghujan seperti ini, apalagi kalau touringnya dilakukan dalam beberapa hari tentu saja butuh pakaian ganti kan bro. Gunakan juga alas kaki/sepatu yang sesuai, nyaman dan aman digunakan untuk touring. Paling aman sih gunakan sepatu touring, yang memiliki bahan kuat, anti bocor (tahan air) dan aman digunakan. Dilansir dari berbagai sumber, sepatu touring setidaknya memiliki proteksi pada 3 bagian penting yaitu pelindung mata kaki (ankle), tulang kering dan jari kaki. Gunakan juga masker untuk menghindari polusi udara yang berlebihan.

4. Jas Hujan (Mantol)
Ketika pergi jarak jauh (touring) di musim penghujan, tentu saja mantol menjadi barang yang wajib di bawa. Perhitungkan juga jenis mantol yang akan dipakai, jangan lupa bila berboncengan maka wajib membawa mantol / jas hujan double. Ketika hujan, pastikan hati-hati jangan terlalu cepat-cepat, terutama jika ban motor sudah agak gundul. Lebih baik berhenti, apabila hujan terlalu deras. 

5. Obat-obatan dan P3K
Lazimnya obat-obatan juga perlu dibawa ketika touring, terutama obat pribadi seperti tolak angin, koyo', dll. Sementara jika P3K biasanya satu komunitas ada satu orang yang bertugas membawanya.

6. Kondisi Motor
Ini sebenarnya yang paling penting guys, kondisi motor yang akan digunakan untuk touring. Jadi pastikan dari mulai mesin, oli mesin, rem, rantai, ban dll semuanya normal. Gua yakin sudah paham semua kan kalian.


7. Logistik dan Uang
Namanya manusia pasti butuh makan dan minum, jadi persiapkan juga makanan dan minum untuk bekal yaa. Pertimbangkan juga uang saku yang akan dibawa, besok mau beli makanan dimana dll. 

8. Kondisi Fisik
Lakukan pemanasan sebelum berangkat sepertinya oke, beberapa hari sebelum itu juga perlu persiapan diri, terutama agar memiliki fisik yang kuat dan sehat.

9. Buat randown acara
Panitia touring seharusnya sudah matang terkait dengan konsep acara, mulai dari dimana kumpulnya, jam berapa, jalurnya melalui mana, berangkat jam berapa, makan jam berapa/dimana sampai dengan pulang. 

"Semua yang terencana akan lebih baik ketimbang yang tidak terencana dan tanpa persiapan"
Nah itu adalah beberapa persiapan sebelum touring menggunakan motor matic, semoga bermanfaat dan terimakasih. Jangan lupa like & share.

Belum ada Komentar untuk "Ribetnya Persiapan Touring Motor Matic, Biker Wajib Tahu"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Advertisement

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel