Penyebab Oli Mesin Naik Ke Saringan Udara

Penyebab Oli Mesin Naik Ke Saringan Udara - Pernah ngga ngalamin dimana saringan udara itu terdapat oli yang menempel, dari segi visualnya terlihat filter udara berwarna coklat dengan tekstur lembek dan berbau oli. Dengan kata lain filter udara kotor bukan karena debu/kotoran yang masuk dari luar, melainkan dikarenakan oli yang naik ke-atas sampai filter udara.

Filter udara yang sudah terkena oli, tentu saja akan mengganggu kinerjanya. Penyaringan udara dari kotoran-kotoran seperti debu akan tidak seefektif dulu lagi. Lalu, kira-kira bagaimana bisa oli ini naik ke saringan udara? Mari kita bahas penyebab dan solusinya dibawah ini, tapi sebelumnya like terlebih dahulu fanspage kami guys.. Gratis kok..

Selang PCV
daihatsucharadeg10.blogspot.com


1. Selang PCV (Positive Crankcase Ventilation)
Selang PCV merupakan selang yang berguna untuk menyalurkan uap bahan bakar yang berada pada crankcase (bak engkol), uap bahan bakar ini daripada terbuang sia-sia lebih baik disalurkan kembali ke intake manifold agar ikut terbakar. Nah, terkadang tidak hanya uap bakar saja tetapi uap oli juga ikut terbawa. Jika uap oli dan uap bahan bakarnya terlalu banyak, bisa jadi naik ke atas sampai ke filter udara.

2. Seal Katup/Klep Bocor
Seal katup atau seal klep bocor dapat sebagai jalan oli masuk ke ruang bahan bakar. Seperti pada selang PCV, oli ini juga dapat masuk ke filter udara.

3. Setelan Katup Tidak Sesuai
Setelan katup yang tidak sesuai misal terlalu rapat, maka ketika langkah kompresi akan terjadi kebocoran. Dan campuran udara dan bahan bakar disertai oli dapat terdorong naik ke atas sampai ke filter udara.

4. Knocking/Saat pengapian tidak sesuai
Knocking adalah kondisi dimana pembakaran tidak sempurna, dan terjadi pembakaran sebelum waktunya. Knocking dapat membuat campuran udara dan bahan bakar meledak terlebih dahulu di intake maniforld yang tentu saja dapat menaikkan oli. Nah, dari 1- 3 poin diatas akan terjadi semakin parah apabila knocking/pembakaran tidak sempurna ini terjadi.

Nah itu adalah beberapa penyebab oli mesin naik ke saringan udara. Semoga dapat bermanfaat dan terimakasih guys.

Belum ada Komentar untuk "Penyebab Oli Mesin Naik Ke Saringan Udara"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Advertisement

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel