Baca Tips Mengemudi Mobil di Jalan Tanjakan Saat Macet Berikut Ini Agar Perjalanan Anda Lancar

Yogyakarta, 10 Juni 2018. Bisaotomotif.com - Mengemudi memang perlu latihan, perlu pengalaman dan perlu keahlian. Di tingkat tinggi keahlian mengemudi seperti drifting sangat diperlukan. Nah buat kita yang tidak memerlukan ilmu tinggi, hanya perlu mempelajari ilmu-ilmu dasarnya saja. Seringkali bagi saya yang masih dalam tahap belajar, merasa takut untuk melewati jalan tanjakan. Takut kalau misal nanti ditengah-tengan tanjakan, mobil tidak kuat dan kembali mundur. Duhh, ngga bisa dibaayangin. Apalagi pas berada dijalanan yang macet, tentu akan sangat lebih sulit lagi karena perlu konsentrasi yang tinggi dan perhitungan yang tepat.

Maka dari itu anda perlu latihan agar bisa lancar melewati tanjakan tanpa kendala, bagaimana caranya latihan? Langsung praktek, yaa. Mengemudi itu pakai perasaan, berdasarkan pengalaman. Kapan harus ganti gigi percepatan, kapan harus kopling, kapan harus rem, harus menggunakan gigi percepatan, kan pakai feeling itu semua. Dan feeling bisanya adalah dengan praktek langsung.

Tapii, praktek langsung didukung dengan teori. Nah kali ini kami akan bagi teori mengemudi mobil di jalan yang menanjak, yang semoga dengan membaca ini anda dapat berani melewati tanjakan dengan lancar dan selamat. 

Tips Mengemudi Mobil di Jalan Tanjakan

Mengemudi Mobil di Jalan Tanjakan
Mengemudi Mobil di Jalan Tanjakan

1. Gigi percepatan / presneleng yang digunakan
Tips yang pertama adalah sesuaikan gigi percepatan yang dipakai dengan tanjakan yang dilewati, untuk tanjakan yang tidak terlalu tinggi bisa menggunakan gigi 3 tapi dengan awalan yang bagus. Biasanya memang paling sering digunakan untuk melalui tanjakan adalah gigi percepatan 2-3. Untuk yang sangat tinggi, dan tidak dimungkinkan menggunakan gigi 2 atau 3, maka menggunakan gigi 1. Intinya semakin kecil giginya, semakin kuat untuk melewati tanjakan. Hanya saja kecepatannya yang semakin lambat. 

2. Jangan paksakan
Kelemahan gigi kecil adalah kecepatannya, jadi jangan paksakan melaju cepat bila anda menggunakan  gigi percepatan 1, 2 atau 3. Perhatikan rpmnya, jangan sampai melebihi batas normal yang biasanya ada batas merahnya. 

3. Bila berhenti di tengah-tengan tanjakan
Anda dapat menggunakan rem kaki. Lalu perlahan-lah pindah gigi presneleng ke yang lebih kecil, dengan perlahan-lahan memadukan antara gas dan kopling. Intinya, latihan kunci utamanya.

Apabila tanjakannya terlalu tinggi, maka amannya menggunakan rem tangan bila tidak memungkinkan untuk berpindah gigi. Setelah hand rem aktif, selanjutnya pindahkan gigi percepatan ke gigi 1 dan jalankan mobil seperti biasa dengan perlahan-lahan lepas handremnya. Ingat, memadukannya harus pas antara gas di kaki, kopling dengan melepas handremnya secara perlahan. Jangan biarkan mobil mundur. 

Ketiga tips diatas dapat anda lakukan saat latihan, ingat tanpa latihan dan mencoba saya rasa akan sangat susah bila anda hanya membayangkan. So, jangan takut untuk mencoba, jaga keselamatan saat berkendaran. Salam otomotif..

Belum ada Komentar untuk "Baca Tips Mengemudi Mobil di Jalan Tanjakan Saat Macet Berikut Ini Agar Perjalanan Anda Lancar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Advertisement

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel