Fungsi, Bagian-bagian dan Cara Kerja Governor Advancer

Selamat datang guys di www.bisaotomotif.com yang akan setia membahas tentang dunia otomotif, khususnya dalam pembelajaran teknik otomotif. Bila kemarin kita membahas vacum advancer yang merupakan alat pengajuan pengapian berdasarkan beban mesin. Sekarang kita membahas komponen yang sama-sama untuk memajukan saat pengapian, namun didasarkan pada rpm atau kecepatan mesin. Nama komponennya adalah governor advancer. Sama halnya vakum advancer yang diletakkan di distributor, governoer advancer juga disematkan dalam distributor. Hanya saja governor advancer tidak langsung terlihat dari luar, harus dibuka terlebih dahulu untuk dapat melihat komponen ini. 

Mengapa sih sistem pengapian perlu diajukan menggunakan governor advancer?

Tujuannya dari governor advancer adalah untuk memajukan sistem pengapian berdasarkan rpm atau putaran mesin. Nah, pasti ada hubungannya dong dengan putara mesin. Logikanya gini, lamanya (waktu) untuk membakar campuran udara dan bahan bakar relatif tetap, sementara putaran mesin tidak konstan. Ketika putaran mesin semakin cepat, tentu saja satu siklus mesin akan semakin cepat. Sehingga saat pengapian perlu diajukan agar power yang dihasilkan dapat optimal. Yaa, alasannya hampir sama dengan mengapa saat pengapian berada di beberapa derajat sebelum TMA, kok ngga pas di TMA atau setelahnya. 

Fungsi Governor Advancer

Seperti yang sudah saya singgung diatas bahwa fungsi governor advancer adalah untuk memajukan saat pengapian berdasarkan putaran motor (rpm). 

Bagian-Bagian Governor Advancer


Bagian-bagian Governor Advancer
Bagian-bagian Governor Advancer
Prinsip kerja 
Untuk memudahkan dalam pemahaman cara kerja governor advancer, kita harus mengerti terlebih dahulu tentang prinsip kerjanya. Prinsip kerjanya menggunakan gaya sentrifugal, dimana semakin cepat putaran motor maka akan semakin mengembat bobot-bobot sentrifugalnya. Akibatnya poros governor (kam) diputar lebih maju dari kedudukan semua, dan kontak pemutus pun akan membuka lebih awal (saat pengapian maju). 

Prinsip Kerja Governor Advancer
Prinsip Kerja Governor Advancer


Cara Kerja Governor Advancer 

Bila kita lihat dari kontruksinya, governor advancer terdiri dari sepasang pemberat atau bandul yang disebut dengan governor weight. Pemberat ini terpasang pada poros distributor yang berputar bersamaan dengan putaran mesin, semakin cepat mesin berputar semakin cepat pula poros distributor ini berputar. Pemberat ini pada satu sisinya terpasang pada poros distributor bagian bawah dan sisi lainnya terpasang pada plat yang terhubung dengan poros distributor bagian atas yang terdapat cam untuk mendorong kontak pemutus agar dapat membuka dan menutup. 

Pemberat tersebut ditahan oleh dua buah pegas sehingga dalam kondisi tidak bekerja pemberat tersebut menguncup atau posisinya tertarik ke dalam. Ketika mesin berputar lebih cepat yang diikuti pula oleh poros distributor yang berputar lebih cepat, pemberat tersebut akan terlempar keluar akibat adanya gaya sentrifugal yang melawan tarikan pegas. Makin cepat poros berputar, makin jauh pemberat tersebut terdorong keluar. Lihat gambar dibawah prinsip kerja diatas untuk dapat memahami.

Saat pemberat terlempar keluar itu, pin pada penggerak mengubah posisi poros atas dan bawah. Poros bagian atas akan melangkah lebih awal dibanding dengan posos bagian bawah yang menyebabkan cam dapat membuka kontak pemutus lebih awal sehingga saat pengapian maju saat putaran makin tinggi. Jadi, governor advancer akan memajukan saat pengapian saat putaran mesin bertamabah tinggi dengan jalan mengubah posisi cam sehingga dapat bergerak lebih cepat (searah putaran rotor atau poros distributor) dibanding poros distributor yang menyebabkan kontak pemutus terbuka lebih awal. 

Putaran idle ( stasioner ) 
Cara kerja saat putara idle
Cara kerja saat putara idle

  • pemberat sentrifugal belum mengembang
  • plat kurva belum ditekan
  • advans belum bekerja
  • salah satu pegas pengembali masih longgar 


Putaran rendah s / d menengah
Cara kerja saat putara idle
Cara kerja saat putara rendah - menengah

  • Pemberat sentrifugal mulai mengembang 
  • Plat kurva mulai ditekan
  • Advans sentrifugal mulai bekerja 
  • Hanya satu pegas pengembali yang bekerja 
Putaran tinggi 
Cara kerja saat putaran tinggi
Cara kerja saat putaran tinggi
  • Pemberat sentrifugal mengembang sampai pembatas maksimum
  • Plat kurva ditekan 
  • Advans bekerja maksimum
  • Kedua pegas pengembali bekerja Pembatas maksimum

Belum ada Komentar untuk "Fungsi, Bagian-bagian dan Cara Kerja Governor Advancer"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel