Fungsi, Letak, Kontruksi dan Cara Kerja Filter Oli Dalam Sistem Pelumasan

Fungsi Filter Oli Dalam Sistem Pelumasan - Suatu sistem yang berfungsi untuk melumasi komponen-komponen mesin adalah sistem pelumasan, mesin diberi pelumas untuk mencegah terjadinya keausan dan kerusakan akiat komponen-komponen yang bergesekan. Apalagi, sebagian esar komponen didalam mesin terbuat dari logam, yang apabila bergesekan dan tanpa pelumasan akan mengakibatkan keausan dan timbul panas yang berlebihan. Panas yang berlebihan ini tentu tidak baik untuk mesin itu sendiri.

Untuk itulah diperlukan sistem pelumasan yang bertanggung jawab untuk melumasi komponen-komponen mesin yang bergerak tersebut. eerapa komponen sistem pelumasan seperti : oli, kalter (oil pan), saringan kasar oli, pompa oli, filter oli, switch oli, dan lain sebagainya.

Filter Oli/Oil Filter (Saringan Oli)
Filter Oli/Oil Filter (Saringan Oli)

Khusus dalam artikel ini kita akan membahas mengenai fungsi dan kontruksi dari filter oli sebagai salah satu komponen sistem pelumasan. Mengapa diperlukan filter oli dalam sistem pelumasan?
Oli yang digunakan lama kelamaan akan kotor karena bercampur dengan kotoran-kotoran yang dihasilkan oleh mesin, dapat berupa seperti serpihan logam, karon, lumpur dll. Berbagai jenis kotoran ini tentu memberi efek negatif apabila ikut bersirkulasi bersama oli. Bahkan,bukannya memberi pelumasan malahan menambah besar gesekan yang terjadi pada komponen mesin tersebut. Maka dari itulah, diperlukan filter oli agar oli yang melumasi mesin dan bersirkulasi terbebas dari kotoran yang dapat merugikan.

Perbedaan Saringan Kasar Oli & Filter Oli

Berdasarkan jenisnya, filter oli dalam mesin memang terdapat dua macam yaitu saringan kasar oli, dan filter oli.

Saringan kasar oli diletakkan diagian kalter (oil pan), untuk menyaring oli dari kalter sebelum disirkulasikan oleh pompa oli, saringan ini disebut kasar karena ini proses penyaringan pertama dan langsung dari kalter, yang biasanya di kalter banyak kotoran seperti serpihan logam, karbon, endapan lumpur dll.

Sementara filter oli yang sering kita ganti itu berfungsi untuk menyaring oli dari berbagai kotoran dengan ukuran yang lebih kecil/halus (saringan kedua setelah saringan kasar oli).

Fungsi Filter Oli

Fungsi filter oli dalam sistem pelumasan adalah untuk menyaring oli dari kotoran-kotoran seperti lumpur, serpiham logam (gram) yang kemumngkinan terdapat dalam oli sebelum disirkulasikan ke komponen mesin yang akan dilumasi. Tujuannya agar oli selalu dalam keadaan bersih, sehingga dalam melumasi komponen-komponen mesin dapat lebih maksimal dan dapat meminimalisir terjadinya keausan dan kerusakan komponen dalam waktu yang cepat (komponen mesin lebih awet).

Letak Filter Oli

Jika saringan kasar oli terletak dibagian kalter (oil pan), maka berbeda dengan letak filter oli yang satunya. Letak dari filter oli ini yaitu :

  • Pada saluran tekan pompa oli
  • Pada blok motor bagian luar, dengan tujuan untuk memudahkan sewaktu penggantian saringan oli.


Kontruksi Filter Oli


Dapat dilihat pada gambar diatas adalah kontruksi dari filter oli, ada saluran tekan (out) dan saluran masuk (in). Salah satu komponen dari filter oli adalah katup by-pass. Fungsi dari katup by-pass ini adalah untuk mencegah keausan motor pada saat saringan oli tersumbat (sebagai saluran pintas oli ke pemakai). Selain katup by-pass, juga ada katup arus balik yang memiliki fungsu untuk mencegah oli dalam saringan tidak mengalir kembali dalam karter saat motor mati (katup ini diperlukan apabila sambungan saringan oli menghadap ke bawah/miring kebawah).

Cara Kerja Filter Oli (Oil Filter)

Saat motor hidup
Oli menekan katup anti balik, katup terbuka oli mengalir kedalam saringan menuju pemakai. Katup anti balik tertutup karena dorongan pegas katup anti balik serta berat grafitasi dari oli itu sendiri.

Demikian artikel tentang fungsi, letak, kontruksi dan cara kerja filter oli dalam sistem pelumasan. Semoga bermanfaat dan jangan lupa like fanspage kami untuk membantu perkembangan blog/website ini. Sebuah penghargaan yang besar jika kamu berkenan untuk like fanspage kami. Terimakasih.

0 Response to "Fungsi, Letak, Kontruksi dan Cara Kerja Filter Oli Dalam Sistem Pelumasan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Advertisement

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel