Bagus Manakah Antara Air Coolant dengan Air Biasa Untuk Radiator?

Bagus Manakah Antara Air Coolant dengan Air Biasa Untuk Radiator? - Dalam setiap kendaraan terdapat sistem pendingin yang berfungsi untuk mendinginkan mesin, baik itu motor maupun mobil. Dalam sepeda motor yang memiliki kapasitas mesin 150 cc biasanya sudah disertai dengan radiator, sementara untuk mobil, hampir semuanya terdapat radiator karena pendinginnya menggunakan sistem pendingin air.

Air dalam sistem pendingin memiliki peran yang sangat penting, selain menyerap panas air juga bersinggungan langsung dengan komponen mesin terutama yang termasuk kedalam sistem pendingin seperti water jacket pada blok silinder, selang/hose, water pump, radiator dan lain sebagainya. Maka dari itu, sebenarnya tidak boleh sembarang air dapat digunakan dalam sistem pendingin. Setiap air biasanya memiliki kandungan yang berbeda-beda, semisal saja air payau atau ekstrimnya air laut memiliki kandungan garam yang tinggi, yang dapat dengan mudah menimbulkan korosi pada komponen mesin yang terbuat dari logam.

Maka dari itu, diperlukan air yang benar-benar berkualitas yang tidak hanya mendinginkan tapi juga ikut menjaga dan mencegah kerusakan pada komponen sistem pendingin. Dalam artikel ini, kita akan sedikit membahas mengenai perbandingan antara air coolant radiator dengan air biasa. Kira-kira mana sih yang lebih baik???

Radiator
Sumber : dannysengineportal.com

Air Coolant Berbayar, Sedangkan Air Biasa Gratis

Dilihat dari harganya, tentu saja beda jauh guys. Air biasa kita tidak perlu membelinya di toko atau bengkel, tinggal ngambil di sumur aja atau pakai air minum untuk hasil yang lebih baik. Sedangkan jika pakai air coolant minimal harus keluar uang 25 k untuk satu dirigent air coolant. Tapi tentu beda juga dari segi kualitasnya guys.Baca juga : Yuk, ganti air radiator secara rutin agar komponen ini aman.

Air Coolant di Desain Khusus Sebagai Pendingin

Air Coolant lebih maksimal dalam hal mendinginkan suhu mesin ketimbang air biasa karena ia di desain khusus untuk melakukan tugas tersebut. Air Coolant bukan sembarang air, ia ditambahi dengan zat-zat tambahan yang mendukung proses pendinginan dan kinerjanya di dalam sistem pendingin.

Anti Korosi, Siapa Yang Menang?

Tentu saja air coolant, didalamnya juga terdapat zat/bahan yang menjaga logam agar tidak mudah terkena korosi. Sehingga radiator dan water jacket akan lebih awet lagi dan lebih tahan terhadap ancaman korosi. Berbeda dengan air biasa yang kita tidak tahu zat-zat apa yang terkandung didalamnya, dan air di tempat yang satu dengan yang lain bisa saja berbeda kandungan mineralnya.

Endapan dan Kotoran?

Air biasa seringkali membawa kotoran yang nantinya akan mengendap dan menhambat sirkulasi didalam sistem pendingin, sementara air coolant karena sudah di desain maka ia dapat mencegah terjadinya endapan dan sumbatan di dalam sistem pendingin. Endapan dan kotoran ini yang nantinya dapat menyumbat dan mengganggu sirkulasi, yang mengharuskan radiator untuk di service dan dikorokkan. Baca juga : Perkiraan Biaya / Ongkos Service Radiator


Jadi, Pilih Mana?
Jika Anda ingin mengedepankan kualitas dan keamanan sebagai prioritas untuk mobil Anda, tentu saja air coolant sangat cocok untuk dijadikan sebagai air pendingin didalam mobil Anda. Tetapi, jika Anda tidak mempedulikan itu, dan yang penting terdapat air + murah maka air biasa dapat menjadi alternatif pilihan. Tapi ingat, gunakan air biasa yang bersih dan tidak terlalu kotor.

Belum ada Komentar untuk "Bagus Manakah Antara Air Coolant dengan Air Biasa Untuk Radiator?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Advertisement

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel