Ciri-ciri Kampas Rem Mobil Sudah Habis/Aus, Pengemudi Wajib Tahu

Ciri-ciri Kampas Rem Mobil Yang Sudah Habis/Aus, Pengemudi Wajib Tahu - Sudah memasuki musim penghujan, dimana pengendara harus lebih waspada karena jalan terasa lebih licin terutama apabila ban sudah mulai aus/gundul, pada kondisi ini juga diperlukan sebuah pengereman yang baik dan optimal. Sistem rem pada suatu kendaraan memang berperan sangat penting, karena fungsinya adalah untuk mengurangi kecepatan/laju suatu kendaraan atau memberhentikan kendaraan. Banyak kasus kecelakaan terjadi akibat sistem rem yang abnormal seperti blong, rem ngocok, kurang pakem dan masih banyak lagi.

Mengingat betapa pentingnya kegunaan dari sistem rem, maka dari itu perlu diketahui indikasi-indikasi kerusakan yang menyebabkan ketidaknormalan kinerja dari sebuah sistem rem pada mobil. Salah satunya adalah kampas rem yang habis, ketika kampas rem sudah habis/aus tentu akan menyebabkan rem menjadi kurang pakem dan abonormal, lalu apa indikasi kampas rem aus/sudah habis? Penasaran dengan ciri-cirinya? Simak saja uraian berikut ini :

Ciri-ciri Kampas Rem Mobil Sudah Habis/Aus

Rem Mobil Sudah Habis/Aus
Rem Mobil Sudah Habis/Aus

1. Timbul buni cit-cit, atau bunyi akibat gesekan besi dengan besi
Didalam rem cakram, biasanya terdapat komponen bernama plat anti cit-cit, yang dia berfungsi sebagai indikator bahwa kampas rem sudah tipis dan perlu diganti. Awalnya, tujuan utama dibuatnya plat anti cit-cit ini adalah agar menarik perhatian si pengendara, ketika timbul bunyi cit-cit pada mobilnya maka pengemudi biasanya akan membawanya ke bengkel atau dibongkar sendiri, dan harapannya da[at diketahui bahwa kampas remnya sudah habis dan diganti dengan yang baru.

Tapi sayangnya, tidak semua sistem rem terdapat komponen yang satu ini, yang dapat dijadikan sebagai indikator bahwa kampas rem telah aus dan menipis. Tapi bunyi cit-cit pada mobil yang tidak terdapat plat anti cit-citnya, tetap dapat menjadi indikasi atau ciri-ciri bahwa kampas rem telah habis/aus, pada kondisi seperti ini besi pada pad (kampas rem) akan bersinggungan dengan cakram, begitu juga pada rem tromol. Ketika kampas remnya sudah aus dan tinggal besinya, maka akan terjadi gesekan antara besi dengan besi. Bila ini dibiarkan terus menerus, akan mengakibatkan keuasan pada cakram maupun tromolnya, yang umumnya akan membutuhkan biaya yang lebih besar lagi ketimbang mengganti kampas remnya. So, ketika sudah ditemui indikasi di atas, sebaiknya segera bawa ke bengkel untuk mendapatkan penanganan yang tepat.


2. Daya pengereman berkurang
Berkurangnya material pemnghambat daya putar piringan rem (kampas rem) yang semakin tipis akan mempengaruhi daya pengereman yang mampu dihasilkan. Jadi, apabila kamu menemukan indikasi no 1 + daya pengereman yang berkurang, boleh jadi disebabkan karena kampas rem mobilnya yang sudah habis/aus.
 
3. Langkah injakan pedal rem terasa lebih dalam dan minyak rem berkurang
Seiring ausnya kampas rem yang bertambah tipis, piston juga akan semakin maju (pada rem cakram), membuat minyak rem terlihat berkurang. Selain itu biasanya juga disertai dengan injakan pedal yang terasa lebih dalam.

4. Terkadang disertai dengan getaran pada pedal rem saat melakukan pengereman
Ketika terjadi keterlambatan dalam penggantian kampas rem, maka akan menyebabkan kerusakan pada priringan atau tromolnya, kerusakan dapat berupa goresan tidak merata ataupun bergelombang. Kondisi ini mengakibatkan terjadinya getaran pada saat dilakukan pengereman.
 
5. Dapat dilihat secara langsung ketebalan kampas rem
Jika indikasi-indikasi di atas kurang meyakinkan, cara paling jitu untuk mengetahui apakah kampas rem masih atau sudah aus adalah dengan memeriksanya secara langsung. Cara paling aman memang cek rutin kondisi rem mobil Anda.


Itu adalah sedikit ciri-ciri tentang kampas rem mobil yang sudah aus/habis, maka jika Anda menemukan indikasi atau ciri-ciri seperti di atas, langsung saja dilakukan pengecekan. Dan bila ternyata dikarenakan kampas yang memang sudah aus, segera dilakukan penggantian dengan kampas rem yang orisinil. Semoga bermanfaat, dan jangan lupa like fanspage kami, TERIMAKASIH.

0 Response to "Ciri-ciri Kampas Rem Mobil Sudah Habis/Aus, Pengemudi Wajib Tahu"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Advertisement

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel