Bahaya, Ini Akibat Kampas Kopling Mobil Habis !!

Bahaya, Ini Akibat Kampas Kopling Mobil Habis !! - Kampas kopling atau clutch dis merupakan sebuah piringan yang memiliki fungsi fital dalam sistem pemindah daya. Fungsinya aalah mentransfer tenaga atau putara dari mesin (engine) ke transmisi. Ketika terjadi masalah dalam kampas kopling ini tentu saja akan menyebabkan masalah dalam pendistribusian tenaga dari mesin ke transmisi.

Satu hal yang paling sering terjadi dalam kampas kopling adalah ausnya kampas kopling dan terbakarnya kampas kopling karena penggunaan yang salah dan dlakukan secara terus menerus. Kesalahan penggunaan yang mengakibatkan gosongnya kampas kopling ini biasa terjadi ketika kendaraan melewati jalan yang naik turun, ketika posisi ini maka akan sering menggunakan kampas kopling terutama apabila sopir/pengemudi memiliki ketidakpercayaan diri.

Setelah terbakar/gosong biasanya akan menimbulkan sebuah bau yang dapat tercium oleh orang didalamnya. Pada artikel sebelumnya sudah kita bahas mengenai ciri-ciri umum kampas kopling yang mau habis. Kalian bisa baca artikel tersebut untuk menambah wawasan Anda seputar kampas kopling. Sementara khusus di artikel ini, kita berfokus pada akibat atau implikasi yang disebabkan karena kampas kopling habis/aus/

Bahaya, Ini Akibat Kampas Kopling Mobil Habis !!

 
Akibat jika kampas kopling habis
Akibat jika kampas kopling habis
1. Mobil Tak Bertenaga
Akibat kampas kopling mobil habis adalah ketidak mampuannya lagi untuk menyalurkan tenaga/putara dari mesin ke transmisi yang berakhir ke roda. Ketika itu, putaran/tenaga akan banyak yang hilang pada saat kampas kopling selip sehingga membuat mobil tak bertenaga. Maka dari itu ada beberapa kemungkinan yang perlu kalian perhatikan ketika kampas kopling ini habis, seperti :
  • Di lampu merah kalian harus lebih waspada, karena kopling habis maka angkatan akan menjadi lebih berat.
  • Saat menyalip, tentu saja kalian harus hati-hati saat menyalip. Perhitungkan betul antara kondisi mobil dengan keberhasilan mendahului suatu kendaraan. Bila dari arah berlawanan ramai, saya sarankan untuk tidak mendahului kendaraan.
  • Saat tanjakan, ini yang paling terasa karena mobil membutuhkan daya yang kuat untuk melewati tanjakan sementara banyak daya yang terbuang karena selip di kampas koplingnya. Untuk itu pemilihan jalan sangan diperlukan. Bila terpaksa melewati jalan yang tanjakan curam, pastikan kondisi di belakang aman dan yakinkan diri untuk melewatinya.
2. Macet / Tidak bisa melaju
Ketika timbul indikasi atau ciri-ciri kampas kopling mau habis mungkin akibatnya belum terlalu parah, tapi ketika itu dibiarkan dan dipaksakan tetap digunakan maka bisa jadi akan mencapai pada titik dimana kampas kopling sudah benar-benar selip dan tidak mampu lagi untuk menahan beban. Apalagi jika sudah terlalu tipis dan terjadi kerusakan pada kampas koplingnya, tambah bahaya tuh. Sebagian kasus yang pernah saya temui, sampai-sampai part dalam clutch disc copot seperti pada clutch springnya, akibatnya akan merusak bagian fly wheel dan plat penekan. Jika terlalu parah, maka mobil akan macet dan perlu untuk ditarik/diderek. 


Nah itu beberapa bahayanya jika kampas kopling mobil habis. Ada baiknya kita rawat mobil yang kita miliki demi keselamatan kita dan keluarga kita. Jika artikel ini bermanfaat, jangan lupa like fanspage kami dan terimakasih.

Belum ada Komentar untuk "Bahaya, Ini Akibat Kampas Kopling Mobil Habis !!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel