Kontak Lupa Dimatikan Sebab Motor Tidak Bisa Di Starter, Kok Bisa?

Kontak Lupa Dimatikan Sebab Motor Tidak Bisa Di Starter, Kok Bisa? - Motor adalah kendaraan yang paling umum digunakan sehari-hari oleh masyarakat Indonesia dan yang namanya manusia, lupa adalah hal yang manusiawi. Beberapa kasus terjadi pada teman-teman saya, mereka lupa mematikan kunci kontak dan ditinggal begitu saja. Hasilnya motor dalam posisi kunci kontak ON dalam waktu yang lama, setelah akan memakai motor lagi, baru deh diketahui bahwa tadi lupa belum dimatikan. Dengan kagetnya, ternyata motor sudah tidak bisa di starter lagi. 

Bingung?? Tentu tidak, karena motor masih bisa hidup secara manual dengan menggunakan engkol manual. Dari kejadian-kejadian ini, kira-kira mengapa yaa kok bisa terjadi seperti itu? Penasaran?? Simak terus artikel ini untuk mengetahui jawaban pastinya.

Mengapa ketika kunci kontak lupa dimatikan membuat motor tidak bisa di starter?

Sebuah pertanyaan yang dapat dijawab dengan logika berfikir sederhana, di dalam motor terdapat sistem starter yang berguna dalam start engine/mesin pertama kali, sistem ini menggunakan daya baterai sebagai sumber energinya. Maka, ketika sistem starter tidak bekerja bisa jadi salah satunya disebabkan oleh baterai yang abnormal atau kekurangan daya.

Kunci Kontak Motor ON
Kunci Kontak Motor ON


Sumber gambar : GridOto.com
 
Baterai adalah tempat menyimpan energi, ketika kunci kontak ON terus menerus maka energi ini akan berkurang karena dipakai oleh komponen-komponen seperti lampu, sistem bahan bakar, dll. Jika dalam waktu yang lama, tentu energi yang terpakai akan semakin banyak, sementara pengisian baterai tidak bekerja karena mesin motor tidak hidup. Hasilnya baterai akan kosong.

Seperti halnya, ketika sebuah power bank dipakai maka lama kelamaan akan kosong dan tidak dapat dipakai sebelum dicharge kembali. Sama, pada motor juga demikian. Ketika baterai kosong karena lupa mematikan kontak, maka motor tidak dapat distarter karena energi baterai sudah habis dan tidak mampu mensuply energi ke sistem starter.

Tapi tenang, tidak perlu khawatir karena kondisi ini akan normal kembali ketika motor hidup dalam beberapa menit. Setelah mesin motor hidup, pengisian akan terjadi pada baterai yang membuatnya terisi kembali dan dapat di starter sesaat setelah itu.


Nah, sekarang sudah tahu kan apa penyebabnya motor tidak bisa di starter setelah kontak lupa dimatikan. Jangan sampai lupa lagi yaa, kalau lupanya di rumah sih tidak masalah. Tapi, ketika lupanya di tempat umum akan jadi masalah, karena ada risiko yang lebih besar seperti kehilangan dll. Ada baiknya jika kita lebih berhati-hati dan lebih waspada lagi. Salam bisa otomotif, tempat cari tahu dan belajar tentang dunia motor dan mobil.

0 Response to "Kontak Lupa Dimatikan Sebab Motor Tidak Bisa Di Starter, Kok Bisa?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Advertisement

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel