Cara Memperbaiki Kabel Busi Yang Bocor

Cara Memperbaiki Kabel Busi Yang Bocor - Seiring berjalannya waktu dan pemakaian yang kurang hati-hati dapat saja membuat kabel busi terkelupas, sehingga membuat arus yang memiliki tegangan tinggi dapat meloncat ke massa sehingga tidak sampai ke busi yang berakibat tidak dapat menghasilkan percikan bunga api. Peristiwa meloncatnya arus ke massa ini sering disebut sebagai bocornya hubungan arus pendek listrik, permasalahannya dikarenakan kabel busi yang bocor.

Biasanya kabel busi yang bocor ini awalnya disebabkan karena kabel busi terjepit atau karena terkena panas yang berlebihan, sehingga isolator pelindung kabel tegangan tinggi menjadi rusak. Bisa juga dikarenakan kualitas dari kabel businya yang kurang bagus (jelek).

Bagaimana Cara Memperbaiki Kabel Busi Yang Bocor??

Pada dasarnya kabel busi yang bocor tidak direkomendasikan untuk digunakan lagi, karena nantinya akan berpengaruh terhadap kinerja busi, dengan kata lain akan membuat pengapian tidak sempurna. Pengapian ini akan berdampak langsung pada performa mesin yang dihasilkan, jika terjadi pengapian yang tidak sempurna (gagal) dapat membuat mesin pincang, mbrebet, tak bertenaga, susah hidup dan lain sebagainya. Untuk mengetahui seberapa parah kabel businya dapat diperiksa dengan alat multimeter, baca lebih lanjut : Cara memeriksa kabel busi

Memeriksa Kabel Busi
Memeriksa Kabel Busi
 

Maka dari untuk memperbaiki kabel busi yang bocor adalah dengan cara DIGANTI !!!

Tips Mengganti Kabel Busi Yang Bocor

1. Pilih kabel yang asli (orisinil)
Pilihlah kabel busi yang orisinis atau asli dari pabriknya, masing-masing kendaraan mungkin memiliki spesifikasi yang berbeda-beda yang mana setiap kabel pasti memiliki tahanan dan kualitas yang berbeda. Maka dari itu, akan lebih baik jika menggunakan kabel busi yang orisinil.

2. Kualitas terbaik
Bila tidak ada yang asli, tetap bisa menggunakan kabel KW. Tapi pastikan pilihlah kabel busi dengan kualitas terbaik mengingat fungsinya yang sangat vital bagi sistem pengapian mobil.

3.Jangan beli yang palsu
Saya tegaskan bahwa kabel busi yang palsu biasanya memiliki kualitas isolator yang kurang bagus, sehingga kemungkinan bocor akan semakin tinggi. Beberapa kasus bahkan ketika kabel busi dipegang akan menghantarkan arus bertegangan tinggi ke tangan kita (seperti kesetrum).

 4. Ganti satu / semua?
Jika kerusakan yang terjadi hanya satu buah, maka yang diganti satu saja sudah cukup. Itupun jika oleh toko diperbolehkan untuk membeli dalam bentuk satuan.

5. Dalam kondisi darurat
Dalam kondisi darurat misal dalam perjalanan jauh dan belum sempat untuk mengganti maka bisa diakali dengan melakkan kabel busi, karena ketika satu kabel mati mesin kemungkinan masih dapat hidup namun tidak stabil. Tapi, cara ini tidak direkomendasikan karena kemungkinan keberhasilannya sedikit. Pokoknya amannya adalah dilakukan penggantian.

Berapa Harga Kabel Busi
Harga kabel busi tidaklah semahal mobilnya, uang ratusan ribu mungkin sudah dapat 4 buah kabel busi yang bisa digunakan untuk mengganti kabel busi yang bocor. Tapi itu juga tergantung dari model dan jenis mobil yang digunakan.


Mungkin cukup sekian artikel kali ini tentang cara memperbaiki kabel busi yang bocor, semoga dapat bermanfaat dan terimakasih. Jangan lupa like fanspage kami dan subcribe channel Youtube kami.

0 Response to "Cara Memperbaiki Kabel Busi Yang Bocor"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Advertisement

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel