Fungsi dan Kontruksi Blok Silinder

Selamat datang guys di website bisaotomotif.com tempat belajar otomotif terupdate dan terlengkap, jangan lupa buat like fanspage kami agar dapat belajar otomotif kapanpun dimanapun saat buka facebook. Okee, kali ini kita akan bahas mengenai fungsi dan kontruksi blok silinder, walaupun sebenarnya sudah telat. Seharusnya dari dulu-dulu kita bahasnya, tapi karena saya merasa ada yang kurang maka saya bahas lagi deh. Artikel ini juga untuk melengkapi artikel sebelumnya tentang 7 fugsi blok silinder. Jadi kamu juga bisa baca-baca artikel tersebut untuk memantapkan ilmu mu di bidang otomotif.

Apa sih blok silinder itu? 

Blok silinder adalah salah satu komponen utama pada mesin, yang berfungsi menjadi tempat jantung mesin dan mekanisme-mekanismenya bekerja. Jantung mesin? Piston maksudnya? Iyaa disana ada silinder tempat naik turunnya piston, kemudian menjadi dudukan dari mekanisme engkol, disana juga ada water jacket yang berfungsi untuk mendinginkan. Blok silinder juga berfungsi sebagai duudkan komponen-komponen mesin lainnya. Selengkapnya nanti bisa dilihat di gambar di bawah yaa. Blok silinder bagian luarnya bisa dilihat dari luar mesin, atasnya blok silinder ada kepala silinder. 

Ciri-ciri blok silinder biasanya pada bagian bawahnya dipasangi kalter (itu loo yang buat tap oli). Kalau bingung mending langsung lihat aja gambar di bawah ini. Ini adalah contoh blok silinder milik mitsubishi lancer.

Blok Silinder
Blok Silinder. Sumber : superstreonline.com

Kontruksi Blok Silinder

Kontruksi blok silinder masing-masing mesin mungkin berbeda-beda tergantung dari berbagai aspek diantaranya adalah jumlah silinder, susunan silinder, mekanisme katup, letak poros cam (camshaft), berbagai dudukan mesin dan bahan pembuatannya. Tapi pada dasarnya blok silinder memiliki bagian-bagian sebagai berikut :

Blok Silinder
Blok Silinder

Bagian dari blok silinder dapat dilihat di atas, ada silinder yang merupakan tempat naik turun piston dalam melakukan kerjanya. Kemudian ada coolant passages yang berfungsi sebagai tempat air dalam mendinginkan mesin. Kemudian ada water pump mounting sebagai tempat pompa air. Selain lubang air juga ada lubang oli yang digunakan sebagai jalan oli. DI blok silinder bagian atas juga terdapat lubang baut sebagai tempat pemasangan baut kepala silinder.

Kemudian bila kita balik blok silinder maka disana akan ditemukan dudukan tempat porong engkol (Crank shaftt) dan dudukan saringan kasar oli. Selain itu blok silinder bagian bawah juga tempat dudukan dari oil pan (kalter).
Blok Silinder
Blok Silinder

Di bagian belakang akan ada tempat pemasangan fly wheel yang dibutuhkan oleh mesin untuk menjaga momen yang dihasilkan mesin tetap stabil, fly wheel juga terdapat ring gear yang akan berhubungan dengan starter saat menghidupkan mesin pertama kali.

Ingin tahu komponen apa saja yang berhubungan dengan blok silinder ini? Dapat dilihat dalam gambar dibawah ini lagi guys, kalau ini saya dapat dari manual booknya toyota seri k.

Blok Silinder
Blok Silinder

Macam-macam Kontruksi Blok Silinder

1. Berdasarkan Susunan Silinder
Blok silinder berdasarkan susunan silinder ini dapat dibagi menjadi tiga, yaitu tipe sebaris yang paling umum kita temui, tipe v yang biasanya ada pada mobil-mobil sport dan tipe boxer (tidur). Bagaimana bentuk dan karakteristik masing-masing kontruksi blog silinder berdasarkan susunan silinder?

a. Blok silinder tipe sebaris
Blok silinder tipe sebaris
Blok silinder tipe sebaris
Ini adalah tipe susunan blok silinder yang paling banyak dan paling umum digunakan, mobil-mobil seperti avanza, xenia, twim cam, accord dan lain-lain adalah beberapa contoh mobil yang menggunakan blok silinder tipe ini. Bentuknya sederhana dan memanjang, karena bentuknya memanjang maka tipe ini biasa digunakan pada mobil dengan jumlah silinder standar yaitu 3, 4 atau 6. Bila jumlah silinder 8 atau 12 biasanya sudah menggunakan tipe V dibawah ini.

b. Blok silinder tipe V
Blok silinder tipe V
Blok silinder tipe V

Tipe ini biasa digunakan pada mobil-mobil sport dengan jumlah silinder lebih dari 4, biasanya sih kalau ngga 6, 8, 10 atau 12 silinder. Mobil-mobil super car seperti ferrary, bmw, lamborghini biasa memakai blok silinder tipe v ini. Tujuan penggunaan tipe v adalah untuk efisiensi tempat, bayangkan saja jika ada 12 silinder memanjang. Tentu saja tidak efisien bukan. Hanya saja memiliki getaran yang kurang baik, sehingga tidak digunakan pada mesin 3 atau 4 silinder.

c. Blok silinder tipe boxer tidur
Blok silinder tipe boxer
Blok silinder tipe boxer
Bila tipe ini mungkin bisa kita temui dalam mesin-mesin F1. Kontruksi rendah tapi melebar, bisa digunakan pada mesin 2 sampai dengan 12 silinder. Dan memilki getaran yang paling sedikit diantara ketiganya.

Baca lebih lanjut : Macam-macam Susunan Silinder dan Contoh Mobilnya

0 Response to "Fungsi dan Kontruksi Blok Silinder"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Advertisement

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel