Beberapa Penyebab Lampu Depan Mobil Mati

Beberapa Penyebab Lampu Depan Mobil Mati - Suatu kendaraan atau mobil membutuhkan lampu sebagai penerangan jalan, terutama ketika berkendara di malam hari atau pada saat hujan lebat dan berkabut. Lampu akan berguna untuk menerangi jalan sehingga kita mampu melihat jalan dengan lebih jelas. Ketika ada satu lampu depan pada mobil mati, tentu saja akan membuat pengendara menjadi was-was dan harus lebih hati-hati lagi.

Lampu depan atau yang sering kita sebut sebagai lampu kepala memiliki dua jenis lampu, jarak jauh dan jarak dekat. Lampu jarak jauh dan jarak dekat menggunakan satu buah bohlamp yang sama, tapi tidak menutup kemungkinan salah satu lampu bisa mati dan satunya hidup. Misal, lampu jarak jauh hidup dan jarak dekatnya mati.

Tapi pada prinsipnya salah satu syarat suatu komponen kelistrikan dapat menyala adalah ketika ada arus yang melewatinya, tidak hanya lampu saja tetapi komponen seperti power window, ac, tape, tv dll. Ketika terjadi ketidaknormalan seperti lampu mati, maka hal tersebut disebabkan karena komponennya ada yang bermasalah. Dalam sirkuit lampu kepala terdapat beberapa komponen yaitu batarai (aki/sumber arus), saklar, relay, kabel, sekering dan lampu. Maka, biila lampu kepala mati itu disebabkan karena ada salah satu komponen tersebut yang bermasalah.

Lampu Kepala/Lampu Depan Mobil
Lampu Kepala/Lampu Depan Mobil

Arus dapat sampai ke beban (lampu) ketika ada penghantar yang menghantarkan arus listrik (kita sebut sebagai kabel), ketika penghantar (kabel putus) maka arus listrik tidak akan sampai ke beba, otomatis lampu tidak akan menyala. Itu adalah salah satu kemungkinan yang dapat menyebabkan lampu depan mati, berikut adalah beberapa hal lainnya :

Beberapa Penyebab Lampu Depan Mobil Mati


1. Lampu Mati
Penyebab lampu depan mobil mati yang paling sering ditemui pada lampu depan mati adalah lampunya yang mati, lampu mati ini bisa disebabkan beberapa hal seperti konsleting, penggunaan secara terus menerus, dan usia pakai. Solusi memperbaikinya adalah dengan cara menggantinya dengan lampu yang baru. Untuk mengetahui lampu mati atau tidak dapat dilakukan dengan melepasnya, dan lihat kondisi fisik dari lampu tersebut. Bila filamennya putus, gosong atau terbakar berarti sudah mati dan perlu diganti. Atau jika Anda tahu terminal-terminalnya, dapat mencobanya langsung di aki mobilnya.

Lampu Depan Mobil Mati
Lampu Depan Mobil Mati
2. Sekering Putus
Penyebab lampu depan mobil mati yang kedua adalah sekering putus. Sekering merupakan sebuah komponen yang fungsinya untuk mengamankan/mencegah kerusakan komponen kelistrikan dari lonjakan arus akibat konsleting. Lonjakan arus ini dapat menyebabkan suatu komponen rusak, maka ketika terjadi konsleting sekering akan putus dan lonjakan arus tidak mengalir ke beban (komponen kelistrikan seperti saklar dan lampu).  Jadi, jika lampu kepala mati bisa jadi sekeringnya mati, cek terlebih dahulu sekeringnya. Untuk memeriksa sekering dapat menggunakan testlamp, ketika pada dua ujung sekering mampu menyalakan test lamp maka sekering masih hidup.

3. Kabel Putus
Lampu depan mobil yang mati juga dapat disebabkan oleh kabel yang putus, ketika kabel putus maka arus listrik tidak dapat disalurkan ke beban. Kabel putus ini bisa disebabkan oleh beberapa hal seperti kualitas kabel buruk, arus terlalu besar/konsleting sehingga kabel hangus, dimakan tikus, terjepit dan lain sebagainya. Susahnya, ketika terjadi kabel putus maka perlu ditelusuri di bagian mana yang putus. Kondisi seperti ini jarang ditemui, kecuali mobil Anda menjadi sarang tikus. 

4. Relay Rusak
Ada komponen yang hampir saja terlewati, relay adalah komponen yang berguna untuk membuat arus yang besar dapat langsung ke beban tanpa melalui saklar. Dengan relay lampu akan lebih terang, lebih awet dan begitu juga dengan saklarnya. Sayangnya relay ini juga bisa rusak, ketika rusak maka relay tidak mampu lagi menghubungkan arus. Ketika itu terjadi maka lampu depan mobil akan mati, untuk memeriksa/cek kerja relay dapat menggunakan multimeter atau tes langsung dengan tes lamp.

5. Konslet/kabel terkelupas
Konslet memang dapat menjadi sumber masalah yang serius, konslet ini bisa terjadi ketika ada kabel yang terkelupas yang kemudian menyentuh massa (negatif). Sesuai dengan sifatnya, arus positif akan menuju massa yang terdekat, jadi ketika ada konsleting seperti kabel terkelupas yang menyentuh massa maka arus akan mengalir ke massa tersebut dan tidak mengalir ke beban (lampu depan mati/bisa jadi redup atau mengalir sedikit). 

6. Saklar Rusak
Salah satu penyebab lampu depan mobil mati adalah saklar yang rusak. Hal ini merupakan suatu kondisi yang juga sangat jarang terjadi apalagi jika mobil/kendaraannya masih tergolong baru. Saklar yang rusak dapat disebabkan karena beberapa hal seperti penggunaan/pemakaian, konsleting/kelebihan arus dan usia pakai yang sudah sangat lama. Jika ke-empatnya diatas tidak ditemukan bisa jadi penyebabnya adalah saklar yang rusak.

Itu adalah beberapa penyebab lampu depan mobil mati, jika ada yang perlu ditanyakan dapat melalui kolom komentar yaa. Terimakasih banyak dan jangan lupa like fanspage kami dan subcribe chanel youtube kami.

0 Response to "Beberapa Penyebab Lampu Depan Mobil Mati"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Advertisement

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel